Sunday, April 5, 2020

Materi, Rumus Dan Pola Kalimat Past Perfect Tense

 Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense Materi, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense
Materi, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense - Hello everyone, how are you today? hopefully you are fine. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal Past Perfect Tense. Apa itu Past Perfect Tense? Jika merujuk kedalam arti dari kata Past Perfect Tense itu sendiri, 'Past' berarti lampau dan 'Perfect' berarti tepat atau sudah simpulan dilakukan. Maka sanggup kita simpulkan bahwa Past Perfect Tense merupakan tense yang bertujuan untuk menyatakan suatu acara yang sudah terjadi di masa lalu.
Kemudian apa bedanya Past Perfect Tense dengan Past Tense? Kan sama-sama menjelaskan insiden di masa lalu? Baiklah, perbedaannya terletak di 'Perfect' - nya itu. Jika Simple Past Tense menjelaskan sebuah aktifitas yang telah di lakukan di masa kemudian tanpa menghubungkannya dengan masa kini. Sementara Past Perfect Tense menjelaskan sebuah acara yang telah dimulai di masa kemudian dan masih ada kaitannya dengan masa sekarang atau masih terasa efeknya sanggup dirasakan hingga ketika ini. Dengan begitu, Past Perfect Tense biasanya dibarengi dengan kalimat lain dalam bentuk simple past tense, alasannya yaitu untuk memperlihatkan sesuatu yang telah simpulan terjadi, harus ada pekerjaan lain yang di dahuluinya. Karena biasa dipakai dalam bentuk kalimat yang mengandung dua acara sekaligus maka akan selalu ada kata sambung menyerupai Before dan After. Keterangan waktu yang dipakai pun harus berbentuk past tense, menyerupai yesterday, two weeks ago, last month, dan lain sebagainya.


Rumus Past Perfect Tense
Past Perfect Tense terdiri dari dua rumus yaitu rumus past dan rumus perfect. di dalam rumus past ciri utamanya yaitu  menggunakan verb-2 dan rumus perfect memakai have/has + verb-3. Maka kalau digabungkan akan menjadi S + had + Verb 3, alasannya yaitu bentuk kedua atau verb2 dari have/has yaitu had dan ciri utama perfect tentu saja memakai verb-3. Mari kita simak rumus lengkapnya pada tabel di bawah ini.

Fungsi Past Perfect Tense
  • Past Perfect Tense berfungsi untuk memperlihatkan sebuah acara yang terjadi di masa lalu. Contoh: I had already bought the book before you suggested me to buy it (Aku sudah membeli bukunya sebelum kau memberitahuku untuk membelinya)
  • Past Perfect Tense sanggup disandingkan dengan past future tense untuk membentuk conditional sentence type 2. Contoh: If you had eaten before you travel, you would not sick like this (Jika kau makan dulu sebelum bepergian, kau tidak akan sakit menyerupai ini)
  • Past Perfect Tense juga berkhasiat untuk menyatakan suatu aktifitas yang sudah terjadi sebelum insiden lainnya di masa lalu. Contoh: I had not turned off the stove before I went out yesterday (Aku tidak mematikan kompor sebelum saya pergi keluar kemarin)
Contoh Kalimat Past Perfect Tense
  • I had cooked the food for you before I go to work. (Aku sudah memasak masakan sebelum saya pergi kerja)
  • I had given everything I have but you broke my heart by leaving so easily. (Aku sudah memperlihatkan segalanya yang saya punya tapi kau menghancurkan hatiku dengan meninggalkanku segampang itu)
  • The audience aplauded after the artist had given a very baeutiful performance. (Para penonton bertepuk tangan sehabis sang artis memperlihatkan penampilan yang sangat cantik)
  • Had you lived in Bandung before you lived here? (Sudahkah kau tinggal di bandung sebelum kau tinggal disini?)
  • How long had you used the Internet when I went out? (Berapa usang kau memakai internet disaat saya keluar?)
  • My aunt died last year when she had giving a birth his first son (Bibiku meninggal ketika beliau melahirkan anak pria pertamanya)
  • Gita had checked the list of travel equipments before she had travelling (Gita sudah menyidik daftar barang bawaan sebelum beliau melaksanakan perjalanan)
  • I had never seen him before, I didn't know who he was (Aku tidak pernah melihat beliau sebelumnya. Aku tidak tahu siapa dia)
  • It had been a long time after we graduated from high school (Itu sudah usang sekali sehabis kita lulus dari SMA)
  • Mrs. Tania had already giving all the material before she gave us an exam (Mrs.Tania sudah memperlihatkan semua bahan sebelum beliau memberi ulangan)
Baiklah kami rasa cukup sekian bahan Past Perfect Tense kali ini. biar sanggup membantu pemahaman kalian dalam grammar. Jangan lupa tambahkan komendar pada kolom komentar di bawah ini dan share artikel ini ke teman-teman kau lewat sosial media. Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian. See you soon :)