Sunday, April 12, 2020

Materi, Rumus, Dan Pola Kalimat Present Perfect Tense

 dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense -  Kali ini kita akan membahas ihwal Present Perfect Tense. Jika merujuk pada kata 'Present' berarti kini dan 'Perfect' yang berarti sempurna. Maka kita sanggup menarik kesimpulan bahwa Present Perfect Tense adalah suatu tense yang dipakai untuk menggambarkan suatu acara yang telah dilakukan pada dikala ini. Disebut Perfect alasannya acara itu telah terjadi atau sudah diselesaikan secara tepat pada dikala ini (present).
Maka Present Perfect Tense menggunakan have/has yang artinya 'sudah'. Hati-hati, disini arti dari have/has yaitu 'sudah' bukan 'memiliki', alasannya have yang artinya mempunyai akan diikuti oleh noun/kata benda bukan verb/kata kerja..

Rumus Present Perfect Tense
Present perfect tense dibuat oleh auxiliary verb (have/has) dan verb 3 sebagai kata kerja. Have dipakai untuk I, You, They, We. Sedangkan Has yaitu untuk He, She, It, atau orang ketiga tunggal. Sehingga rumusnya yaitu Subject + Have/Has + Verb 3.

Berikut ini yaitu rumus positif, negatif, dan interogatif dari present perfect tense:
 dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Fungsi Present Perfect Tense
  • Present perfect tense berfungsi untuk mengatakan suatu aktifitas yang gres saja selesai, maka pengaruh dari pekerjaan tersebut masih sanggup kita rasakan hingga dikala ini. Biasanya ditambahkan kata just sebelum have/has Contoh: My father just has come back from london.
  • Present perfect tense dipakai untuk mengatakan suatu aktifitas yang pernah dilakukan di masa kemudian namun waktu dari aktifitas tersebut tidak terperinci diketahui. Contoh: I have read the novel, but i forgot the story.
  • Present perfect tense juga mempunyai kegunaan ntuk menggambarkan suatu pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang. Contoh: I have called him so many times

Contoh Kalimat Present Perfect Tense
  • My daughter cries because she has fallen from her bicycle. (Anak perempuanku menangis alasannya beliau sudah jatuh dari sepedanya)
  • The rain has not stopped, when I was on the way to the office. (Hujannya tidak berhenti dikala saya masih dijalan mau ke kantor)
  • I have told you to not come near my girlfriend. (Aku sudah memberitahumu untuk jangan mendekati pacarku)
  • I came late to the meeting, because I have not read your message, (Aku tiba terlambat ke pertemuan alasannya saya tidak membaca pesanmu)
  • The thief has gone before the girl realized her wallet was robbed. (Pencuri sudah pergi sebelum gadis itu menyadari dompetnya dicuri)
  • Oh my God, I have not turn the lights off. (Ya tuhan, saya lupa mematikan lampu)
  • The earth climate has changed because of global warming. (Iklim bumi sudah berubah alasannya global warming)
  • Don't walk on the floor, it has just been mopped. (Jangan berjalan di lantai, itu sudah di pel)
  • My grand father has just gone away due to diabetes. (Kakekku gres saja meninggal alasannya penyakit diabetes)
  • Mr. Basuki has been elected as a governor of Jakarta. (Bapak Basuki sudah terpilih sebagai gubernur jakarta)
  • I have been gone to Lombok for two times. (Aku sudah pergi ke Lombok dua kali)
Sekian klarifikasi Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense kali ini. Semoga kini kalian sanggup memahami Kalimat Present Perfect Tense. Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ke sosial media kalian ya, alasannya membuatkan itu indah! Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya dan tetaplah rajin berguru yaaaa. see you next time