Wednesday, August 10, 2016

Penjelasan Dan Soal Exercise Yes-No Question Dalam Bahasa Inggris

No Question dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya  Penjelasan dan Soal Exercise Yes-No Question dalam Bahasa Inggris
Penjelasan dan Soal Yes-No Question dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya - Hello everyone, how are you today? Jika sebelumnya kita sudah pernah berguru mengenai WH Question, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai klarifikasi dan bagaimana membentuk kalimat yes-no question. Yes-No Question yaitu pertanyaan yang dipakai untuk mendapat balasan iya atau tidak. Misalnya: Apakah kau sudah memakan sarapanmu? maka akan terbentuk kalimat "Have you eat your breakfast?"  dan jawabannya bila iya "yes, I have" atau bila tidak "No, I haven't". Nah, untuk itu, mari eksklusif saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Yes-No Question?
Seperti yang kami sudah sebutkan diatas. Yes-No Question yaitu pertanyaan dalam bahasa inggris yang hanya membutuhkan balasan Yes atau No (Iya atau Tidak). Yes-No question sanggup juga disebut dengan closed question, sebab tanpa klarifikasi lebih lanjut mengenai informasinya, si penanya sudah akan tahu apa yang di maksud.

Rumus Yes-No Question
Seperti kalimat lainnya dalam bahasa inggris, Question atau pertanyaan juga ada rumusnya. Agar maksudnya menjadi masuk logika dan sesuai dengan kaidah grammar yang berlaku. Berikut yaitu rumus dari Yes-No question.
HELPING VERB + SUBJECT + MAIN VERB + ?
  • Helping verb merupakan Auxiliary Verb (to be (am, is, are), do, have) dan Modal Auxiliaries (can, could will, would, shall, should, may, might, must)
  • Subject yaitu pelaku dari kalimat tersebut yaitu I, you, they, we, he, she, it, Aisha, Rudi, Rudi and Aisha. 
  • Main Verb yaitu kata kerja yang mengatakan agresi menyerupai play, go, walk, swim, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa adjective yang mengatakan sifat.
Contoh Kalimat Yes-No Question dalam Bahasa Inggris
  1. Am I pretty? (apakah saya cantik?
  2. Am I fat? (apakah saya gemuk?)
  3. Is she a dancer? (apakah ia penari?)
  4. Is she a police officer? (apakah ia petugas kepolisian?)
  5. Is he a student? (apakah ia seorang pelajar?)
  6. Are they football players? (apakah mereka pemain sepak bola?)
  7. Are you okay? (apakah kau baik baik saja?)
  8. Are you a teacher? (apakah kau seorang guru?)
  9. Do you love me? (apakah kau mencintaiku?)
  10. Don't you tired after all day work? (tidakkah kau lelah sesudah sepanjang hari bekerja?)
  11. Don't you feel sorry for him after all of this? (tidakkah kau merasa iba sesudah semua ini terjadi?)
  12. Have you submit your papers? (apakah kau sudah mengumpulkan tugasmu?)
  13. Could you please give me a hand? (Bisakah kau menolong saya?)
  14. Would you like to help me? (Maukah kau menolongku?)
  15. Would you mind to come to my house? (Bisakah kau tiba ke rumahku?)
  16. Could you pass the salt over there, please? (Bisakah kau mengoper garamnya tolong?)
  17. May I give you a hand? (Bisakah saya membantumu?)
  18. Shall I bring you a pillow? (haruskah saya membawakanmu bantal?)
  19. Can I do the dishes for you? (bisakah saya mencuci piring untukmu?)
  20. Shall I help you with your project? (haruskah saya menolongmu dengan tugasmu?)
Silahkan download soal latihan bahasa inggris mengenai Yes-No Question pada link di bawah ini yaaaa.


Baiklah, cukup sekian penjelasan, rujukan kalimat dan soal exercise bahasa inggris perihal Yes-No Question kali ini.. Semoga sanggup membantu pembelajaran kalian. Jika kalian menyukai bahan ini silahkan share dan berikan komentar kepada kami biar kami sanggup lebih semangat lagi menulis konten yang lebih baik. Thank you for reading and see you later!

Monday, August 8, 2016

Penjelasan Dan Soal Exercise Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris
Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris - Jika sebelumnya kita sudah mempelajari pola kalimat tanya WH Question dan Yes-No Question dalam bahasa inggris. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal satu lagi jenis pola kalimat tanya dalam bahasa inggris yaitu Question Tag. Kaprikornus apa itu question tag? Apa rumus dari question tag? Bagaimana hukum dalam menciptakan question tag? Dan bagaimana referensi kalimat question tag? Yuk daripada basa-basi lagi kita eksklusif saja simak penjelasannya.

Definisi Question Tag
Question Tag yaitu sebuah pertanyaan singkat di simpulan kalimat yang berfungsi untuk menegaskan, meminta konfirmasi, dan meminta persetujuan. Contohnya dalam bahasa indonesia akan menjadi "Iya kan?", "Begini kan?", "Kan?", "Ya kan?", "Bukan?". Kaprikornus untuk menciptakan question tag, sebelumnya harus ada kalimat utama dari permasalahan. Lihat referensi di bawah ini.
  • Anjing sedang menggonggong bukan?
  • Dia sedang berguru di kamarnya bukan?
  • Rina tidak masuk sekolah hari ini, Iya kan?
  • Sinta tidak sanggup mengendarai motor, Iya kan?
Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris
sumber: woodward english

Ciri-Ciri Question Tag
Di dalam pembuatan kalimat question tag ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu.
  1. Jika pernyataannya positif, maka question-nya bermetamorfosis negatif.
    Contoh : Joni is a teacher, isn't he?
  2. Jika pernyataannya negatif, maka question-nya bermetamorfosis positif
    Contoh: Doni doesn't play football, does he?
  3. Kata not pada negative tag selalu disingkat, contohnya: wasn't he? (berasal dari was-not he?)
  4. Subject pada kata ganti orang selalu menggunakan personal pronoun. Contohnya: did she?, do they?, won't you?, dan lain sebagainya.
Rumus Kalimat Question Tag Pola Negative

Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris
sumber: woodward english

Question tag dalam bentuk pola negative terbentuk dengan pernyataan yang positive dan tag yang negative. Maka akan terbentuk rumus ibarat ini.
Subject + Positive Helping Verb + Main Verb + Negative Tag + ?

  • Subject yaitu pelaku yang mendapatkan agresi dari kalimat yaitu I, you, they, we, he, she, it, Aisha, Rudi, Rudi and Aisha. 
  • Positive Helping Verb yaitu merupakan Auxiliary Verb (to be (am, is, are), do, have) dan Modal Auxiliaries (can, could will, would, shall, should, may, might, must) yang berbentuk positif/ tidak menggunakan 'not'
  • Main Verb yaitu kata kerja yang menawarkan agresi ibarat play, go, walk, swim, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa adjective yang menawarkan sifat.
  • Negative Tag yaitu kata tanya yang terdiri dari Helping Verb + Not + Subject + ?. Contohnya: aren't you?, didn't she?, won't they?, dll. Semuanya menggunakan not alasannya yaitu bentuknya negative.
Contoh Kalimat Question Tag Pola Negative
  • You can play guitar, can't you? (kamu sanggup bermain gitar kan?)
  • You will marry me, won't you? (kamu akan menikahiku kan?)
  • Anita should sleep well, shouldn't she? (Anita harus tidur dengan baik kan?)
  • Riko is a hard worker, isn't he? (Riko yaitu pekerja keras kan?)
  • Today will be rainy, won't it? (hari ini akan hujan kan?)
  • Ditto is rich, isn't he? (Dito itu orang kaya kan?)
  • Gita loves dance a lot, doesn't she? (Gita suka menari kan?)
  • Seno is a bus driver, isn't he? (seno yaitu pengendara bis kan?)
  • They are a football player, aren't they? (mereka yaitu pemain bola kan?)
  • We are friends, aren't we? (Kita semua sobat kan?)
Rumus Kalimat Question Tag Pola Positive
Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris Penjelasan dan Soal Exercise Question Tag dalam Bahasa Inggris
sumber: woodward english

Berbeda dengan pola question tag sebelumnya, Rumus Question Tag pola positive ini menggunakan pola negative pada pernyataan dan pola positive pada pertanyaan. Perhatikan rumusnya di bawah ini.
Subject + Negative Helping Verb + Main Verb + Positive Tag + ?

  • Subject yaitu pelaku yang mendapatkan agresi dari kalimat yaitu I, you, they, we, he, she, it, Aisha, Rudi, Rudi and Aisha. 
  • Negative Helping Verb yaitu merupakan Auxiliary Verb (to be (am, is, are), do, have) dan Modal Auxiliaries (can, could will, would, shall, should, may, might, must) yang ditambahkan not di depannya sampai akan mendapatkan pola negative.
  • Main Verb yaitu kata kerja yang menawarkan agresi ibarat play, go, walk, swim, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa adjective yang menawarkan sifat.
  • Positive Tag yaitu kata tanya yang terdiri dari Helping Verb + Subject + ?. Contohnya: are you?, did she?, will they?, dll. 

Contoh Kalimat Question Tag Pola Positive
  • You don't feel hungry, do you? (kamu tidak merasa lapar kan?)
  • Mr. Buwono wasn't attend the seminar yesterday, was he? (Mr. Buwono tidak menhadiri seminarnya kan?)
  • Love isn't everything, is it? (cinta bukan segalanya kan?)
  • The red pencil isn't mine, is it? (pensil yang berwarna merah bukan milikku kan?)
  • We doesn't play volleyball, does we? (kita tidak bermain bola voli kan?)
  • I didn't steal your money, did I? (aku tidak mencuri uangmu kan?)
  • Yuki can't speak Germany, can she? (yuki tidak sanggup berbicara bahasa jerman kan?)
  • Rangga doesn't read a book today, does he? (rangga tidak membaca buku hari ini kan?)
  • You didn't go to the cinema, did you? (kamu tidak pergi ke bioskop kan?)
  • We doesn't go to market everyday, does we? (kami tidak pergi ke pasar setiap hari kan?)
Yang perlu diingat perihal Question Tag
  • Ketika kata kerja pada kalimat pernyataan menunjukkan simple present tense (tidak menawarkan auxiliary), maka akan terbentuk question tag-nya menggunakan do/does.
    Contoh :
    - You play the guitar, don't you?
    - Alison likes tennis, doesn't she?
  • Jika kata kerja pada kalimat menunjukkan simple past tense (tidak menawarkan auxiliary), maka question tag-nya menggunakan did.
    Contoh :
    - They went to the cinema, didn't they?
    - She studied in New Zealand, didn't she?
  • Ketika pernyataan dalam kalimat mengandung artian negatif, maka question tag harus menjadi positif. Misalnya terdapat kata Never, Seldom, Hardly, Rarely, Barely, Scarcely, Nothing, Nobody/No one.
    Contoh:
    - He hardly ever speaks, does he?
    - They rarely eat in restaurants, do they?
Silahkan download soal exercise mengenai question tag pada link di bawah ini 


Baiklah, cukup sekian penjelasan, referensi kalimat dan soal exercise bahasa inggris perihal Question Tag kali ini. Semoga sanggup membantu pembelajaran kalian. Jika kalian menyukai bahan ini silahkan share dan berikan komentar kepada kami semoga kami sanggup lebih semangat lagi menulis konten yang lebih baik. Thank you for reading and see you later!

Saturday, August 6, 2016

Materi, Soal, Dan Pola Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris Kelas 8 Smp

 dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas  Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP
Materi dan Soal Bahasa Inggris Descriptive Text Kelas 8 SMP 

Pada kelas 7 Sekolah Menengah Pertama kalian niscaya pernah mempelajari bahan descriptive text. Nah pada kelas 8 muncul kembali bahan descriptive text. Agar kau tidak lupa, kami akan membahasnya kembali disini.

Apa itu Descriptive Text?
Descriptive text yaitu sebuah teks yang menjelaskan wacana sesuatu. Misalnya, mendeskripsikan orang, binatang atau suatu benda, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Descriptive text juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure dari Descriptive Text.

  1. Identification
    Bagian identification berisi pembuka dan citra umum wacana suatu topik. Identification berfungsi sebagai pengenalan dari apa yang kita sedang jelaskan. supaya para pembaca atau pendengar tidak salah mengerti. Pada bab introduction juga harus menyebutkan alasan kenapa penulis menentukan kawasan itu untuk di ceritakan.
  2. Description
    Pada bab description berisi seluruh ciri-ciri umum hingga khusus atau sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang sedang kau jelaskan. Misalnya ketika kita menceritakan wacana suatu tempat, kita sanggup memulai dari keseluruhan ciri dari sebuah kawasan tersebut menyerupai bagaimana pemandangannya, bangunannya, Cuacanya, dan lain lain, lalu merujuk ke detail yang khusus yang melengkapi klarifikasi umum sebelumnya.
Sekarang coba kalian amati generic structure dari Descriptive Text di bawah ini:


My Dog
(Identification)
My dad bought me a dog on my birthday. It is a male golden retriever dog. I really love him as my pet. 

(Description)
His name is Jiji. He has brown fur. His fur is really soft and he likes to be rubbed on his belly. He has a long tail and big body. I always take him for walk around because he really like it. Jiji is already as the part of our family.

Penjelasan:
  • Paragraf pertama merupakan Identification alasannya yaitu menceritakan hal umum dari seluruh cerita. Seperti bahwa penulis mempunyai anjing jantan yang diberikan oleh ayahnya dikala beliau berulang tahun.
  • Paragraf kedua merupakan Description atau klarifikasi keseluruhan umum ke khusus. Seperti bahwa nama anjingnya pada text diatas yaitu Jiji dengan bulu coklat yang halus, juga diceritakan bagaimana sifat dan kebiasaan dari anjing tersebut.
Ciri-Ciri Descriptive Text
  • Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini dipakai alasannya yaitu dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang.
  • Menggunakan banyak kata Adjective . Kata Adjective digunakan alasannya yaitu dalam descriptive text kita akan menjelaskan sifat - sifat dari suatu benda, manusia, atau binatang. 
  • Kita akan sering menjumpai banyak kata "is" atau relating verb (kata kerja penghubung) dalam descriptive text. alasannya yaitu 'is' itu berarti 'adalah' yang mengarahkan pada klarifikasi benda,orang atau binatang yang sedang kita jelaskan.
  • Descriptive text hanya fokus menjelaskan pada satu objek.
Beberapa Contoh Descriptive Text dan Artinya

Descriptive Text I
 dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas  Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP
My House
          My House is divided into two floors. On downstairs, I have all the important parts of the house such as the kitchen, bathrooms, storage room and parking garage. On upstairs I have one room where I keep the washer and dryer and one big terrace.
          Downstairs, the floor is divided in eight rooms, four of them are bedrooms, other two are bathrooms and then one kitchen and one dining room.
          In my bedroom, I have a lot of things inside, such as a television, a playstation 3, and many tropies.
          In my sister's bedroom, there is a computer and in the other two bedrooms are for my parent and my other sister. 
          Normally we eat in everywhere we want, but on Sunday we eat together in the dining room. I really love my house, the place where we could share everything together

Terjemahan:
Rumahku
          Rumahku terbagi menjadi dua lantai. Di lantai bawah, aku mempunyai semua bab penting rumah menyerupai dapur, kamar mandi, ruang penyimpanan dan garasi parkir. Di lantai atas aku mempunyai satu ruangan di mana aku menyimpan mesin basuh dan pengering dan satu teras besar.
          Lantai bawah, lantai terbagi dalam delapan ruangan, empat di antaranya yaitu kamar tidur, dua lainnya yaitu kamar mandi dan satu dapur dan satu ruang makan.
          Di kamar tidur saya, aku mempunyai banyak hal di dalamnya, menyerupai televisi, playstation 3, dan banyak piala.
          Di kamar tidur saudara perempuanku, ada komputer dan dua kamar tidur lainnya yaitu untuk orang renta dan adikku yang lain. 
          Biasanya kita makan di mana saja kita mau, tapi pada hari Minggu kita makan bersama di ruang makan. Saya sangat menyayangi rumah saya, kawasan dimana kita sanggup mengembangkan segalanya bersama.

Descriptive Text II
 dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas  Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP

Panda
I went to the zoo yesterday and I saw panda for the first time. Panda is the very cute animal I've ever seen. It has little eyes with black spots around them. His body is black and white colored. Panda's body is almost look alike with bear. Panda looks like tame animals but it's actually not. Panda eats bamboo and they almost eat 40 kg bamboo in just one day. Panda is animal from china. I like Panda because they're cute.

Terjemahan:
Panda
Aku pergi ke kebun binatang kemarin dan aku melihat panda untuk pertama kalinya. Panda yaitu binatang yang sangat lucu yang pernah aku lihat. Dia mempunyai mata kecil dengan bintik-bintik hitam di sekitar mereka. Tubuhnya berwarna hitam dan putih. Tubuh Panda hampir menyerupai dengan beruang. Panda terlihat menyerupai binatang jinak tapi gotong royong tidak. Panda makan bambu dan mereka hampir makan 40 kg bambu hanya dalam satu hari. Panda yaitu binatang dari china. Saya suka Panda alasannya yaitu mereka lucu.

Descriptive Text III
 dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas  Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP

A Tree
          There are three main parts of a tree. They are crown, trunk, and root. The crown is at the top of the tree. It consists of leaves, branches, and twigs. The crown filters dust and other particles from the air. The leaves produce food for the tree through photosyntesis.
          The trunk or stem of a tree supports the crown and gives the tree its shape and strength. The trunk consists of some layers. The layers carry water and minerals up from the roots to the leaves, and they are carry sugar down from the leaves to the branches, trunk and roots.
          Tree's roots absorb water and nutrients from soil, store sugar and hold the tree upright in the ground. Some roots can go down more than four meters.

Terjemahannya:
Sebuah Pohon
          Ada tiga bab inti dari sebuah pohon. Mereka yaitu mahkota, batang, dan akar. Bagian mahkota ada di bab atas dari pohon, yang terdiri dari daun, cabang, dan ranting. Bagian ini menyaring bubuk dan partikel-partikel dari udara. Daun memproduksi masakan dari phon lewat fotosintesis.
          Bagian batang dari pohon mendukung pohon dengan menawarkan bentuk dan kekuatan. Bagian batang terdiri dari beberapa lapis. Lapisan itu membawa air dan mineral  dari akar hingga ke daun, dan lapisan ini juga membawa gula dari daun ke cabang , batang, dan akar.
          Akar pohon menyerap air dan nutrisi dari tanah, menyimpan gula, dan menahan pohon tetap berdiri di tanah. Beberapa akar sanggup menancap sejauh lebih dari empat meter.

Silahkan download soal bahasa inggris wacana descriptive text pada link di bawah ini.


Akhirnya kita hingga juga di penghujung materi, terimakasih sudah membaca materi, soal, dan tumpuan descriptive text dalam bahasa inggris untuk kelas 8 Sekolah Menengah Pertama kali ini. Semoga sanggup membantu kalian dalam belajar. Jangan lupa untuk share semoga bermanfaat juga bagi teman-teman kalian. Silahkan juga untuk menawarkan masukan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini semoga penulis lebih semangat lagi untuk menulis konten yang lebih baik lagi. See you on the next post! ^^

Baca Juga:

Thursday, August 4, 2016

Materi Dan Soal Bahasa Inggris Expressing Opinion Kelas 8 Smp

Materi dan Soal Bahasa Inggris Expressing Opinion Kelas  Materi dan Soal Bahasa Inggris Expressing Opinion Kelas 8 SMP

Materi dan Soal Bahasa Inggris Expressing Opinion Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bahan opinion. Dalam kehidupan sehari-hari kalian niscaya pernah menunjukkan opini perihal fenomena yang terjadi di sekitar kalian. Opini merupakan pemikiran kita terhadap sesuatu yang faktanya belum sanggup teruji dengan pasti. Mari kita pribadi saja simak klarifikasi lengkap mengenai Expressing opinion dalam bahasa inggris untuk kelas 8 Sekolah Menengah Pertama berikut ini.

What is Opinion?
Opinion dalam bahasa indonesia berarti opini yang maknanya  pendapat atau pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu kejadian atau permasalahan tertentu. Namun pandangan atau opini seseorang sanggup jadi berbeda-beda. Hal ini tergantung dari sudut pandang yang dipakai oleh masing-masing orang.

Ciri - Ciri Opinion
  • Kurang sanggup untuk dibuktikan kebenarannya
  • Bersifat Objektif
  • Berdasarkan perasaan, perkiraan, atau kemungkinan
Contoh Kalimat Expressing Opinion
  • In my opinion.....
  • I think.....
  • What I mean is.....
  • Personally I think.....
  • In my experience.....
  • According to me.....
  • I strongly believe that.....
  • As far as I am concerned.....
  • From my point of view.....
  • As I understand.....
  • As I see it.....
  • I reckon.....
  • I am compelled to say.....
  • By this I mean.....
  • To my mind.....
  • Would like to point out that.....
  • In my humble opinion.....
Agreeing with an Opinion (Setuju dengan sebuah opini)
  • Of course.
  • This is absolutely right.
  • I agree with this opinion.
  • I couldn't agree more.
  • I agree with what you are saying.
  • I agree, I never thought of that.
  • Neither do I.
  • That's a good point.
  • I think so too.
Disagreeing with an opinion (Tidak oke dengan sebuah opini)
  • I am sorry, I don't agree with you.
  • I am not sure I agree with you.
  • I don't agree with you.
  • I am afraid I have to disagree with you.
  • I do not believe that.
  • By this I mean.....
  • I disagree with you.
  • I think you are wrong.
  • That's not the same thing at all.
  • It is not justified to say so.
  • I am not convinced that.....
  • I can't say I agree with this, and here's why.
Contoh Bagaimana untuk oke dan tidak oke pada sebuah opini dalam bahasa inggris

Statement
Agree
Disagree
Children below 17
should be given right to drive a motorcycle
I agree with your opinion
I don't agree with you,
it is forbidden to let children under 17 to drive a motorcycle
Parents must giving smartphone to their children
I couldn't agree more with you.
I think it would be harmful to let children use smartphone. Because there are so much bad influence on the internet.
The novel version of Twilight is better than its film
Yes, I agree. The novel version had a many details of story hidden from the film.
That's not the same thing at all.
Instant noodle is good for your health.
I agree with what you are saying.
I am afraid that i have to disagree with you, because instant noodle have many chemical things inside it.
Smoking should be banned in public places.
I totally agree that smoking should be banned in public places.
I am sorry but I tend to disagree with you on this.

Contoh Dialog Expressing Opinion

Alika : Hi Alika, Have you heard about the new cinema in Cimahi.
Nur : Yes I have.
Alika : And what do you think about it?
Nur : I think that it is good have a cinema in our city. So we don't have to go to bandung in just watching a movie.
Alika : I am sorry but I am not sure about your opinion.
Nur : Why? Then what do you think about it?
Alika : You know it is the very first cinema build in Cimahi right? So i think it will be really crowded because everyone in town will go there to watch a movie.
Nur : Yes, I think you right about it.

Terjemahan:
Alika: Hai Alika, Pernahkah kau mendengar perihal bioskop gres di Cimahi.
Nur: Ya, saya pernah.
Alika: Dan apa yang kau pikirkan perihal hal itu?
Nur: Saya berpikir bahwa itu yaitu baik mempunyai bioskop di kota ini. Makara kita tidak perlu pergi ke bandung hanya menonton film.
Alika: Saya minta maaf tapi saya tidak yakin perihal pendapat kamu.
Nur: Mengapa? Lalu apa yang kau pikir perihal hal ini?
Alika: Kamu tahu, itu yaitu bioskop yang pertama kali dibentuk di cimahi? Makara saya pikir itu akan benar-benar ramai alasannya semua orang di kota akan pergi ke sana untuk menonton film.
Nur: Ya, saya pikir kau benar perihal hal itu.

Silahkan download soal exercise bahasa inggris mengenai expressing opinion pada link dibawah ini.


Baiklah, cukup sekian bahan dan soal bahasa inggris mengenai expressing opinion kali ini. Semoga sanggup membantu pembelajaran kalian dalam bahasa inggris. Silahkan untuk share dan juga berikan komentar pada kolom di bawah ini biar kami lebih semangat lagi untuk menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and have a nice day!

Tuesday, August 2, 2016

Materi , Soal, Dan Pola Narrative Text Bahasa Inggris Kelas 8 Smp

 dan Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Kelas  Materi , Soal, dan Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Kelas 8 SMP
Materi , Soal, dan Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Kelas 8 SMP - Pernahkah kalian mendengar dongeng rakyat dari orang bau tanah kalian? Pasti salah satu dari kalian sudah pernah atau sering menonton film mengenai dongeng fiksi ibarat cinderella, snow white, robin hood, hansel and gretel, dan lain lain. Jika kalian pernah mendengar dongeng fiksi ibarat dikatakan diatas berarti kalian sedikitnya pernah mendengar juga wacana narrative text. Apa sih narrative text? Kok dari dongeng fiksi jadi jauh-jauh ke narrative text? Eittts jangan pusing dulu. Narrative text ialah sebuah genre dalam bahasa inggris yang menceritakan sebuah dongeng fiktif yang dibentuk untuk menghibur pembaca. Mari kita simak klarifikasi lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Narrative Text?
Narrative text ialah dongeng fiksi atau dongeng karangan yang dibentuk untuk menghibur pembaca. Narrative text biasanya kita jumpai dalam bentuk dongeng, dongeng rakyat, maupun dongeng fiksional lainnya. Narrative text terdiri dari insiden berurutan yang mengarah ke dalam suatu klimaks, dan alhasil menemukan penyelesaian. Narrative text bertujuan untuk menghibur pembaca / pendengar.

Generic Structure of Narrative Text
Narrative Text mempunyai 3 susunan struktur ibarat ini:
  1. Orientation
    Bagian orientation berisi wacana pembukaan dongeng yang mengandung pengenalan tokoh, pengenalan latar belakang waktu dan kawasan dari cerita. Pokoknya belahan ini mengandung belahan umum dari dongeng yang meliputi apa, siapa, kapan, dan dimana dongeng tersebut diceritakan.
  2. Complication
    Pada belahan ini, sang tokoh utama mulai mengalami konflik dalam kehidupannya dan sang pemain film utama harus menuntaskan konflik-konflik tersebut.
  3. Resolution
    Bagian resolution ialah belahan dongeng tamat (ending). Pada belahan ini semua persoalan sudah harus terselesaikan oleh sang tokoh utama. Dalam belahan resolution juga biasanya terdapaat pesan moral atau moral value atau nasihat yang sanggup kita ambil dari dongeng tersebut. Moral value pada ending sebuah narrative text disebut dengan Coda.
Penggunaan Grammar dalam Narrative Text
Dalam Narrative text biasanya memakai bentuk lampau atau Past, alasannya ialah dongeng ini merupakan dongeng karangan atau fiksi. Bentuk tenses sanggup memakai past perfect, past continuous, past perfect continuous, atau sanggup saja past future perfect continuous. Semua hukum ini tidak harus dijadikan sebagai teladan alasannya ialah tenses itu mengacu kepada kondisi dan situasi kalimat.

Ciri - Ciri Narrative Text
  • Menggunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Walked, Said, Wondered, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, binatang dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the princess, the girl, the queen, dsb.
  • Menggunakan adjective yang membentuk satu kesatuan noun phrase. Misalnya : The red riding hood, the poisoned apple, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunction untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : before, after, then, next,soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi insiden atau peristiwa. Misalnya : on the sea, in the mountain, there, happily ever after, dsb
Contoh Narrative Text dalam Bahasa Inggris

TIMUN MAS

          Long time ago in the island of Java, Indonesia, lived a couple of farmer.  They had married for some years but they had no children.  So they prayed to a monster called Buta Ijo to give them children.
          Buta Ijo was a ferocious and powerful monster.  He granted their wish on one condition.  When their children had grown up, they had to sacrifice them to Buta Ijo.  He liked eating fresh meat of human being.  The farmers agreed to his condition.  Several months later the wife was pregnant.
          She gave birth to a beautiful baby girl.  They named her Timun Mas.  The farmers were happy.
          Timun Mas was very healthy and a very smart girl.  She was also very diligent. When she was a teenager Buta Ijo came to their house.  Timun Mas was frightened so she ran away to hide.  The farmers then told Buta Ijo that Timun Emas was still a child.  They asked him to postpone.  Buta Ijo agreed.  He promised to come again.  The following year Buta Ijo came again.  But again and again their parents said that Timun Mas was still a child.
          When the third time Buta Ijo came their parents had prepared something for him.  They gave Timun Mas several bamboo needles, seeds of cucumber, dressing and salt.
‘Timun, take these things’
‘What are these things?’
‘These are your weapons.  Buta Ijo will chase you.  He will eat you alive.  So run as fast as you can.  And if he will catch you spread this to the ground.  Now go!’
          Timun Mas was scared so she ran as quickly as she could.  When Buta Ijo arrived she was far from home.  He was very angry when he realized that his prey had left.  So he ran to chase her.  He had a sharp nose so he knew what direction his prey ran.
          Timun Mas was just a girl while Buta Ijo was a monster so he could easily catch her up.  When he was just several steps behind Timun Mas quickly spread the seeds of cucumber.  In seconds they turned into many vines of cucumber.  The exhausted Buta Ijo was very thirsty so he grabbed and ate them.  When Buta Ijo was busy eating cucumber Timun Emas could run away.
          But soon Buta Ijo realized and started running again.  When he was just several steps behind Timun Mas threw her bamboo needles.   Soon they turned into dense bamboo trees. Buta Ijo found it hard to pass.  It took him some time to break the dense bamboo forest.  Meanwhile Timun Mas could run farther. Buta Ijo chased her again.  When he almost catch her again and again Timun Mas threw her dressing.  This time it turned into a lake.  Buta Ijo was busy to save himself so Timun Mas ran way. But Buta Ijo could overcome it and continued chasing her.        
          Finally when Timun Mas was almost caught she threw her salt.  Soon the land where Buta Ijo stood turned into ocean.  Buta Ijo was drowned and died instantly. Timun Mas was thankful to god and came back to her home.

Terjemahan :
Timun Mas

          Pada zaman dahulu di pulau Jawa , Indonesia , tinggal sepasang petani . Mereka telah menikah selama beberapa tahun , tetapi mereka tidak punya anak . Kaprikornus meminta kepada raksasa yang disebut dengan Buta Ijo untuk memberi mereka bawah umur . Buta Ijo ialah raksasa yang ganas dan besar lengan berkuasa . Dia mengabulkan seruan mereka dengan satu syarat . Ketika anak mereka telah dewasa, mereka harus mengorbankan mereka untuk Buta Ijo . Dia suka makan daging segar insan . Para petani baiklah untuk dengan permintaannya. Beberapa bulan lalu istri petani pun hamil .
          Istri petani melahirkan seorang bayi wanita bagus . Mereka menamainya Timun Emas . sepasang petani itu pun bahagia . Timun Mas sangat sehat dan tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cerdas . Dia juga sangat rajin . 
          Ketika ia masih remaja Buta Ijo tiba ke rumah mereka . Timun Mas ketakutan sehingga beliau melarikan diri untuk bersembunyi . Para petani lalu menyampaikan Buta Ijo bahwa Timun Mas masih anak-anak. Mereka memintanya untuk menunda . Buta Ijo baiklah . Dia berjanji untuk tiba lagi . Tahun berikutnya Buta Ijo tiba lagi. Tapi lagi dan lagi orang bau tanah mereka menyampaikan bahwa Timun Mas masih anak-anak.
          Ketika ketiga kalinya Buta Ijo tiba orang bau tanah mereka telah mempersiapkan sesuatu untuknya . Mereka memberi Timun Emas beberapa jarum bambu , biji mentimun , saus dan garam .
' Timun , mengambil hal-hal ini '
' Apa ini ? '
' Ini ialah senjatamu . Buta Ijo akan mengejarmu . Dia akan memakanmu hidup-hidup . Kaprikornus berlari secepat mungkin yang kamu bisa. Dan bila ia akan menangkapmu sebarkan ini ke tanah . Sekarang pergi! '
          Timun Mas takut sehingga ia berlari secepat yang beliau sanggup . Ketika Buta Ijo tiba ia sangat  jauh dari rumah . Dia sangat murka dikala ia menyadari bahwa mangsanya telah meninggalkan rumah. Kaprikornus Buto Ijo berlari mengejarnya . Dia mempunyai hidung yang tajam sehingga ia tahu kemana arah berlari mangsanya .
          Timun Mas hanya seorang gadis sementara Buta Ijo ialah raksasa sehingga ia sanggup dengan gampang menangkapnya . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Mas cepat menyebar benih-benih mentimun . Dalam hitungan detik benih mentimun itu bermetamorfosis tanaman merambat . Buta Ijo sangat kelelahan dan haus sehingga ia meraih mentimun itu dan memakannya . Ketika Buta Ijo sedang sibuk makan mentimun Timun Mas sanggup melarikan diri .
          Tapi segera Buta Ijo menyadari dan mulai berlari lagi . Ketika ia hanya beberapa langkah di belakang Timun Emas melemparkan jarum bambu nya . Tak usang lalu mereka bermetamorfosis pohon bambu lebat . Buta Ijo merasa sulit untuk lulus . Ini membutuhkan beberapa waktu untuk memecahkan hutan bambu lebat . Sementara itu Timun mas sanggup berlari lebih jauh .
          Buta Ijo mengejarnya lagi . Ketika ia hampir menangkapnya lagi dan lagi Timun Mas melemparkan riasnya . Kali ini bermetamorfosis danau . Buta Ijo sedang sibuk menyelamatkan diri sehingga Timun Mas berlari jalan . Tapi Buta Ijo sanggup mengatasinya dan terus mengejarnya .
Akhirnya dikala Timun mas hampir tertangkap ia melemparkan garam itu . Segera tanah kawasan Buta Ijo bangkit bermetamorfosis bahari . Buta Ijo itu karam dan tewas seketika .
          Timun mas bersyukur kepada Tuhan dan kembali ke rumahnya.

Silahkan download soal exercise bahasa inggris wacana narrative text pada link di bawah ini.


Baiklah, cukup sekian materi, soal, dan contoh narrative text dalam bahasa inggris kali ini. Semoga sanggup membantu pembelajaran kalian dalam bahasa inggris. Silahkan untuk share dan juga berikan komentar pada kolom di bawah ini biar kami lebih semangat lagi untuk menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and have a nice day!

Baca juga: