Wednesday, January 25, 2012

Review Busuu – Aplikasi Berguru Bahasa Inggris Terbaik Di Android

Apa aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di Android ketika ini? Jika kau sedang mencarinya, saya rekomendasikan aplikasi berjulukan Busuu.

Busuu yakni aplikasi android untuk mencar ilmu bahasa asing, termasuk bahasa inggris. Saya sudah mencobanya, dan menurutku aplikasi ini cukup baik.

Dengan aplikasi Busuu, proses mencar ilmu bahasa inggris menjadi lebih mudah, hanya perlu download dan install aplikasi di PlayStore.

Nah, bagi kalian yang mau tahu lebih lanjut ibarat apa Busuu ini, berikut ini sudah saya tuliskan reviewnya:

Sebelumnya, baca juga:
- Tahapan mencar ilmu bahasa inggris secara madiri di rumah.
- Metode mencar ilmu bahasa inggris yang menarik dan menyenangkan.
 Apa aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di Android ketika ini Review Busuu – Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

A. Review Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

Ada beberapa alasan kenapa saya menilai Busuu sebagai aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di Android. Alasan tersebut meliputi:

1. Materi Belajar Disusun Berdasarkan Tingkatan

Setelah install aplikasi Busuu kemudian membukanya, selain daftar kau juga akan diarahkan untuk merencanakan tujuan mencar ilmu bahasa inggris.

Maksudnya untuk apa kau belajar? Pilihan ini cukup baik alasannya yakni diadaptasi dengan kebutuhan kita. Jika kau pilih Belajar Bahasa Lengkap, semua bahan akan disediakan mulai dari dasar hingga tingkat lanjut.

Sebelum memulainya, kau juga bisa menentukan tingkatan berdasarkan bahan apa saja yang sudah kau kuasai. Pemilihan tingkatan ini dilakukan dengan melaksanakan tes di dalam aplikasi.

Tingkatan akan diadaptasi dengan kemampuan kalian, jadi kau bisa menghemat waktu untuk tidak mempelajari bahan yang sudah dikuasai.

Oh iya, pilihan tujuan mencar ilmu bahasa inggris tersebut bisa diganti lagi bila kau pengen ya, jadi cukup flexible juga.

Saran saya sih, untuk permulaan pilih dulu aktivitas Belajar Bahasa Lengkap, semoga kau memahami seluk beluk dari bahasa inggris terlebih dahulu.

Baru nanti bila aktivitas tersebut selesai, kau bisa menentukan tujuan aktivitas lainnya. Walaupun menuntaskan aktivitas tersebut akan memakan cukup waktu, tidak dilema alasannya yakni mencar ilmu itu menyenangkan..

2. Media Belajar Yang Interaktif

Alasan kedua kenapa Busuu menurutku merupakan aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di Android yakni alasannya yakni media yang digunakan cukup interaktif.

Karena interaktif, proses mencar ilmu akan menjadi lebih menyenangkan. Saya jamin deh, kau akan betah mencar ilmu bahasa inggris dengan Busuu.

Materinya selalu dilengkapi dengan gambar, ketika mempelajari kosakata juga selalu disertai bunyi jadi kalianpun bisa melatih pendengaran.

Ketika ada soal, kau juga akan dinilai speakingnya, Busuu akan mengidentifikasi apakah pelafalanmu benar atau salah.

Selain itu, untuk beberapa aktivitas disediakan pula media video untuk semakin mengasah kemampuan bahasa inggris kalian. Pokoknya asyik banget deh mencar ilmu bersama Busuu ini.

Media-media interaktif Busuu ini bisa dibilang sangat lengkap, diadaptasi dengan semua materi, baik speaking, listening, dan bahkan writing.
Advertisement



3. Selalu Mengevaluasi Perkembangan Siswa

Ketika kau selesai mempelajari suatu materi, di selesai bahan akan selalu ada beberapa soal untuk dikerjakan. Ini fungsinya untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kalian.

Selain soal di selesai materi, juga akan ada latihan atau tes di setiap selesai tahapan, baik tahapan dasar, menengah, atau tingkat lanjut.

Tidak selesai hingga disitu, yang menciptakan Busuu menjadi aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di android yakni tersedianya perencanaan belajar.

Perencanaan tersebut mencakup pengaturan aktivitas belajar, pengingat, dan bahkan estimasi kapan kau akan menuntaskan pembelajaran dilihat dari aktivitas yang kau buat sebelumnya.

Fitur ini bermanfaat banget, kau bisa mengira-ira sendiri kapan harus menuntaskan pembelajaran berdasarkan tujuan, bila dirasa terlalu usang bisa mengatur ulang aktivitas dengan menambah jam belajar.

4. Aplikasi Ringan, Cepat, dan Praktis Dinavigasi

3 kelebihan Busuu di atas, didukung dengan keandalan aplikasi yang tidak menyebalkan. Yes, aplikasi sangat ringan, cepat, gampang navigasinya, dan yummy dipakai.

Dengan ukuran aplikasi yang hanya sekitar 40 MB, Busuu tidak memberatkan Smartphone ketika dibuka, bahkan untuk yang low-end devices.

Dengan tampilan sederhana namun elegan, clean, dan interaktif, Busuu sangat yummy dipakai. Kaprikornus kau tidak akan bosan dan jengkel ketika bernavigasi.

5. Dapat Berinteraksi Dengan Pengguna Lain

Selain mencar ilmu dari bahan yang disediakan Busuu, kau juga bisa mencar ilmu berkomunikasi bahasa inggris dengan pengguna lain.

Di aplikasi Busuu, ada fitur pertemanan, jadi kau bisa berteman dengan orang yang juga mencar ilmu bahasa inggris. Disini kau bisa ngobrol apapun, mencar ilmu berkomunikasi langsung, dan sebagainya.

Jika kau ingin berteman dengan tujuan meningkatkan kemampuan bahasa inggris, pastikan add sahabat yang juga mencar ilmu bahasa yang sama alasannya yakni Busuu tidak hanya aplikasi mencar ilmu bahasa inggris saja.

Tidak ada salahnya memakai fitur ini, sebaiknya kau coba. Siapa tahu kalian yang masih jomblo justru sanggup jodoh di sini!

6. Belajar Bahasa Lain Dalam 1 Aplikasi

Nah, ibarat yang sudah saya sebutkan berkali-kali di atas, Busuu tidak sekedar aplikasi mencar ilmu bahasa inggris di Android, tapi ada banyak bahasa lainnya.

Bahasa yang tersedia dalam Busuu yakni sebagai berikut:
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Italia
  • Bahasa Portugis
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Polandia
  • Bahasa Turki
  • Bahasa Rusia
  • Bahasa Arab
Kaprikornus total ada 12 bahasa yang bisa kau pelajari, mantap’kan? Tidak perlu download aplikasi lain, cukup 1 aplikasi saja buat mencar ilmu 12 bahasa.
Advertisement



B. Kelemahan Aplikasi Busuu

Tidak ada yang sempurna, walaupun saya pribadi menganggap kalau Busuu sebagai aplikasi terbaik mencar ilmu bahasa inggris di android, saya juga mengakui beberapa kekurangannya.

Ada beberapa kekurangan yang saya rasakan ketika memakai Busuu, diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Butuh Koneksi Internet

Walaupun penggunaan datanya tidak besar, tapi tetap saja akan lebih baik kalau tidak memerlukan koneksi internet.

Bagi kalian yang sinyal di wilayahnya selalu bagus, mungkin tidak begitu masalah. Tapi untuk yang berada di pelosok atau pinggir kota, bisa jadi akan kesulitan mengakses Busuu alasannya yakni sinyal yang buruk.

Sekecil apapun data yang dibutuhkan, kalau sinyalnya jelek ya tetap akan kesulitan mengaksesnya. Apalagi rata-rata provider di Indonesia yang biasanya cuman iklan tanpa pembuktian.

Tapi ini masuk akal juga sih alasannya yakni Busuu memakai banyak media. Kalaupun tidak memakai koneksi internet, mungkin ukuran aplikasinya akan sangat besar, ini sama saja akan memberatkan ketika mendownload aplikasi Busuu.

2. Harus Upgrade Untuk Mempelajari Semua Materi

Kelemahan Busuu kedua yakni kau tidak bisa mengakses semua bahan tanpa upgrade alias harus bayar. Kaprikornus bahan yang kau dapatkan secara gratis kurang komplit.

Apa saja bahan yang tidak bisa diakses gratisan? Cukup banyak sih, misalnya bahan berlatih dengan penutur bahasa asli, mode luring, beberapa grammar, dan beberapa bahan kosakata.

Sedangkan untuk upgrade harganya juga cukup lumayan, dibedakan menjadi dua yaitu Premium dan Premium Plus.

Kalau kau serius ingin bisa bahasa inggris, tidak ada salahnya untuk upgrade. Pilih paket tahunan aja semoga biaya perbulannya lebih murah.

3. Mengulang Dari Awal Setelah di Close

Kekurangan Busuu terakhir yakni ketika kau membuka sebuah materi, kau harus menyelesaikannya ketika itu juga. Kalau kau close, tidak bisa melanjutkan dari terakhir, harus dari awal lagi.

Beberapa kali saya mencoba membuka bahan baru, kemudian membacanya sebentar. Pas ditutup dan mau melanjutkan lagi, lho kok tidak bisa melanjutkan dari belahan terakhir yang saya pelajari.

Kaprikornus harus klik “lanjut” terus menerus untuk hingga di belahan terakhir kalinya. Ini cukup melelahkan sih, harusnya bisa lanjut. Atau setidaknya ada pilihan, mau lanjut atau mulai dari awal?

C. Yuk, Langsung Coba Aplikasi Busuu!

Gimana, mantap gak aplikasi Busuu ini? Jika ingin mencobanya pribadi saja download dan install di PlayStore ya!

Untuk pengguna sistem operasi lain, saya kurang tahu apakah Busuu ini tersedia atau tidak, silahkan dicek sendiri ya!

Pokoknya mantep deh Busuu ini, saya pribadi sejauh ini puas banget menggunakannya. Walaupun ada beberapa kekurangan, itu tidak bisa menutup kemanfaatannya yang lebih besar.

Selanjutnya:
- Materi mencar ilmu bahasa inggris pokok dan wajib untuk pemula.
- Cara gampang dan cepat mencar ilmu bahasa inggris.
- Kenapa mencar ilmu bahasa inggris itu sulit?
-----
Oke ya gaes, itulah review Busuu yang menurutku merupakan aplikasi mencar ilmu bahasa inggris terbaik di Android ketika ini. Semoga review di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan aplikasi terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan hingga jumpa kembali.