Tuesday, October 1, 2019

10 Teladan Dan Cara Menciptakan Surat Email Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya (Cara Mencar Ilmu Bahasa Inggris Online)

10 Contoh dan Cara Membuat Surat Email dalam Bahasa Inggris dan Artinya (Cara Belajar Bahasa Inggris Online) – Email ialah media komunikasi yang umum digunakan di dunia bisnis maupun pribadi, baik lokal maupun internasional. Di dunia internasional email dalam bahasa Inggris menjadi salah satu elemen penting. Email bahasa Inggris sanggup berbentuk formal & informal. Email harus dibentuk secara profesional untuk menyajikan gambaran yang baik dari Anda dan atau perusahaan Anda. Nah, bagaimanakah cara menulis email dalam bahasa Inggris? Berikut englishiana.com merangkum beberapa teladan email bahasa Inggris dan cara menciptakan email bahasa Inggris yang baik untuk teman semua.

Contoh Email Surat Lamaran Kerja (Email Job Application)

To: Mourinhoceros@gmail.com
Cc:
Subject: Application Letter for Sales Representative Post
Dear Mr. Mourinho,
I am writing in response to your advertisement for a Sales Representative. I am Harry Copter, a resident of Kota Sepang, Bandarlampung.
I am presently working with Johni & Soni Ltd in the position of a Sales Promotion Boy.  I have 4 years experience in the field.  I am now looking for a more potential and responsible position which will give me an opportunity to utilize the skills I have learnt on the field.
For my competence in the field I have been awarded the Best Sales Person of the Year Award instituted by the Company for the year 2013-2014.
I have a Diploma in Sales and Marketing from Centauri University.  In addition to this, I have got various Certifications in Sales from some Accredited Institutions.
I look forward to seeking an appointment with you soon to take this further.
Sincerely,
Harry Copter
---
Untuk: Mourinhoceros@gmail.com
Cc:
Perihal: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Sales Representative
Salam Hormat Tuan Mourinho,
Saya menulis surat ini untuk menanggapi iklan lowongan kerja Anda untuk posisi Sales Representative. Saya Harry Copter, warga Kota Sepang, Bandarlampung.
Saya kini bekerja untuk Johni & Soni Ltd pada posisi sebagai Sales Promotion Boy. Saya mempunyai pengalaman selama 4 tahun di bidang ini. Saya kini mencari posisi yang lebih potensial dan penuh tanggung jawab yang akan menawarkan saya kesempatan untuk memanfaatkan keterampilan yang telah saya pelajari di bidang ini.
Karena kompetensi saya di bidang ini, saya telah dianugerahi penghargaan sebagai Sales Terbaik Sepanjang Tahun pada penganugerahan yang dilaukan oleh Perusahaan pada tahun tahun 2013-2014.
Saya mendapat Diploma dalam bidang Penjualan dan Pemasaran dari Centauri University. Selain itu, saya telah mendapat banyak sekali Sertifikasi di bidang Penjualan dari beberapa Lembaga Terakreditasi.
Saya menunggu untuk sanggup mengatur janji bertemu dengan Anda segera untuk hal yang lebih lanjut lagi.
Hormat kami,
Harry Copter

Contoh Email Surat Lamaran Kerja (Email Job Application)

To: Jones Setia Negara@gmail.com
Cc:
Subject: Application Letter for Senior Correspondent of the Western Region
Dear Mr. Jones Setia Negara,
I am a regular reader of your daily newspaper and it has been my dream to work with your publishing company. I would like you to kindly consider my application for the post of senior correspondent of the western region.
As you can see my resume, I have passed my journalism masters with distinction. I have worked with New Sun of Western for five years and I have covered political and human interest stories. I am sending a link of all the stories done by me so far along with my resume.
I would be pleased if you could take out time and give me a chance for an interview with you so that I get to show you my work in detail.
I shall look forward to hearing from you.
With regards and best wishes,
Yours sincerely,
Allison Maneralay
---
Untuk: Jones Setia Negara@gmail.com
Cc:
Perihal: Surat Permohonan Koresponden Senior dari Wilayah Barat
Salam Hormat Tuan Jones Setia Negara,
Saya seorang pembaca rutin koran harian Anda dan saya bermimpi untuk bekerja dengan perusahaan penerbitan Anda. Saya harap Anda berbaik hati untuk mempertimbangkan lamaran saya untuk jabatan koresponden senior dari wilayah barat.
Seperti yang Anda lihat resume saya, saya telah lulus master jurnalisme saya dengan pujian. Saya telah bekerja dengan surat kabar New Sun of West selama lima tahun dan saya telah bekerja dengan  membahas politik dan cerita-cerita yang menarik untuk masyarakat. Saya mengirimkan link dari semua dongeng yang dikerjakan oleh saya bersama dengan resume / CV saya.
Saya akan sangat bahagia bila Anda bisa menisihkan waktu dan memberi saya kesempatan untuk wawancara dengan Anda sehingga saya bisa memperlihatkan perihal pekerjaan saya secara rinci.
Saya berharap untuk mendengar kabar baik itu dari Anda.
Dengan salam dan impian terbaik,
Dengan hormat,
Allison Maneralay

Contoh Email Surat Lamaran Kerja Guru Matematika (Email Job Application to be A Teacher)

To: principal@nationalhighschool.com
Cc:
Subject: Job Application for National High School Mathematic Teacher
To whom it may concern
I am writing this email in response to your advertisement in Times Newspaper on October, 21st 2016 for the position of Mathematic Teacher.
My education includes BSc. and MSc. Degree in Mathematic Education respectively along with the post graduation degree in education. I was associated with a government aided school for four years where I further developed my teaching skills.
I have a strong communication skill and a good ability to make students understand the subject properly. Even I can help students with their decision making and have the capability to teach a mass all at once with proper class management.
I desire to be a part of such an institute where I could nourish the minds of young students. I will be highly obliged if you go through my resume attached with this mail.
Yours Sincerely
Sindi Abraham
---
Untuk: principal@nationalhighschool.com
Cc:
Perihal: Permohonan Kerja Nasional Sekolah Tinggi Matematika Guru
Salam Hormat untuk Pihat Terkait
Saya menulis email ini untuk menanggapi iklan lowongan kerja Anda di Times Newspaper 21 Oktober 2016 untuk posisi guru Matematika.
Pendidikan saya mencakup BSc. dan MSc. Di bidang Pendidikan Matematika masing-masing linier dengan gelar pasca sarjana di bidang pendidikan. Saya pernah menjadi bab dari sekolah yang disubsidi oleh pemerintah selama empat tahun di mana saya mengembangkan lebih lanjut keterampilan mengajar saya.
Saya mempunyai keterampilan komunikasi yang berpengaruh dan kemampuan yang baik untuk menciptakan siswa memahami subjek dengan benar. Bahkan saya sanggup membantu siswa dalam pengambilan keputusan mereka dan mempunyai kemampuan untuk mengajar kelas dengan siswa yang banyak sekaligus dengan administrasi kelas yang tepat.
Saya ingin menjadi bab dari sebuah forum di mana saya bisa membimbing pikiran siswa yang masih muda. Saya akan sangat berterima kasih kalau Anda mempelajari resume saya yang terlampir dalam surat ini.
Dengan hormat
Sindi Abraham
10 Contoh dan Cara Membuat Surat Email dalam Bahasa Inggris

Contoh Email Bisnis (Business Email)

To: rogalista@gmail.com
Cc:
Subject: Complaint against your staff member “Henry Topper”
Dear Mr. De Moore,
I would like to complain regarding the bad service given by one of your staff when I visited your bank branch on October, 1st 2016. I am a saving account holder in your bank with my account number being 0311230489.
I visited the branch to deposit some money in my account two weeks ago. I was asked to wait by one of the customer service executives by the name Henry Topper and above that I was not provided with a token. After waiting for fourteen minutes when I asked the customer service executive for help, he said that he was busy though he was not attending to any customer. Finally, I left the bank without being attended.
I would request you to take action against the staff otherwise I may have to close my account.
Regards,
Nathan Cu Lee.
---
Untuk: rogalista@gmail.com
Cc:
Subjek: Komplain terhadap anggota staf Anda "Henry Topper"
Dengan hormat Tuan De Moore,
Saya ingin mengeluh mengenai layanan jelek yang diberikan oleh salah satu staf Anda ketika saya mengunjungi cabang bank Anda pada tanggal 1 Oktober 2016. Saya seorang pemegang rekening tabungan di bank Anda dengan nomor rekening 0311230489.
Saya mengunjungi cabang untuk deposit uang di rekening saya dua ahad lalu. Saya diminta untuk menunggu oleh salah satu Customer Service Executive dengan nama Henry Topper dan di atas semua itu, saya tidak disediakan token. Setelah menunggu selama empat belas menit ketika saya meminta bantuan Customer Service Executive, ia menyampaikan bahwa ia sedang sibuk meskipun ia tidak sedang melayani pelanggan. Akhirnya, saya meninggalkan bank tersebut tanpa dilayani.
Saya meminta Anda untuk mengambil tindakan terhadap staf tersebut Jika tidak mungkin Saya harus menutup akun saya.
Salam,
Nathan Cu Lee.

Contoh Email Bisnis (Business Email)

To: jackperson@gmail.com, Billyharvard@yahoomail.com
CC: davidbrooklyn@yahoomail.com
Subject: proposition for a new business
Respected Sir,
As a trusted employee of this company and its well-wisher, I, Roger David Borneo have come out with a usulan for a new business. We already have an existing business of manufacturing TVs and Music systems and we are also popular in the market.  It would be great if we could venture into production of cameras and video cameras as well.
The camera and video camera are flourishing these days and there is a lot of scope in this segment. We must start off with just a few basic models and then go on to expand the business depending upon the response. If we are able to win this market competition as well, we can experience true success and a lot of profit. I understand that this business will require a decent investment but we can get profits within 2 years of establishment if all goes as per plan.
I am attaching a detailed usulan of this business for your reference. For any further information I can be contacted on 085789252152.
Looking forward to your reply.
Yours sincerely,
Roger David Borneo
---
Untuk: jackperson@gmail.com, Billyharvard@yahoomail.com
CC: davidbrooklyn@yahoomail.com
Subjek: proposisi untuk bisnis baru
Tuan terhormat,
Sebagai karyawan yang dipercaya di perusahaan ini dan yang pemberi selamat, saya, Roger David Borneo telah keluar dengan usulan untuk bisnis baru. Kami sudah mempunyai bisnis yang sudah ada di bidang manufaktur, TV, dan sistem Musik dan kami juga terkenal di pasar. Ini akan menjadi besar bila kita bisa menjelajah ke produksi kamera dan kamera video juga.
Kamera dan kamera berkembang hari ini dan ada banyak ruang di segmen ini. Kita harus mulai dengan hanya beberapa model dasar dan kemudian pergi untuk memperluas bisnis tergantung pada respon. Jika kita bisa memenangkan persaingan pasar ini juga, kita sanggup mengalami kesuksesan sejati dan banyak keuntungan. Saya mengerti bahwa bisnis ini akan memerlukan investasi yang layak tapi kita bisa mendapat laba dalam waktu 2 tahun pendirian bila semuanya berjalan sesuai rencana.
Saya melampirkan usulan rinci bisnis ini untuk rujukan Anda. Untuk informasi lebih lanjut Saya sanggup dihubungi di 085789252152.
Menunggu balasanmu.
Dengan hormat,
Roger David Borneo

Contoh Email Undangan Makan Malam Bisnis (Business Dinner Invitation Email)

To: Petersays123@gmail.com
CC: timothybalancing@gmail.com
Subject: business dinner invitation email
Dear Mr. Peter
I, John Harley Ferrari, the vice president of Blank Point Corporation am writing this email to invite you for an official business dinner next two weeks.  In the midst of the ongoing business partnership deal, this meeting will be discussing the major terms and the distribution of duties.
The business dinner will be held on November, 15th 2016 from 7 pm onwards. You are requested to be on time and reach the Dining room of Harmony Hotel. You can come along with 3 more guests who can be anyone from your meeting team of officials. Please be present in formals as the dress code of the dining room is strictly formal. The meeting will be important for our future relations.
I am really looking forward to this business dinner and am eager to take this deal forward.
Yours sincerely
John Harley Ferrari
President
Blank Point Corporation
---
Untuk: Petersays123@gmail.com
Cc: timothybalancing@gmail.com
Subject: bisnis email seruan makan malam
Yang  Mr Peter
Aku, John Harley Ferrari, wakil presiden Blank Point Corporation menulis email ini untuk mengundang Anda makan malam bisnis resmi dua ahad ke depan. Di tengah kesepakatan kemitraan bisnis yang sedang berlangsung, pertemuan ini akan membahas hal-utama utama dan pembagian tugas.
Makan malam bisnis ini akan diselenggarakan pada 15 November 2016 dari pukul 07:00 dan seterusnya. Anda diminta tepat waktu dan menuju ruang makan malam di Harmony Hotel. Anda bisa tiba bersama dengan 3 tamu lagi yang, bisa siapa pun dari tim meating perusahaan Anda. Harap hadirlah dengan pakaian resmi karena dress code dari ruang makan tersebut ialah pakaian yang benar-benar formalt. Pertemuan tersebut akan menjadi penting bagi relasi masa depan kita.
Saya benar-benar menunggu makan malam bisnis ini dan saya ingin membuat kesepakatan lebih jauh lagi.
Dengan hormat
John Harley Ferrari
Presiden
Kosong Titik Perusahaan

Contoh Email Pengunduran Diri dari Pekerjaan (Resignation Email)

To: browniesaja@gmail.com
Cc:
Subject: Resignation from the post of Supervisor
Dear Mr. Brownies,
I hereby wish to tender my resignation from the post of Supervisor.  Please consider this as a formal notice of resignation from the aforesaid post.
The reason being, that I have been offered the position of a General Manager in AiBuCee Company, Jakarta. At the present stage in my career, I am looking forward to taking up that kind of a challenging role.
I am currently working on the SQL Project which is near completion.  I shall submit the project report before my departure.
I shall also brief the new incumbent regarding all the required details about the job.
I have learnt a great deal in my years of association with this company and I wish everybody in this company the very best.
Thanking You,
Sincerely,
Joanna Roberts Respector
(joannar@gymail.com)
Supervisor
---
Untuk: browniesaja@gmail.com
Cc:
Subjek: Pengunduran diri dari jabatan Pengawas
Salam Hormat Tuan Brownies,
Dengan ini saya ingin mengajukan pengunduran diri saya dari jabatan Pengawas. Silakan mempertimbangkan ini sebagai pemberitahuan resmi pengunduran diri dari jabatan tersebut di atas.
Alasannya adalah, bahwa saya telah ditawarkan posisi General Manager di Perusahaan AiBuCee, Jakarta. Pada tahap ini dalam karir saya, saya melihat ke depan untuk mengambil semacam kiprah yang menantang.
Saat ini saya bekerja pada Proyek SQL yang hampir selesai. Saya wajib memberikan laporan proyek sebelum kepergian saya.
Saya juga akan melatih secara singkat pejabat gres mengenai semua rincian yang diharapkan perihal pekerjaan.
Saya telah berguru banyak hal selama saya relasi dengan perusahaan ini, dan saya berharap yang terbaik untuk semua orang di perusahaan ini.
Terima kasih kepada Anda,
Hormat kami,
Joanna Roberts Respector
(Joannar@gymail.com)
Pengawas

Contoh Email Mengatur Jadwal Pertemuan Dengan Dosen (Email to Fix an Appointment)

To: profound@gmail.com
Cc:
Subject: Email to fix an appointment
Respected Sir,
This is to bring to your notice that I am working on a project work for my final semester that I would like to discuss with you as my academic advisor. I am writing this mail to fix an appointment with you at your convenient time.
I would like to introduce myself as the final year student of your college pursuing Bachelors in English Education. As per the project work of our final semester we have to come up with a new method of teaching English, each project needs to be innovative, creative, and scientific in order to get good grades. I have formulated a teaching method for this project. I would like to share that method with you and would like to take your inputs. Your inputs and advice would help me improve my project. Everyone is aware about your experiences and vast knowledge. It would be an gaji if you could share some of those valuable things with me as it would be very helpful for a student like me.
I request you to please give me an appointment so that I can show you the details of my project. I am looking forward to your reply.
Best Regards,
John Abraham Scrap
---
Untuk: profound@gmail.com
cc:
Subjek: Email untuk memperbaiki janji
Tuan yang Terhormat,
Surat Ini membawa sebuah pemberitahuan pada Anda bahwa saya sedang mengerjakan kiprah semester simpulan saya dan saya ingin mendiskusikannya dengan Anda sebagai penasihat akademis saya. Saya menulis surat ini untuk mengatur janji dengan Anda pada waktu yang sempurna menurut Anda.
Saya ingin memperkenalkan diri sebagai mahasiswa tingkat simpulan Anda yang mengejar tittle Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Sesuai dengan tugas semester simpulan kita, kita harus tiba dengan metode pengajaran bahasa Inggris baru, setiap proyek harus inovatif, kreatif, dan ilmiah dalam rangka untuk mendapat nilai bagus. Saya telah merumuskan metode pengajaran untuk tugas ini. Saya ingin mendiskusikan metode ini dengan Anda dan ingin mengambil masukan Anda. masukan dan saran akan membantu saya meningkatkan tugas saya ini. Setiap orang mengetahui tentang pengalaman dan pengetahuan anda yang luas. Ini akan menjadi suatu kehormatan bila Anda sanggup membuatkan beberapa hal-hal yang berharga tersebut dengan saya karena itu akan sangat membantu untuk seorang mahasiswa menyerupai saya.
Saya memohon Anda untuk meluangkan waktu untuk menyepakati janji sehingga saya sanggup menampilkan rincian dari tugas saya. Saya menunggu akhir Anda.
Salam Hormat,
John Abraham Scrap

Contoh Email Pribadi / Informal Tentang Ungkapan Cinta (Email to Express Love)

To: Putrisastra@female.com
Cc:
Subject: Love
Dear Putri Sastra,
It gives me immense sickness to say that a virus created by you has entered my brain and my heart. This has overtaken the software of my brain and as a consequence the software of my brain has been programmed to only think about you.
I feel that setting was your tactic so that you are always on my mind. You wanted me to miss you in every moment of my life whenever my eyes can’t capture your physical presence. The virus has also affected me to stop functioning unintentionally in my work as it makes me keep thinking about you and missing you all the time. It has made me a slave of your love.
I would request you to remove this virus otherwise I will set a similar virus in your brain so that you can’t stop thinking about me and keep missing me when I am not near you.
Yours faithfully,
Josephine Aburame.
---
Untuk: Putrisastra@female.com
cc:
Subjek: Love
Salam Hormat Putri Sastra,
Ini memberi saya kesakitan yang besar untuk menyampaikan bahwa virus yang dibentuk oleh Anda telah memasuki otak dan hati saya. Virus Ini telah mengambil alih software dari otak saya dan sebagai konsekuensinya perangkat lunak otak saya telah diprogram untuk hanya berpikir perihal Anda.
Saya merasa bahwa pengaturan itu adalah taktik Anda sehingga Anda selalu di pikiran saya. Anda ingin saya merindukan Anda di setiap dikala dalam kehidupan saya setiap kali mata saya tidak bisa menangkap kehadiran fisik Anda. Virus ini juga telah menghipnotis saya untuk berhenti berfungsi secara tidak sengaja dalam pekerjaan saya alasannya ialah menciptakan saya terus berpikir perihal Anda dan merindukan Anda sepanjang waktu. Hal ini telah menciptakan saya menjadi budak cinta Anda.
Saya akan meminta Anda untuk menghapus virus ini bila tidak saya akan tetapkan virus yang sama di otak Anda sehingga Anda tidak bisa berhenti memikirkan perihal saya dan terus merindukan saya ketika saya tidak di erat Anda.
Salam sejahtera,
Josephine Aburame.

Contoh Email Pribadi Ucapan Simpaty (Email to Express Sypathy)

To: Robertdowntown@hotmail.com
Cc:
Subject: Expressing Sympathy
Dearest Robert
I just knew about the fact that you couldn’t make it to the Men’s under-19 cricket tournament to be held in your city. This news comes as a shock to me as I was so confident that you would make it because of your immense dedication towards the sport, skills, and talent. I am extremely sorry and feel sympathetic as I know that this was a dream tournament for you and would have proved as a stepping stone towards your future into this sport.
I understand how you must be feeling but don’t let this discourage you. Keep putting your efforts into the sport with full dedication and positive thinking. I am sure that you will come out as a winner. Don’t let anything upset you.
Your Uncle
Hugo Andrew Boss
---
Untuk: Robertdowntown@hotmail.com
cc:
Subjek: Mengekspresikan Simpati
Robert tersayang
Aku baru saja tahu perihal fakta bahwa kamu tidak bisa mengikuti turnamen kriket Pria di bawah-19 yang akan diselenggarakan di kotamu. Berita ini mengejutkan bagiku alasannya ialah aku sangat yakin bahwa kamu akan mengikutinya alasannya ialah pengabdian besarmu terhadap olahraga, keterampilan, dan bakat. Aku sangat menyesal dan merasa simpatik karena saya tahu bahwa ini ialah turnamen yang kamu mimpikan dan akan terbukti sebagai kerikil loncatan menuju masa depan Anda ke dalam olahraga ini.
Aku memahami bagaimana yang kamu rasakan, tetapi jangan biarkan ini mencegah Anda. Tetap lakukan perjuangan mu di olahraga dengan penuh pengabdian dan berpikir positif. Saya yakin bahwa Anda akan keluar sebagai pemenang. Jangan biarkan apapun mengecewakanmu.
Pamanmu
Hugo Boss Andrew

Demikianlah 10 teladan email dalam bahasa Inggris yang saya sajikan pada posting ini. Semoga teladan email dalam bahasa Inggris dan cara menulis email yang telah kita pelajari di sini sanggup membantu kita menciptakan email bahasa Inggris baik formal& informal dengan baik. Untuk melihat teladan functional text yang lain, silahkan klik di sini.