Thursday, October 3, 2019

Cara Menulis Email Dalam Bahasa Inggris Bentuk Formal / Informal Beserta Contohnya

Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris Bentuk Formal / Informal Beserta Contohnya – Membuat email dalam bahasa Inggris memang bukanlah hal yang mudah, meski juga bukan hal yang sangat sulit. Meski kita tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik, bukan mustahil kita tetap membutuhkan email bahasa Inggris di aneka macam bidang kehidupan kita. Oleh karenanya, pada kesempatan ini englishiana.com ingin menyebarkan contoh email bahasa Inggris dan tata cara menulis email dalam bahasa Inggris baik dalam bentuk formal / resmi ataupun informal / tidak resmi.

Apakah Tujuan Utama Anda Menulis Email?

Ketika Anda menulis email untuk teman-teman, kolega, atau kawan bisnis potensial Anda, tujuan utama Anda menulis email ialah sama yaitu biar mereka mengerti maksud pesan Anda, dengan kata lain, untuk memastikan penerima, siapapun itu, mengerti maksud dari email Anda.
Jika Anda memakai bahasa yang tidak benar atau terus menerus menciptakan kesalahan dalam e-mail Anda, mungkin tidak hanya Anda yang gagal untuk menciptakan diri Anda mengerti, namun Anda mungkin juga gagal untuk menciptakan kesan yang baik pada pembaca.
Untuk menghindari hal ini, Anda sanggup saja memakai kemudahan grammar and spell checker pada email Anda, akan tetapi, ini dengan sendirinya tidak akan sanggup menjamin apakah Anda memakai kata-kata dan verbal yang sempurna dalam email Anda.
Pada artikel ini, Anda akan menemukan pola bahasa yang umum dipakai dalam aneka macam jenis email, dan mudah-mudahan, Anda akan menemukan satu jenis bahasa email yang paling sesuai untuk pesan Anda.
Contoh bahasa email di bawah diberi label 'formal' dan 'informal'- harap dicatat bahwa verbal yang paling informal sangat cocok untuk dipakai dalam situasi 'semi-formal', menyerupai antara rekan bisnis yang telah bekerja sama selama beberapa waktu dan telah menjalin relasi yang baik.

1. GREETINGS

Formal
Dear Sir or Madam, Salam Hormat untuk Bapak atau Ibu
To whom it may concern: (especially AmE) Ditujukan Untuk yang Bersangkutan
Dear Mr. or Mrs. Jones, Salam Hormat untuk Tuan atau Nyonya Jones
Dear Dr. Smith, Salam Hormat untuk Dr. Smith
(Catatan: Nama awal tidak digunakan. Menggunakan Miss or Mrs. untuk seorang perempuan ialah tidak tepat, lantaran Anda tidak tahu apakah ia telah menikah atau belum.)
Informal
Hi Dennis, Hi Dennis
Hello Claire, Hello Claire
Dear Mum, Salam Hormat Untuk Ibu
(Catatan: salam pembuka diikuti oleh (,) koma, kecuali: ’To whom it may concern:’)

2. REASON FOR WRITING / REPLYING

Formal
I am writing to make a reservation/ to apply for the position of…/ to confirm my booking/ to ask for further information about … Saya menulis untuk menciptakan reservasi / untuk melamar posisi ... / untuk mengkonfirmasi pemesanan saya / meminta informasi lebih lanjut ihwal ...
I am writing with regard to the sale of …/ to the complaint you made on 29th February Saya menulis sehubungan dengan penjualan ... / untuk keluhan Anda dibentuk tanggal 29 Februari
Thank you for your e-mail of 29th February regarding the sale of… / concerning the conference in Brussels. Terima kasih untuk e-mail Anda dari 29 Februari ihwal penjualan ... / ihwal konferensi di Brussels.
With reference to our telephone conversation on Friday, I would like to let you know that… Dengan mengacu pada percakapan telepon kita pada hari Jumat, saya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa ...
Semi-formal / Informal
Just a quick note to invite you to…/ to tell you that… Hanya catatan singkat untuk mengundang Anda untuk ... / untuk memberitahu Anda bahwa ...
This is to invite you to join us for... Hal ini untuk mengundang Anda untuk bergabung dengan kami untuk ...
Thanks for your e-mail, it was wonderful/great to hear from you. Terima kasih untuk e-mail Anda, indah / bagus sekali mendengarnya dari Anda.
I wanted to let you know that / tell you about / ask you if… Aku ingin memberitahu anda bahwa / memberitahu Anda ihwal / meminta Anda bila ...

3. MAKING A REQUEST / ASKING FOR INFORMATION

Formal
Could you please let me know if you can attend … / if you are available for a meeting on 12th December? Bisa tolong beritahu saya bila Anda sanggup menghadiri ... / bila Anda bersedia hadir untuk pertemuan tanggal 12 Desember?
I would appreciate it if you could please send me a brochure/ if you could please reply within two days. Saya akan sangat menghargai bila Anda sanggup kirimkan saya brosur / bila Anda bias, mohon balas dalam waktu dua hari.
Could you possibly arrange a meeting with the Logistics Manager? Mungkin Anda sanggup mengatur pertemuan dengan Manajer Logistik?
I would also like to know if there are any swimming pools in your area. Saya juga ingin tahu apakah ada bak renang di kawasan Anda.
Please let me know how much the tickets cost. Tolong beritahu saya berapa banyak biaya tiketnya.
Informal
I was wondering if you could come and see me sometime next week. Saya ingin tahu apakah Anda sanggup tiba dan melihat saya ahad depan.
Would you mind coming early to help me clear up the place? Maukah Anda tiba lebih awal untuk membantu saya membersihkan tempat?
Do you think you could call Jerry for me? Apakah Anda sanggup menelepon Jerry untuk saya?
Can you call me/ get back to me asap? (as soon as possible) Dapatkah Anda menelepon saya / kembali ke saya secepat mungkin? (secepatnya)

4. OFFERING HELP / GIVING INFORMATION

Formal
We are happy to let you know that your article has been selected for publication. Kami bahagia untuk memberitahu Anda bahwa artikel Anda telah dipilih untuk publikasi.
I am glad to inform you that we will be holding our annual meeting in Bali on 20th Desember 2016. Saya bahagia untuk memberitahu Anda bahwa kita akan mengadakan meeting tahunan kita di Brussels pada tanggal 20 Desember tahun 2016.
We regret to inform you that the show has been cancelled due to bad weather conditions. Kami menyesal untuk memberitahu Anda bahwa program telah dibatalkan lantaran kondisi cuaca buruk.
We are willing to arrange another meeting with the CEO. Kami bersedia untuk mengatur pertemuan lain dengan CEO
We would be glad to send you another statement if necessary. Kami akan bahagia untuk mengirimkan pernyataan lain bila diperlukan.
Please do let me know if I can be of further assistance. Tolong beritahu saya bila saya sanggup membantu lebih lanjut.
Should you need any further information/assistance, please do not hesitate to contact us. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut / bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kami.
Informal
I’m sorry, but I can’t make it tomorrow. (= I can’t come tomorrow.) Maaf, tapi saya tidak sanggup datang besok. (= Saya tidak sanggup tiba besok.)
I’m happy to tell you that John and I are getting married next month. Saya bahagia untuk memberitahu Anda bahwa John dan saya akan menikah bulan depan.
Would you like me to come early and help you clear up the place? Apakah Anda ingin saya untuk tiba lebih awal dan membantu Anda membersihkan tempat itu?
How about I come and help you out? Bagaimana kalau saya tiba dan membantu Anda?
Do you need a hand with moving the furniture? Apakah Anda perlu bantuan untuk memindahkan perabotan?

5. COMPLAINING

Formal
I am writing to express my dissatisfaction with… / to complain about… Saya menulis untuk mengungkapkan ketidakpuasan saya dengan ... / untuk mengeluh ihwal ...
I regret to say that I was not completely satisfied with the room you provided us. Saya menyesal untuk menyampaikan bahwa saya tidak benar-benar puas dengan kamar yang Anda berikan kepada kami.
We regret to inform you that your payment is considerably overdue. Kami menyesal untuk memberitahu Anda bahwa pembayaran Anda jauh terlambat.
I would like to receive a full refund and compensation for the damages. Saya ingin mendapatkan pengembalian dana penuh dan kompensasi untuk kerusakan.
I am interested to hear how your company can compensate us for the distress we suffered. Saya tertarik untuk mendengar bagaimana perusahaan Anda sanggup mengkompensasi kami karena kesulitan yang kami derita.
Informal
I’m sorry to say that you’re late with the payments. Saya minta maaf untuk menyampaikan bahwa Anda terlambat dalam pembayaran.
I hope you won’t mind me saying that the place you’d recommended to us wasn’t as nice as we’d expected. Saya harap Anda tidak akan keberatan saya menyampaikan bahwa tempat Anda telah direkomendasikan kepada kami tidak sebaik menyerupai yang kami harapkan.
6. APOLOGIZING
Formal
We would like to apologize for any inconvenience caused. Kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan.
Please accept our apologies for the delay. Kami mohon maaf atas keterlambatan.
Please let us know what we can do to compensate you for the damages caused. Beritahukan kami apa yang sanggup kita lakukan untuk mengkompensasi Anda atas kerusakan yang kami akibatkan.
We will make sure that this will not happen again in the future. Kami akan memastikan bahwa ini tidak akan terjadi lagi di masa depan.
I am afraid I will not be able to attend the conference. Aku takut saya tidak akan sanggup menghadiri konferensi.
Informal
I’m sorry for the trouble I caused. Saya minta maaf untuk dilema saya sebabkan.
I apologize for the delay. Saya minta maaf atas keterlambatan ini.
I promise it won’t happen again Aku berjanji tidak akan terjadi lagi
I’m sorry, but I can’t make it to the meeting. Maaf, tapi saya tidak sanggup menghadiri pertemuan ini.

7. ATTACHING FILES

Formal
I am attaching my resume for your consideration. Saya melampirkan CV saya untuk pertimbangan Anda.
I am sending you the brochure as an attachment. Saya mengirimkan kau brosur sebagai lampiran.
Please see the statement attached. Silakan lihat pernyataan terlampir.
Please find attached the file you requested. File yang Anda minta terlampir.
I am afraid I cannot open the file you have sent me. Aku takut saya tidak sanggup membuka file yang telah mengutus Aku.
Could you send it again in … format? Bisakah Anda kirimkan lagi dalam bentuk ... Format?
Informal
I’m attaching/sending you the holiday photos. Saya melampirkan / mengirimkan foto-foto liburan.
Sorry, but I can’t open it. Can you send it again in … format? Maaf, tapi saya tidak sanggup membukanya. Tolong kirimkan lagi dalam bentuk  ... Format?

8. ENDING

Formal
I look forward to hearing from you. Saya menantikan jawaban anda.
I look forward to hearing when you are planning to visit our town. Saya menunggu dikala Anda berencana untuk mengunjungi kota kami.
Informal
Hope to hear from you soon. Berharap untuk mendengar dari Anda segera.
I’m looking forward to seeing you. Aku tak sabar untuk bertemu Anda.

9. CLOSING FORMULA

Formal
Yours faithfully, (when you start with Dear Sir/ Madam,) Hormat saya, (ketika Anda mulai dengan Dear Sir / Madam,)
Yours sincerely, (when you start with the name e.g. Dear Ms Collins) Hormat saya, (ketika Anda mulai dengan nama contohnya Dear Ms Collins)
Sincerely Yours, (AmE) Hormat,
Sincerely, (AmE) Hormat kami,
Yours Truly, (AmE) Yours Truly,
Informal
Love, Cinta,
Thanks, Terima kasih,
Take care, Hati hati,
Yours, Milikmu,
Best regards, (semi-formal, also BR) Salam, (semi-formal, juga sering ditulis BR)
Satu hal lagi yang perlu diingat ialah bahwa dalam korespondensi resmi kependekan jarang digunakan, jadi ingatlah untuk menulis ’I do not’ bukan ’I don’t’’they cannot’ bukan ’they can’t’ dan sebagainya.

Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris Bentuk Formal  Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris Bentuk Formal / Informal Beserta Contohnya
Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris

Lihat pola emailnya di sini!
5 Tips menulis email dalam Bahasa Inggris dengan baik
Nah demikianlah sobat englishiana.com tahapan cara menulis email dalam bahasa inggris bentuk formal maupun informal. Ternyata sehabis kita pelajari, membuat email dalam bahasa Inggris tidak lagi menjadi hal yang sangat sulit meski kita tidak mahir berbahasa Inggris sekalimpun. Semoga contoh email bahasa Inggris dan tata cara menulis email bahasa Inggris baik dalam bentuk resmi ataupun tidak resmi di atas sanggup banyak membantu sobat englishiana.com dimanapun berada. Untuk melihat pola teks functional lainnya, silahkan klik di sini.