Friday, November 22, 2019

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Wacana Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips MenulisEssay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia – Apakabar sobat Englishiana semua, semoga anda selalu sehat dan bahagia. Apakah ada di antara kalian yang sedang mendapat kiprah menulis? Apakah anda galau mencari ilham dan belum memahami secara mendalam perihal bagaimana cara membuat goresan pena yang representatif dan menarik? Nah, pada posting kali ini englishiana.com akan mengulas perihal tips dan trik menulis essay yang menarik. Pada kesempatan ini juga akan dibahas perihal cara memulai dan menyusun kerangka essay dengan gampang sehingga ahirnya sobat Englishiana semua sanggup dengan gampang membuat contoh essay yang menarik. Namun, sebelum membahas lebih jauh perihal tips menulis essay bahasa Inggris sebaiknya kita pahami dulu apakah yang dimaksud dengan essay pada bahasan berikut ini.

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips MenulisEssay Bahasa Inggris  Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia
Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

Pengertian Essay dan Jenis-Jenisnya

Sebuah essay ialah tulisan pendek non-fiksi perihal sebuah topik tertentu. Tulisan jenis ini merupakan kiprah umum di sekolah dan universitas, sehingga Anda mungkin saja sudah pernah menulis goresan pena jenis ini. Essay memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda menyerupai essay teks berbentuk narative yang umumnya membicarakan perihal sebuh cerita, essay teks berbentuk persuasif yang biasanya berbentuk paragraph argumentative, dan essay eksplorasi yang mencoba mengeksplorasi sebuah ide. Apapun jenis essay yang akan Anda tulis, prinsip-prinsip di bawah ini akan membantu menhubungkan ilham yang Anda akan tuliskan ke pada pembaca Anda dengan baik.

Tips-Tips Menulis Essay Bahasa Inggris yang Menarik

1. Ketahui dengan pasti tujuan tulisan Anda
Jika Anda menulis essay untuk sebuah tugas, maka Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa  Anda memahami apa yang diminta untuk ditulis pada essay Anda. Jika Anda menulis untuk alasan lain, penting sekali untuk Anda pahami tujuan Anda menulis essay tersebut. Apakah Anda ingin menyebarkan info atau pengalaman atau mencoba mempengaruhi pembaca untuk mengubah pikiran mereka, tujuan Anda menulis akan sangat memilih berbagai pilihan yang akan Anda buat dalam essay Anda.

2. Pahami audien Anda
Semakin banyak Anda tahu perihal siapa yang akan membaca essay Anda, maka akan semakin baik. Pembaca yang andal perihal topik Anda sudah akan mempunyai beberapa latar belakang pengetahuan. Pembaca yang seusia Anda akan bersahabat dengan film-film yang sama dan lagu-lagu yang mungkin Anda akan sebutkan. Semakin sedikit Anda tahu perihal audiens Anda, semakin Anda akan perlu mendefinisikan istilah Anda dan menawarkan konteks untuk contoh-contoh Anda.

3 Brainstorm perihal topik Anda
Catat semua yang Anda dapat pikirkan perihal segala hal yang berkaitan dengan subjek yang akan Anda tulis. Beberapa orang membuat daftar kata atau topik, sementara yang lain menggambar diagram atau peta kerangka penulisan. Intinya ialah untuk segera mengumpulkan banyak ilham untuk memulai. Jika Anda tidak punya ide, maka bukalah koran, tontonlah televisi, atau amati apa yang terjadi di sekitar anda. Dengan melaksanakan beberapa hal tersebut Anda akan mendapat masukan yang banyak tentang sesuatu yang akan anda jadikan topik.

4 Tentukan tesis (rumusan masalah)
Tesis Anda ialah rumusan masalah yang akan Anda bahas dan merupakan topik dari goresan pena anda. Merujuklah pada catatan Anda dikala brainstorming untuk mencari tahu apa yang ingin Anda katakan. Rubahlah ide yang telah ada tersebut menjadi kalimat lengkap yang berbentuk rumusan masalah dan sertakan penjelasan atau alasan-alasan yang mendukung rumusan problem yang telah anda buat. Bersiaplah untuk mengubah sedikit tesis Anda saat pembahasan Anda sedikit keluar dari ilham awal Anda.

5. Kembangkan essay Anda
Setelah Anda mempunyai tesis, Anda kemudian harus memaparkan bukti-bukti untuk mendukung klaim tesis Anda. Mulailah dengan membuat daftar alasan Anda supaya pembaca mempercayai apa yang Anda nyatakan dalam tesis. Lakukan penelitian perihal apa saja yang Anda butuhkan; data statistik dan pendapat-pendapat pendukung akan membantu Anda memperkuat argumen-argumen Anda. Pengalaman-pengalaman eksklusif yang berafiliasi dengan thesis juga baik untuk ditambahkan, tambahkan pula rujukan unik yang orang lain tidak berikan.

6 Buatlah sebuah struktur essay
Susunlah essay Anda sesuai dengan tujuan Anda. Jika Anda sedang menulis sebuah narrative essay, Anda harus menyusun bahan Anda dalam urutan yang kronologis (sesuai urutan waktu). Sebagai sebuah variasi, pertimbangkan untuk memakai kilas balik untuk membuat ketegangan. Untuk sebuah argumentative essay, Anda harus membuat daftar alasan-alasan pendukung Anda untuk kepentingan tersebut. Setiap esai mempunyai awal, tengah, dan akhir, tapi tidak setiap essay memerlukan paragraf introduction yang formal atau kesimpulan.

7 Hubungkan ide-ide Anda
Pembaca memerlukan semacam peta penunjuk jalan untuk melalui esai Anda. Gunakan transisi yang baik untuk membantu mereka bergerak dari satu ilham ke ilham berikutnya secara mulus. Transisi sering berupa kata-kata  penghubung menyerupai ‘then’, ‘but’, atau ‘therefore’. Juga, pertimbangkan judul / sub judul dan pengulangan kata-kata / frasa-frasa tertentu,yang merupakan perangkat untuk membuat transisi yang baik dalam sebuah essay.

8 Pilih bahasa yang mengesankan
Gunakanlah kata-kata yang jelas, juga kata-kata khusus. Misalnya anda sedang menulis essay dengan memakai kata “burung” , maka pembaca Anda tidak akan tahu apakah itu besar, kecil, ramah, atau bahkan sanggup terbang. Tulislah dengan lebih spesifik, semisal “elang ekor merah” maka pembaca Anda akan mempunyai citra yang jelas. Kata-kata yang faktual membantu pembaca lebih memahami apa yang Anda ingin komunikasikan.

9 Ciptakan judul yang kuat
Orang-orang mempunyai masing-masing aktivitas yang sangat menyibukkan dan tidak ada yang harus membaca essay Anda. Ciptakanlah judul yang membuat mereka ingin membacanya. Anda sanggup mendapat perhatian pembaca dengan pertanyaan yang menarik atau frase yang cerdas, tapi pastikan judul dengan terang memberikan topik essay Anda. Judul Anda juga harus juga gampang / banyak dicari, alasannya ialah kini begitu banyak publikasi muncul secara online.

10. Edit dan koreksi essay Anda
Periksa kesalahan tulisan Anda secara teliti. Pertama, bacalah essay Anda dengan bunyi keras. Jika ada suatu kalimat yang terdengar sumbang, revisilah hingga Anda suka ketika mendengarnya. Kedua, pastikan tata bahasa Anda, tanda baca, dan ejaan semua benar. Ketika Anda berpikir essay Anda telah sempurna, mintalah saran teman untuk memeriksanya lagi.

Nah demikianlah yang sanggup kami share pada kesempatan kali ini, semoga sesudah membaca posting perihal tips dan trik membuat essay ini sobat Englishiana sanggup memulai dan menyusun kerangka essay dengan gampang sehingga sebuah contoh essay yang menarik akan segera sanggup Anda buat. Untuk melihat rujukan pembahasan perihal text yang lain, silahkan klik link-link berikut.
  1. Pengertian dan rujukan descriptive text dalam bahasa inggris dan terjemahannya
  2. RecountText (Full Materi & Kumpulan Contoh Terbaru 2016)
  3. Contoh Explanation Text Full Materi (Purpose, Generic Structures, Contoh,dan Artinya)
  4. Report Text about Dolphin
  5. Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English
  6. NARRATIVE TEXT (MATERI & 10 CONTOH TERBARU BESERTA ARTINYA 2016)