Monday, November 25, 2019

Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Beserta Pola Dan Artinya

Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya – Salam semangat teman Englishiana di manapun berada. Pada posting kali ini englishiana.com ingin mengulas perihal bagaimana caranya menciptakan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang representative sehingga mempermudah semua job seekers untuk menerima pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja (application letter) sangat penting peranannya untuk menyampaikan isu yang akurat perihal citra diri kita secara lengkap sehingga bisa menarik sebuah perusahaan atau organisasi untuk merekrut kita menjadi salah satu kariyawannya.

Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya
Surat lamaran ialah surat resmi satu halaman yang disertai dengan resume/CV dan dokumen lain yang diminta untuk pekerjaan atau jadwal akademik tertentu. Surat lamaran (application letter) seringkali disebut dengan (cover letter). Agar mendapatkan citra yang lebih terang perihal bagaimana cara menciptakan surat lamaran (application letter) yang baik, mari kita perhatikan klarifikasi berikut.

I. Menulis Surat Lamaran Kerja (Application Letter)

Perusahaan mungkin mendapatkan ratusan surat lamaran pekerjaan dari para pelamar, sehingga hal ini penting untuk memastikan bahwa surat atau email yang anda kirim bersama cv yang anda lampirkan menyampaikan kesan yang baik. Ini ialah kesempatan anda untuk menyampaikan mengapa anda menginginkan pekerjaan itu dan untuk memperkenalkan diri anda sebagai pelamar yang bisa menyampaikan kesan terbaik sebagai pegawai yang mempunyai prospek ke depan untuk perusahaan yang dilamar.
1. Persiapan:
A. Sebelum anda memulai:
  1. Baca iklan yang memperlihatkan pekerjaan tersebut dengan baik sehingga anda sanggup mengirimkan lamaran anda menurut persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Melakukan pengamatan terhadap susunan orgaisasi perusahaan tersebut: hal ini akan memperlihatkan ke pada calon perusahaan bahwa anda benar-benar tertarik pada perusahaan tersebut.
B. Membuat surat lamaran

Poin-poin umum yang perlu diperhatikan ketika menciptakan surat lamaran adalah:
  1. Buat secara singkat. Anda tidak perlu untuk menyampaikan banyak perincian. Apa yang anda tuju ialah klarifikasi terang dan singkat atas kesiapan anda untuk pekerjaan tersebut.
  2. Mulailah surat atau email anda ‘yang terhormat Bp/Ibu ...’ (‘Dear Mr/Mrs/Ms xxxx’) jikalau anda mengetahui nama orangnya, atau ‘ Yth Bp/Ibu’ (‘Dear Sir or Madam’) jikalau anda tidak mengetahui nama nya.
  3. Hindari bahasa yang tidak pantas menyerupai bahasa gaul atau logat khusus di wilayah anda
  4. Gunakan kalimat informatif yang terang dan paragraf yang pendek.
  5. Periksa ejaan anda,  tatabahasa, dan tanda baca dengan hati-hati. Beberapa perusahaan membuang secara rutin surat lamaran yang berisi kesalahan-kesalahan menyerupai itu.
2. Susunan
Susuan yang umumnya ada pada surat lamaran pekerjaan adalah:
  1. Posisi yang dilamar. Beri judul dari pekerjaan sebagai kepala, atau masukkan ke dalam kalimat pertama dari surat anda, gunakan arahan referensi jikalau ada. Hal ini akan memastikan bahwa lamaran anda bisa pribadi berada pada orang yang benar dalam organisasi tersebut. Anda seharusnya juga menyebutkan dimana anda melihat iklan pekerjaan atau dimana anda mendengar perihal lowongan pekerjaan tersebut. Jika anda mendengarnya dari seseorang yang sudah bekerja untuk perusahaan, sebutkan nama dan posisinya dalam perusahaan tersebut
  2. Pekerjaanmu yang sekarang: jikalau kau sedang bekerja, berikan garis besar pekerjaanmu yang kini dengan jelas. Ambil garis besar pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan dalam iklan dan fokuskan pada beberapa keahlian anda atau tanggungjawab yang sesuai dengan yang diminta. Seperti contoh, jikalau iklan menyatakan bahwa keahlian administrasi ialah penting, kemudian nyatakan dengan terang pengalaman administrasi apa yang anda miliki. Jika anda masih belajar, fokus pada aspek yang sesuai dengan yang anda pelajari kini atau modul kursus anda.
  3. Alasan-alasan anda mengapa anda menginginkan pekerjaan itu: paparkan dengan jelas dan optimis perihal mengapa anda meninginkan pekerjaan tersebut. Anda mungkin menyampaikan bahwa anda siap untuk tantangan yang lebih besar, tanggung jawab lebih, atau percepatan perubahan karier yang progressive, misalnya. Uraikan kualitas dan keterampilan yang anda percayai sanggup anda bawa ke pekerjaan atau organisasi tersebut.
  4. Paragraf penutup: di paragraf terakhir ini anda bisa menyampaikan kapan anda akan bersedia untuk mulai bekerja, atau menyarankan bahwa perusahaan menyimpan CV anda / lamaran kerja anda pada file mereka jikalau mereka tetapkan bahwa anda tidak cocok untuk pekerjaan yang anda lamar dikala ini dengan maksud untuk sanggup dipertimbangkan pada lowongan kerja berikutnya.
  5. Tanda tangan: jikalau anda mengirim surat lamaran bukan email, selalu ingat untuk menandatanganinya dan menuliskan nama anda di bawah tanda tangan tersebut. 

II. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Info Lowongan Kerja


Berikut saya sajikan dua referensi surat lamaran pekerjaan yang orisinil ditulis oleh native speaker sehingga anda sanggup menulis lamaran kerja dalam bahasa Inggris dengan baik. Contoh surat lamaran docx. berikut dituliskan menurut isu yang didapat dari isu lowongan pekerjaan.  

III. Lamaran Kerja Spekulatif (Tidak Berdasarkan Iklan Lowongan Kerja)

Jika anda ingin bekerja untuk sebuah perusahaan atau organisasi tertentu tetapi anda belum melihat sebuah iklan untuk lowongan yang cocok, anda bisa mengajukan surat lamaran kerja spekulatif. Surat ini biasanya juga dilengkapi dengan CV anda / resume, diadaptasi dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Tetap usahakan manulis surat lamaran yang pendek, jelas, dan optimistis: ceritakan mengapa anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahan tersebut disertai dengan keterampilan, kualifikasi, dan kualitas pribadi apa yang anda tawarkan.

Jika memungkinkan, tujukan surat lamaran anda kepada orang yang bertugas merekrut staf gres pada kawasan tersebut. Anda bisa menemukan isu ini dengan menelepon pribadi atau berkonsultasi dengan mengakses situsnya. Jika Anda melamar melalui surat, bukan email, anda bisa menyertakan perangko pada amplop yang dialamatkan ke pada perusahaan tersebut untuk meningkatkan peluang anda untuk menerima respon.

IV. Contoh Aplikasi Pekerjaan Spekulatif

Berikut ini ialah referensi dari suratlamaran kerja spekulatif docx

Nah demikianlah klarifikasi perihal cara menciptakan surat lamaran pekerjaan (application letter) dalam  bahasa inggris. Semoga sesudah membaca pembahasan ini, pembaca semua, utamanya para job seekers, bisa menciptakan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris (application letter) yang berkualitas dan meyakinkan sehingga mempermudah jalan pembaca semua menerima pekerjaan yang diinginkan. Untuk melihat materi bahasa Inggris yang lain, silahkan klik disini.