Saturday, November 23, 2019

Definisi Lengkap Dan Pola Hortatory Exposition Text In English

Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English – Salam semangat teman Englishiana di manapun berada, pada kesempatan ini saya akan mengupas tuntas wacana sebuah text yang umumnya dipelajari siswa sekolah menengah atas. Ya, posting kali ini akan mendiskusikan wacana pola hortatory exposition yang sering kali membingungkan siswa. Pada prinsipnya hortatory exposition text yaitu text persuasi yang dituliskan untuk mempengaruhi pembaca. Umumnya hortatory text membahas wacana suatu pendapat yang coba dipublikasikan berkaitan dengan isu-isu yang diangkat dari fenomena social yang terjadi. Nah, biar lebih sanggup memahami wacana hortatory exposition text ini, mari kita perhatikan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English
Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English

Definition of Hortatory Exposition

Hortatory exposition is a type of spoken or written text which is intended to persuade the listeners or readers that something should or should be done. Hortatory exposition yaitu jenis text ekspresi atau tertulis yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pendengar atau pembaca bahwa sesuatu itu harus atau tak harus dilakukan. Hortatory exposition biasanya ditemukan dalam buku-buku ilmiah, jurnal, majalah, artikel koran, pidato akademik, atau laporan penelitian dll. Hortatory exposition sangat terkenal bagi para ilmuwan, masyarakat akademik, dan orang-orang berpendidikan. Untuk memperjelas pendapat yang dinyatakan pada thesis statement, biasanya pembicara atau penulis memaparkan beberapa argumen sebagai alasan pendukung.

Social Function of Hortatory Exposition

To persuade the readers or listeners that something should or should not be the case or be done. Untuk membujuk / mempengaruhi para pembaca bahwa sesuatu itu harus atau tidak harus terjadi atau dilakukan.

Generic Structures of Hortatory Exposition

  1. Thesis : Statement or announcement of issue concern. Bagian ini berisi pernyataan issue atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
  2. Arguments : Reasons for concern that will lead to recommendation. Bagian ini berisi argument-argumen pendukung dari issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis.
  3. Recommendation : Statement of what should or should be done based on the given arguments. Bagian ini berisi saran atau rekomendasi penulis terhadap issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis.

Language features:

  1. Menggunakan Simple Present Tense
  2. Menggunakan action verbs
  3. Menggunakan thinking verbs

Contoh Hortatory Exposition

Watching TV

Thesis (pernyataan issue atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.):
Is it important to know what your kids are watching on TV? Of course it is. Television can expose your children to harmful things such as violence, drug abuse, crime etc.

Argument 1 (argumen pendukung dari issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis):
A study found that watching too much TV during the day or at bedtime often causes sleep onset delay, anxiety around sleep, followed by shortened sleep duration.

Argument 2 (argumen pendukung dari issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis):
Another study concluded a significant link between the amount of time spent watching television during adolescence and early adulthood, and the aggressive acts against others.

Argument 3 (argumen pendukung dari issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis):
Meanwhile, many studies have found a strong association between kids watching a lot of TV, and being inactive and overweight.

Recommendation (saran atau rekomendasi penulis terhadap issue atau permasalahan yang yang telah dinyatakan dalam thesis):
Considering some facts above, we should protect our children by doing the following tips:
Do not allow our children to have a TV set in their bedrooms.
Accompany our children when they are watching TV.
Watch television with our children and discuss what is happening during the show.

Internet for students

Nowadays, in modern era, I think internet is very important for students.As we all know internet has many function for supporting our life. They are, first, it gives us various information, news, knowledge etc. Students can search anything or something from internet. Take for example, they search about education, entertainment, knowledge etc that is in the world.

Second, they can add their friends in all countries in the world by internet. Chatting, e-mail, facebook, twitter, interpals are some examples of internet facility to have many friends. Besides, they can share, communicate, discuss and so on.

From my arguments above, as student, we should use internet facility well to get knowledge, friends, information etc.

Nah semoga apa yang kami sajikan hari ini bermanfaat dan meningkatkan pemahaman kita wacana hortatory exposition beserta pola dan pembahasannya. Untuk melihat pola text lain dalam bahasa Inggris silahkan klik di sini atau cari di kolom search.