Monday, May 28, 2012

Pengertian, Fungsi, Dan Referensi Kalimat Modal Auxiliary Verbs

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs – Istilah modal auxiliary verb atau sering juga disebut dengan istilah secondary auxiliary verb merupakan salah satu type verb (kata kerja) yang sangat sering dipakai dalam komunikasi bahasa inggris. Kata kerja yang termasuk dalam jenis ini ada banyak, anda pun saya yakin juga sudah pernah mendengar atau menggunakannya alasannya kata kerja ini sudah umum sekali, hanya saja mungkin anda tidak mengetahuinya bahwa apa yang anda gunakan tersebut sebetulnya merupakan kata kerja yang disebut dengan modal auxiliary verb. Tak persoalan kalau anda belum mengetahuinya, sesudah anda menyimak pembahasan ini hingga jawaban anda nantinya juga akan mengetahuinya kok.

Oh iya, sebelumnya saya juga sudah membahas bahan yang serupa dengan bahan ini, yaitu perihal primary auxiliary verbs. Jika anda belum membacanya, silahkan baca juga untuk melengkapi pemahaman anda.

Baca: Materi primary auxiliary verbs.

Dalam bahan kali ini, kita akan fokus membahas mengenai pengertian, fungsi, dan pola kalimat modal auxiliary verbs. Berikut pembahasannya:

Pengertian Modal Auxiliary Verbs
Pada dasarnya yang dimaksud dengan modal auxiliary verb yaitu kata kerja bantu yang mempunyai arti sendiri dan akan melengkapi makna dari kata kerja utama (ordinary verb), sehingga kata kerja jenis ini akan membantu dalam memperkuat klarifikasi yang terkandung di dalam kata kerja utama. Untuk membantu dalam klarifikasi tersebut, modal auxiliary verb selalu diletakkan sebelum kata kerja utamanya, walaupun tidak selalu sempurna dibelakang kata kerja utama namun letaknya selalu dibelakang (sebelumnya).

Baca juga: Materi dasar kata kerja.

Kata kerja yang termasuk dalam modal auxiliary verbs ini jumlahnya banyak dengan aneka macam fungsi yang berbeda-beda, diantaranya yaitu will, shall, would, should, ought to, can, could, must, may, might, dan had better. Kata kerja tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, ada yang berfungsi untuk menjelaskan kemampuan, kemauan, kebutuhan, undangan izin atau pun kemungkinan, dibawah ini klarifikasi lengkapnya.
 dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs
Fungsi Modal Auxiliary Verbs
Fungsi Contoh
Can
Can sanggup dipakai untuk membantu dalam menyatakan sebuah kemampuan.I can give you some money. (Saya bisa/dapat memberimu sejumlah uang.)
Can juga sanggup dipakai untuk membantu dalam menyatakan sebuah undangan izin atau permohonan.Can I kiss you? (Bolehkah saya menciummu?)
Can you give me some money? (Bisakah kau memberiku sejumlah uang?)
Could
Could intinya mempunyai fungsi menyerupai halnya can, tapi could dipakai untuk membantu menyatakan kemampuan dimasa lalu.You could do it if you tried. (Kamu bisa melakukannya kalau kau mencobanya)
Could sanggup juga dipakai untuk meminta izin atau permohonan untuk masa kemudian dan masa depan.Could I use your phone? (Bolehkah saya memakai HP kamu?)
May
Modal auxiliary verb yang satu ini sanggup dipakai untuk menyatakan seuatu kemungkinan, baik dimasa kini maupun di masa yang akan datang.It may rain this afternoon (Mungkin hujan sore/siang ini.)
The rope may break. (Talinya mungkin putus.)
May ini juga bisa dipakai untuk meminta izin menyerupai halnya can, tapi penggunaan could akan terlihat lebih sopan daripada can.May I take a swim? (Bolehkah saya berenang)
May I use your phone? (Bolehkah saya memakai HP kamu?)
Might
Might juga sanggup dipakai untuk menyatakan suatu kemungkinan dimasa kini maupun di masa mendatang. Bedanya dengan may, might dipakai dikala sebuah kemungkinan tersebut sulit untuk terjadi/kemungkinan untuk terjadi kecil/suatu hal yang sangat tidak pasti. – untuk memilih kemungkinan yang gampang terjadi dan kemungkinan yang sulit terjadi, itu tergantung dengan persepsi anda masing-masing.They might have arrived now. (Mereka mungkin telah tiba sekarang.)
I might see you tomorrow. (Saya mungkin menjengukmu besok.)
Might sanggup dipakai untuk mengganti penggunaan could alasannya might terlihat lebih sopan.Might I ask you a question? (Boleh saya bertanya?)
Might I just interrupt for a moment? (Boleh saya menggangu sebentar?)
Will
Will sanggup anda gunakan untuk menyatakan sebuah kemauan, permintaan, sesuatu yang akan datang, atau pun suatu prediksi.I will help you. (Saya akan menolongmu)
I will buy that book. (Saya akan membeli buku itu.)
You will regret it when you are older (Kau akan menyesalinya dikala kau tua.)
Will you stop here, please! (Akankah/maukah kau berhenti disini, tolong!
Would
Penggunaan would sama dengan penggunaan will, hanya saja would terlihat lebih sopan. Selain itu, would juga sanggup dipakai untuk menyatakan sebuah kemungkinan serta tindakan yang ingin dilakukan dimasa yang lalu.I said I would help you. (Saya bilang saya akan membantu anda.)
He told me he would be here before 8:00. (Dia bilang padalu beliau akan berada disini sebelum jam 8.)
If I were president, I would cut the cost of education. (Jika saya presiden, saya akan memotong biaya pendidikan.)
Shall
Penggunaan shall sama persis dengan will, namun shall hanya bisa dipakai untuk subjek I dan We saja, subjek lainnya menyerupai he, she, they, you, it dan lain-lain tidak bisa menggunakannya.I shall be there by 8:00. (Saya akan disana jam 8.)
I shall never forget you. (Saya tidak akan pernah melupakanmu.)
Shall we move into the living room? (Haruskah kita pindah ke ruang tamu?)
Should
Should dipakai untuk menunjukkan rekomendasi, nasehat dan saran.People with high cholesterol should eat low-fat foods. (Orang dengan kolesterol tinggi harus makan masakan rendah lemak.)
You should return the video before the video rental store closes (Kau harus mengembalikan videonya sebelum tokonya tutup.)
Must
Must biasa dipakai untuk menyatakan sebuah kewajiban, larangan, atau pun suatu kebutuhan.Budi, you must not play in the street! (Budi, kau dilarang bermain dijalanan!)
Students must pass an entrance examination to study at this school. (Para siswa harus lulus ujian masuk untuk mencar ilmu di sekolah ini.)
Ought to
Ought to sanggup anda gunakan untuk menyatakan kemungkinan atau asumsi, memberi saran dan nasehat.This stock ought to increase in value. (Saham ini mungkin akan meningkat nilainya.)
She ought to have received the package yesterday. (Dia seharusnya sudah mendapatkan paketnya kemarin.)
Had better
Had better seringkali dipakai untuk menunjukkan nasehat yang penting, artinya kalau sebuah nasehat diacuhkan maka sesuatu hal akan menjadi gawat. – untuk memilih mana yang gawat dan mana yang tidak gawat, itu tergantung dengan evaluasi anda masing-masing.You had better watch the way you talk to me in the future! (Anda sebaiknya melihat cara Anda berbicara dengan saya di masa depan!)
They had better not be late. (Mereka sebainya tidak terlambat.)
Advertisement




Lebih Banyak Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs
Setelah anda paham dengan pengertian dan fungsi modal auxiliary verbs, untuk memperdalam pemahaman anda maka ada baiknya perhatikan beberapa pola kalimat modal auxiliary verbs dibawah ini:
Contoh kalimat modal auxiliary verbArti
I can ride a horse.Saya bisa naik/mengendarai kuda.
I can speak Chinese.Saya bisa berbicara bahasa cina.
Could I use your computer to email my boss?Bolehkah saya memakai komputermu untuk mengirimkan email ke bos saya?
If I had more time, I could travel around the world.Jika saya mempunyai lebih banyak waktu, saya bisa berkeliling dunia.
Jack may get upset if you don't tell him the truth.Jack mungkin murka kalau Anda tidak menyampaikan yang sebenarnya.
Your purse might be in the living room.Dompet kau mungkin berada di ruang tamu.
He thinks it will rain tomorrow.Dia piker akan hujan besok.
When I was a kid, I would always go to the beach.Ketika saya masih kecil, saya akan selalu pergi ke pantai.
We shall overcome oppression.Kami akan mengatasi penindasan
You really should start eating better.Kamu benar-benar harus mulai makan dengan baik.
Sarah shouldn't smoke so much. It's not good for her health.Sarah dilarang merokok begitu banyak. Ini tidak baik untuk kesehatannya.
You must not swim in that river. It's full of crocodiles.Anda dilarang berenang di sungai itu, sungai itu penuh buaya.
Tria ought to exercise more.Tria harusnya berolahraga lebih banyak.
You ought to stop smoking.Kamu harus berhenti merokok.
They had better be here before we start dinner.Mereka sebaiknya berada disini sebelum kita mulai makan malam.

Selanjutnya, baca juga: Materi ordinary verbs.
----
Nah, itulah sedikit klarifikasi perihal pengertian, fungsi, dan pola kalimat modal auxiliary verbs yang sanggup saya berikan. Semoga klarifikasi diatas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.