Saturday, May 26, 2012

Perbedaan Penggunaan Kata Can Dan Could

Perbedaan Penggunaan Kata Can dan Could – Kedua kata kerja ini merupakan bab dari kata kerja yang disebut dengan istilah modal auxiliary verbs. Modal auxiliary verbs ialah kata kerja bantu yang mempunyai arti sendiri dan dipakai untuk membantu dalam pembentukan abjad tenses. Selain can dan could, masih ada banyak lagi kata kerja yang termasuk dalam modal auxiliary verbs, ibarat will, shall, would, should, must, may, dan lain sebagainya. Sebenarnya saya sudah sedikit menyinggung persoalan perbedaan penggunaan can dan could ini pada bahan sebelumnya, tapi alasannya ialah kurang lengkap maka saya memutuskan untuk memperlihatkan klarifikasi ihwal can dan could ini lebih terang lagi.

Oh iya, bagi yang belum mempelajari bahan modal auxiliary verb, silahkan pelajari juga bahan tersebut.

Baca: Materi modal auxiliary verbs.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu bab dari modal auxiliary verbs, yaitu kata kerja bantu can dan could. Nah, berikut ini penjelasannya:

 Kedua kata kerja ini merupakan bab dari kata kerja yang disebut dengan istilah modal a Perbedaan Penggunaan Kata Can dan Could

Penggunaan Kata Kerja Can
Pada dasarnya can sanggup dipakai untuk membantu dalam menyatakan sebuah kemampuan, selain itu can juga sanggup dipakai untuk membantu dalam menyatakan sebuah ajakan izin atau permohonan.

Contoh dalam menyatakan kemampuan:
  • Budi can speak Arabic well. (Budi bisa berbicara bahasa arab dengan baik.)
  • I can do this job. (Saya bisa melaksanakan pekerjaan ini.)
  • I can play football. (Saya bisa bermain sepakbola.)
  • Budi can’t speak Arabic. (Budi tidak bisa bicara bahasa arab.)
  • I can’t do this job. (Saya tidak bisa melaksanakan pekerjaan ini.)
  • I cannot play football. (Saya tidak bisa bermain sepakbola.)
* Penggunaan cannot dan can’t sama saja, can’t merupakan akronim dari cannot (can + not).
Advertisement




Contoh dalam menyatakan ajakan izin atau permohonan:
  • Can you help me? (Bisakah kau membantu ku?)
  • Can I carry your bag? (Dapatkah saya membawakan tas mu?)
  • Can I stay here for another hour? (Dapatkah saya tetap/tinggal disini untuk set jam?)
  • Can I ask you something? (Boleh saya bertanya padamu sesuatu?)
Baca juga: Penggunaan cannot, can not, dan can't.

Penggunaan Kata Kerja Could
Could intinya mempunyai fungsi ibarat halnya can, tapi could dipakai untuk membantu menyatakan kemampuan dimasa lalu. Could sanggup juga dipakai untuk meminta izin atau permohonan untuk masa kemudian dan masa depan. Selain itu, dalam hal meminta izin atau permohonan, could juga sanggup dipakai untuk menggantikan can, alasannya ialah penggunaan could dianggap lebih sopan (memiliki nilai sopan santun yang lebih tinggi) dari pada memakai can.

Contoh dalam menyatakan kemampuan:
  • I could ride a bike, but I couldn’t swim when I was seven years old. (Aku bisa naik sepeda, tapi saya tidak bisa berenang dikala saya berusia tujuh tahun.)
  • We could get there in time if you were driving a bit faster. (Kita bisa hingga di sana sempurna waktu kalau kau berkendara sedikit lebih cepat.)
  • We were so near the sea that I could hear the seagulls. (Kami begitu bersahabat maritim sehingga saya bisa mendengar burung-burung camar.)
  • When she was younger, she could work for ten hours without stopping. (Ketika ia masih muda, ia bisa bekerja selama sepuluh jam tanpa henti.)
  • She couldn’t understand what the foreigner was saying. (Dia tidak bisa mengerti apa yang orang aneh itu mengatakan.)
* Walaupun could dipakai untuk menyatakan kemampuan dimasa lalu, namun kata kerja utama (ordinary verbs) yang mengikutinya tidak memakai verb2 (past), tetapi harus memakai verb1 (bare infinitive). Perhatikan pola diatas, sesudah kata could niscaya diikuti verb1 (bare infinitive) dan bukan diikuti oleh verb2, hal ini alasannya ialah setiap kata kerja modal auxiliary verbs hanya bisa di ikuti oleh verb 1 saja.

Contoh dalam menyatakan ajakan izin atau permohonan:
  • Could I ask you something? (Bolehkah saya menanyakan sesuatu padamu?)
  • Could you please do me a favour? (Bisa kau tolong membantu saya?)
  • Could I have some more salad with the meat?
----
Oke, itulah ulasan ihwal perbedaan penggunaan kata can dan could yang sanggup saya berikan kepada anda. Semoga pembahasan mengenai perbedaan penggunaan kata can dan could di atas sanggup menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.