Friday, May 25, 2012

Perbedaan Penggunaan Specially Dan Especially

Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially – Masih resah ya duduk perkara penggunaan specially dan especially? Tidak apa-apa dan tak perlu malu, namanya saja lagi belajar. Saya dulu saat pertama kali berguru bahasa inggris juga sempet resah kok dengan kedua kata tersebut. Tapi sekarang saya sudah paham mengenai penggunaan kata-kata tersebut, dan kali ini saya ingin membuatkan pengetahuan dengan anda semuanya. Yang perlu anda pahami, pertama, baik especially maupun specially yaitu sama-sama adverb (kata keteranga) yang mempunyai arti terutama/khusus. Walaupun secara umum mempunyai arti yang sama, namun tentu saja kedua kata tersebut mempunyai penggunaan yang berbeda, artinya kaidah dan hukum penggunaannya juga berbeda.

Umumnya kata especially lebih sering digunakan, alasannya yaitu kondisi dan situasi yang membuatnya sempurna untuk digunakan. Walaupun begitu, kata specially pun cukup sering dipakai pada kondisi-kondisi tertentu. Nah kondisi-kondisi menyerupai apakah yang sempurna untuk memakai especially dan specially, simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially

Penggunaan Especially
Pada dasarnya kata especially sering dipakai untuk memperlihatkan suatu penekanan, yang cenderung bermakna “khususnya” atau bermakna suatu hal “di atas atau lebih penting dari yang lainnya”, dan biasanya pementingan ini ditandai dengan digunakannya koma dalam kalimat.

Agar anda lebih paham, saya berikan pola dalam bahasa Indonesia, misalkan kalimat menyerupai ini “mereka terlihat sangat bagus sekali, terutama Desi”, dalam kalimat ini yang di maksud dengan “mereka” salah satunya yaitu Desi, dan Desi lah yang paling bagus di antara mereka.

Perhatikan pola dalam bahasa inggris berikut ini:
  • I love the winter, especially when it snows. (Saya suka demam isu dingin, terutama saat turun salju.)
  • The boys prefer to choose comic than novel, especially Budi. (Para lelaki lebih menentukan komik daripada novel.)
Dari kedua pola diatas, sanggup dipahami kenapa memakai especially? Yap, alasannya yaitu ada “sesuatu” yang lebih utama dari yang lainnya, atau sesuatu itu lebih “condong atau dominan” daripada yang lainnya.

Penggunaan Specially
Specially ini sanggup dipakai untuk memperlihatkan suatu tujuan khusus tertentu. Dan penggunaan specially ini tidak perlu memakai koma. Misalkan kalimat menyerupai ini ‘saya jauh-jauh tiba kesini khusus untuk menemuimu”, terang dari kalimat tersebut ada sebuah tujuan tertentu, yaitu untuk menemui seseorang yang dimaksud diatas.
Advertisement




Contoh:
  • I made this software specially for children. (Saya menciptakan software ini khusus untuk anak-anak.)
  • I brought my brother specially to see the winter in Minnesota. (Aku membawa Saudaraku khusus untuk melihat demam isu hambar di Minnesota.)

Yang Perlu Diperhatikan Juga
Jika specially dan atau especially diletakkan/digunakan sebelum adjective (kata sifat) maka akan bermakna “sangat” atau “begitu” yang pada dasarnya lebih dari “normal”. Dalam hal ini penggunaan especially dan specially sama saja, walaupun especially lebih umum digunakan.

Contoh:
  • That is especially/specially  radical idea. (Itu yaitu inspirasi yang sangat-sangat radikal.)
  • The food was especially/specially delicious. (Makanannya sangat-sangat lezat.)
  • This vocabulary isn't especially/specially difficult. (Kosakata ini tidaklah begitu sulit.)
Jangan gunakan especially dan specially dalam mengawali sebuah kalimat, artinya jangan memakai kedua kata tersebut diawal kalimat. Tapi jikalau anda benar-benar harus menggunakannya, maka gunakanlah “in particular” sebagai gantinya.

Contoh:
  • I love watching films. In particular, I really like horror films. (Saya suka nonton film. Khususnya, saya sungguh suka film horor.)
  • I enjoyed visiting japan. In particular, I loved Tokyo. (Saya meningkati berkunjung di Jepang. Khususnya, saya menyukai Tokyo.)

Lebih Banyak Contoh Especially dan Specially
Especially Specially
She can't be sure she will win, especially at this early stage of the campaign.I rented this horror film specially for Halloween.
The appetizers, and especially the soup were delicious.These houses were specially built for small families.
I love watching films, especially horror.I had my hair cut specially for the job interview.
Adi is really good at English, especially the grammar.My sister is allergic to nuts, so her food is always specially prepared.
Everyone was really angry, especially Shanti.The speech was written specially for the occasion.
You shouldn't smoke, especially if you are pregnant.I don't want to be treated specially.

----
Itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan penggunaan specially dan especially yang sanggup saya berikan kepada anda. biar pembahasan wacana perbedaan penggunaan specially dan especially diatas sanggup membantu dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.