Sunday, February 2, 2020

Belajar Bahasa Inggris Online – Past Continuous Tense

Salam hangat paling berhasrat para pembaca yang budiman, pada sesi kali ini kita akan membedah salah satu tenses jenis “continuous” yang sering kita temui pada kalimat – kalimat dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu bahwa tenses apapun yang ber embel – embel continuous niscaya menyatakan apa yang sedang terjadi, namun kapan acara itu sedang berlangsung menjadi salah satu pembeda antara tenses continuous yang satu dengan yang lain. Mari kita pahami pembahasan berikut.

Salam hangat paling berhasrat para pembaca yang budiman Belajar Bahasa Inggris Online – Past Continuous Tense
Belajar Bahasa Inggris Online – Past Continuous Tense
Past Continuous Tense
1.    Fungsi
Seperti layakanya semua tenses dalam bahasa Inggris, Past Continuous juga mempunyai beberapa fungsi yang tentunya berbeda dengan tenses continuous yang lain. Fungsi yang dimaksudkan pada pembahasan ini yaitu pada kesempatan apakah sebaiknya kita memakai pola kalimat Past Continuous ini. Berikut ini penulis akan berikan empat fungsi dari tenses ini sejelas – jelasnya. Fungsi – fungsi Present Continuous tersebut yaitu sbb:
a.    Menyatakan suatu acara yang sedang dilakukan di masa kemudian dan acara tersebut diganggu / disela oleh acara lain pada ketika yang bersamaan.
b.    Menyatakan suatu acara yang sedang dilakukan di masa kemudian dan acara tersebut diganggu / disela oleh keterangan waktu yang sangat spesifik.
c.    Menyatakan beberapa acara yang sedang berlangsung bersamaan pada masa lalu.
d.    Menggambarkan atmosfir / keadaan yang sedang berlangsung pada suatu daerah di masa lalu.
e.      Menyatakan suatu acara jelek pada masa kemudian yang dilakukan berulang – ulang yang dinyatakan dengan “always” / “constantly” dan menciptakan tidak nyaman

*fungsi – fungsi ini dibahas secara mendalam pada link berikut: Tenses Bahasa Inggris - ContohKalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya
2.    Time Signal / Keterangan Waktu
Pada Past Continuous ini ada beberapa kata keterangan waktu yang biasanya digunakan untuk menandai bahwa sebuah acara tersebut sedang kita lakukan pada masa lalu. Kata keterangan – kata keterangan tersebut adalah:
1.    When + S + V2
2.    While + S + Was / Were + Ving
3.    At 7 PM yesterday
4.    At this time yesterday
5.    *beberapa kata keterangan Simple Present Tense ibarat “Always dan Constantly” pada fungsi – fungsi tertentu.
Lebih lanjut perihal when dan while dibahas di sini Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When DanWhile
3.    Pattern / Pola Kalimat
Dalam tenses jenis ini, semua kalimat yang kita buat niscaya mempunyai kata kerja sehingga tidak perlu kita pisahkan menjadi dua kelompok ibarat dalam Simple Tenses. Nah di bawah ini pribadi akan kita pelajari pola kalimat Past Continuous Tense secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat – singkatnya pola kalimat berikut:
SUBJECT  +
TOBE  + VERBING +
OBJECT / COMPLEMENT
SUBJECT  +
TOBE  + NOT + VERBING +
OBJECT / COMPLEMENT
TOBE  +
SUBJECT  + VERBING
OBJECT / COMPLEMENT ?
Catatan:      
      TOBE
TOBE yang kita pakai di sini yaitu TOBE yang kita pakai sebelumnya pada Simple Past Tense  khusunya pada pola kalimat nominal yaitu: WAS / WERE, dimana pemakainya bergantung pada subjek yang mengawali kalimat dalam Past Continuous Tense. Sekedar mengingatkan bila – bila ada yang lupa, ibarat ini nih daftar Subjek bergandengan dengan TOBE nya:
SUBJECT (SHE, HE, IT, DAN BENDA TUNGGAL) + WAS
SUBJECT (YOU, THEY, WE, DAN BENDA JAMAK) + WERE
SUBJECT ( I ) + WAS
      VERBING
VERBING yaitu Verb 1 (Verb Base) yang berakhiran “ing” semisal:
“Stand” menjadi “Standing”
“Brush” menjadi “Brushing”
“Cook” menjadi “Cooking”
Contoh Kalimat:
             (+)       You were watching news on TV when I came yesterday.
             (-)        You were not watching infotainment on TV when I came yesterday.
             (?)       Are you watching news on TV when I came yesterday?

Contoh lebih banyak dapat dilihat di sini Contoh KalimatPast Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya

4.    Non-Continuous
Masih ingatkah anda bahwa tidak semua kata kerja dalam bahasa inggris dapat kitagunakan dalam Continuous Tenses? Jika anda lupa silahkan cek daftar kata kerja tersebut di sini Non-Continuous Verbs. Nah apabila kita ingin menciptakan kalimat yang maknanya Past Continuous dengan kata kerja – kata kerja tersebut maka kita harus tetap memakai Simple Past Tense ibarat diilustrasikan pada teladan berikut:
  • She was needing me so much at this time yesterday. Tidak Benar
  • She needed me so much at this time yesterday. Benar
5.    Passive
Nah untuk bentuk pasif dari tenses ini, silahkan amati gambaran di bawah ini:

  1. Iwan was writing a letter when Ani went home. Aktif
  2. A letter is being written by Iwan when Ani went home. Pasif


Nah itulah beberapa hal yang berafiliasi dengan past continuous tense yang sebaiknya kita tahu. Terimakasih atas kunjungan teman Englishiana semuanya, apabila teman ingin merequest bahan tertentu yang ingin dibahas di sini silahkan tinggalkan komentar ya. Englishiana pamit, English yourself!