Wednesday, February 19, 2020

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Menurut Fungsi Atau Kegunaannya

Seperti apa yang sudah dibahas pada lapak sebelumnya yang berjudul Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Terlengkap kita sanggup ketahui bahwa Present Perfect mempunyai dua fungsi sebagai berikut:

a.    Untuk menyatakan acara yang sudah tanggapan kita lakukan sebelum sekarang.
b.    Untuk menyatakan durasi waktu dari acara yang sedang kita lakukan mulai dari masa lampau hingga dengan sekarang. (Non-Continuous Verbs)

Jika kita telaah secara mendalam fungsi pertama dari tenses ini nampaknya ada kesamaan antara Present Perfect dan Simple Past Tense alasannya yaitu sama – sama menyatakan suatu acara yang sudah tanggapan kita lakukan sekarang. Namun demikian tentu ada perbedaan yang mencolok antara kedua tenses ini. Agar kita sanggup coba memahaminya dengan baik yuk kita cekidot.
Contoh Kalimat Present Perfect Tense  Berdasarkan Fungsi atau Kegunaannya

FUNGSI 1 UNTUK MENYATAKAN KEGIATAN YANG SUDAH SELESAI KITA LAKUKAN SEBELUM SEKARANG

Kita memakai Present Perfect untuk menyatakan bahwa sebuah acara sudah terjadi pada satu titik waktu yang tidak terdefinisikan di masa lampau. Kita tidak sanggup memakai kata keterangan waktu lampau seperti: yesterday, one year ago, last week, when I was a child, when I lived in Papua New Guinea, at that moment, that day, one day, dll pada Present Perfect Tense alasannya yaitu Present Perfect Tense tidak mencoba mengungkapkan perihal “kapan suatu acara dilakukan di masa lalu” namun lebih kepada “sudah atau belum” suatu acara dilakukan. Oleh akhirnya dalam Present Perfect kita memakai beberapa kata keterangan seperti: ever, never, once, many times, several times, before, so far, already, yet, dll. Nah secara singkat itulah yang membedakan antara Simple Past dan Present Perfect. Mari kita lihat dan pelajari teladan berikut semoga lebih paham lagi.
Contoh:
  • Many people have traveled to Maitam Beach in Lampung.
  • Many people have not traveled to Lembah Pelangi waterfall in Lampung.
  • Have you read this best seller book?
  • Nobody has ever read this best seller book.
  • A: how long have you ever been in Tiongkok?
    B: I have been in Tiongkok for five years.
Catatan:
Ketika pertama kali berguru tenses ini mungkin akan terasa sangat sulit memahami fungsi dan memahami makna dari “waktu yang tak terdefinisikan di masa lalu.” Nah oleh akhirnya penulis berikan klarifikasi perihal topic – topic yang akan menciptakan kita memahami Present Perfect lebih jauh lagi di sini: Cara Termudah Memahami Present PerfectTense Menggunakan Topik – Topik

FUNGSI 2 UNTUK MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN MULAI DARI MASA LAMPAU SAMPAI DENGAN SEKARANG. (NON-CONTINUOUS VERBS)

Dengan memakai kata kerja non continuous Non-Continuous Verbs dan fungsi non continuous dari Mixed Verbs, Present Perfect menawarkan bahwa suatu acara sudah dimulai pada masa kemudian dan masih berlangsung hingga sekarang. Sebenarnya dalam fungsi ini Present Perfect berfungsi sama dengan Present Perfect Continuous namun alasannya yaitu kata kerjanya tidak sanggup dirubah menjadi “Verb Ing” maka Present Perfect digunakan meski maknyanya Present Perfect Continuous.
Contoh:
  • I have owned this old car for more than ten years.
  • She has been in my mind since I met her for the first time.
  • Mary Jane has loved rose since she was a little girl.
Catatan:
*Walaupun kebanyakan kata kerja yang digunakan pada fungsi ini yaitu kata kerja Non-Continuous, beberapa kata kerja menyerupai “Live”, “Work”, “Teach” dan “Study” terkadang juga digunakan pada fungsi ini meski mereka bukan Non-Continuous Verb.