Saturday, February 15, 2020

Fungsi Atau Kegunaan Present Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Sebelumnya telah dibahas secara singkat pada Pengertian, Fungsi Lengkap,Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense bahwa ada dua fungsi dari Present Perfect Continuous sbb:
1.    Menyatakan durasi waktu dari suatu acara yang sedang kita lakukan mulai dari masa lampau hingga dengan sekarang.
2.    Menyatakan acara yang sedang kita lakukan ahir – ahir ini (recently / lately).
Fungsi  Present Perfect Continuous
Sebagai catatan pengingat, bergotong-royong Present Perfect Continuous Tense sama fungsinya dengan Present Contiuous Tense, namun dalam pada Present Perfect Continuous ada pemfokusan khusus perihal sudah berapa usang suatu acara sedang dilakukan hingga kini sedangkan dalam Present Continuous hanya menekankan perihal apa yang sedang kita lakukan sekarang. Secara mendalam ke dua fungsi tersebut akan kita bedah pada pembahasan di bawah ini.
FUNGSI 1 MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN MULAI DARI MASA LAMPAU SAMPAI DENGAN SEKARANG
Kita menggunakan Present Perfect Continuous untuk menawarkan bahwa suatu acara sudah dimulai semenjak satu waktu di masa kemudian dan masih terus berlangsung hingga sekarang. “For two hours”, “for two months”, dan “since last Tuesday” ialah beberapa contoh durasi waktu dilakukannya suatu acara pada tenses ini.
Contoh:

  1. They have been playing Playstation for almost five hours.
  2. Shereen has been working as a secretary at that company for three years.
  3. What has Ani been doing for the last 2 hours?
  4. Jandia has been driving a car since 3 hours ago.
  5. have been waiting for the bus for more than two hours!
  6. Why has Nana not been working for the last three days?
FUNGSI 2 MENYATAKAN KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN AHIR – AHIR INI (RECENTLY / LATELY)
Kita juga sanggup menggunakan Present Continuous Tense tanpa keterangan durasi wakti semisal “For two hours”, “for two months”, dll. Dengan tidak menggunakan keterangan durasi waktu, Present Continuous Tense mempunyai arti “akhir – simpulan ini” / “belakangan ini”. Kita sering menggunakan keterangan waktu “lately” atau “recently” pada fungsi Present Continuous Tense yang satu ini.

Contoh:
  1. Recently, I have been feeling really sad because of my score.
  2. She has been eating too much carbohydrate lately.
  3. Have you been doing the project lately?
  4. Marsia has been feeling well.
  5. Lisa has not been preparing for her exam.
  6. What has Ratna been doing?
Catatan:
Perlu diingat bahwa Present Continuous Tense mempunyai arti “akhir – simpulan ini” / “belakangan ini” meski tanpa kata keterangan “lately / recently”. Jika kita menggunakan Present Continuous Tense dalam sebuah pertanyaan semisal “Have you been feeling better?" / “Apakah kau sudah mencicipi lebih baik kini ini?” sanggup dimaknai bahwa mungkin kau masih terlihat sakit / masih terlihat sakit. Begitu juga bila kita bertanya semisal "Have you been smoking?" maka kalimat tanya ini menyimpan pesan bahwa mungkin baju kau mengeluarkan bacin asap rokok. Menggunakan Present Perfect Continuous dalam sebuah pertanyaan menawarkan pesan bahwa kita bertanya alasannya kita melihat, mencium, mendengar, atau merasa sebuah hasil dari perbuatan tertentu. Adalah mungkin kita sanggup menyinggung perasaan orang lain bila kita menggunakan Present Perfect Continuous dengan tanpa alasan dan konteks yang tepat.
NON-CONTINUOUS VERBS/ MIXED VERBS DALAM PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Sangat penting untuk diingat bahwa Non-Continuous Verbs tidak akan pernah sanggup digunakan pada tenses Continuous manapun termasuk Present Perfect Continuous. Begitu pula Mixed Verbs yang sedang berperan sebagai Non-Continuous Verbs. Oleh karenanya bila kita ingin menggunakan kata kerja – kata kerja tersebut dengan maksud menyatakan sudah berapa usang kita sedang melaksanakan sesuatu atau apa yang sedang kita lakukan belakangan ini kita harus menggunakan Present Perfect Tense.
Contoh:
  • Dodi has been owning this futuristic motorcycle for two months. Salah
  • Sam has owned this futuristic motorcycle for two months. Benar
Sobat Englishiana, hasilnya hingga juga di ujung blog ini. Bagaimana gampang kan memahami Present Continuous Tense bila eksklusif melihat kegunaannya? Nah sahabat Englishiana, apabila anda semua masih ingin membaca lebih banyak artikel kami lagi silahkan ingat nama blog ini ya “Englishiana”. Finally, Salam Englishiana, English Yourself!