Saturday, February 1, 2020

Tenses Bahasa Inggris - Rujukan Kalimat Past Continuous Tense Menurut Kegunaanya


Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya Tenses Bahasa Inggris - Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya
Tenses Bahasa Inggris - Contoh Kalimat Past Continuous Tense 
Seperti sudah dibahas sebelumnya pada postingan yang berjudul Belajar Bahasa Inggris Online – Past Continuous Tense kita telah ketahui bahwa bahwa ada lima fungsi Past Continuous Tense yaitu untuk menyatakan:
a.    suatu aktivitas yang sedang dilakukan di masa kemudian dan aktivitas tersebut diganggu / disela oleh aktivitas lain pada ketika yang bersamaan.
b.    suatu aktivitas yang sedang dilakukan di masa kemudian dan aktivitas tersebut diganggu / disela oleh keterangan waktu yang sangat spesifik.
c.    beberapa aktivitas yang sedang berlangsung bersamaan pada masa lalu.
d.    atmosfir / keadaan yang sedang berlangsung pada suatu kawasan di masa lalu.
e.    suatu aktivitas jelek pada masa kemudian yang dilakukan berulang – ulang yang dinyatakan dengan “always” / “constantly” dan menciptakan tidak nyaman
FUNGSI 1 MENYATAKAN SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN DI MASA LALU DAN KEGIATAN TERSEBUT DIGANGGU / DISELA OLEH KEGIATAN LAIN PADA SAAT YANG BERSAMAAN
Fungsi pertama dari Past Continuous ini digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas (yang berdurasi lebih usang / dimulai terlebih dahulu) yang sedang berlangsung pada masa lampau dan pada ketika yang bersamaan diganggu oleh aktivitas berdurasi lebih singkat yang terjadi kemudian. Semisal (Saya sedang tidur ketika ia tiba kemarin) “Saya sedang tidur” ialah klausa yang menyatakan suatu aktivitas berdurasi lebihg usang yang sedang berlangsung pada masa lalu, sementara “ia datang” ialah kgiatan berdurasi lebih singkat yang kemudian mengganggu aktivitas yang pertama. Agar lebih paham, cermati pola contoh berikut.

Contoh:
  1. ·         Yung Ci was learning Javanese when I phoned him last week.
  2. ·         Yung Ci was not learning Vietnamese when I phoned him last week.
  3. ·         Was Yung Ci learning Javanese when I phoned him last week?
  4. ·         What were you doing when the landslide occurred?
  5. ·         I was listening to the music, so I didn't hear anything.
  6. ·         You were not listening to me when I told you to get out from the house.
FUNGSI 2 MENYATAKAN SUATU KEGIATAN YANG KITA SEDANG DILAKUKAN DI MASA LALU DAN KEGIATAN TERSEBUT DIGANGGU / DISELA OLEH KETERANGAN WAKTU YANG SANGAT SPESIFIK
Dalam bahasa Inggris kata keterangan lampau menyerupai “yesterday, last week, atau the day before yesterday” lazim digunakan dalam Simple Past Tense. Namun apabila kata keterangan tersebut menjadi sangat spesifik menyerupai “at 8 AM yesterday atau at this time last week” maka kita harus menggunakan Past Continuous.

Contoh:
  1. ·         was reading my old book at 9 PM yesterday.
  2. ·         was not reading my old book at 9 PM yesterday.
  3. ·         Were you still working the project out at this time yesterday?
  4. ·         Weren't you still working the project out at this time yesterday?
FUNGSI 3 MENYATAKAN BEBERAPA KEGIATAN YANG SEDANG BERLANGSUNG BERSAMAAN PADA MASA LALU
Terkadang penutur orisinil bahasa Inggris juga menggunakan hukum tenses jenis ini untuk menyatakan beberapa kejadian yang sedang berlangsung bersamaan pada masa lalu:

Contoh:
  1. ·         was meeting my old friends in guest room while Ani was cooking in the kitchen.
  2. ·         Were you listening seriously while he was explaining about this subject?
  3. ·         I wasn't paying attention while he was explaining about this subject.
  4. ·         What were they doing while they were waiting?
  5. ·         Thomy wasn't cheating, and I wasn't either.

FUNGSI 4 MENGGAMBARKAN ATMOSFIR / KEADAAN YANG SEDANG BERLANGSUNG PADA SUATU TEMPAT DI MASA LALU

Dalam bahasa Inggris, kita sering mengungkapkan serangkaian kejadian yang sedang terjadi untuk menggambarkan suasana yang sedang terjadi pada suatu kawasan pada masa kemudian dengan menggunakan Past Continuous Tense.

Contoh:
  • When I entered the office, several people were busily talking, some were arguing on the phones, the boss was signing some documents, and customers were waiting to be served. One customer was complaining to the receptionist and asking for a good service.
FUNGSI 5 MENYATAKAN KEGIATAN BURUK PADA MASA LALU YANG DILAKUKAN BERULANG – ULANG YANG DINYATAKAN DENGAN “ALWAYS” / “CONSTANTLY” DAN MEMBUAT TIDAK NYAMAN

Past Continuous dengan kata keterangan “always” atau “constantly” menyatakan sebuah pesan bahwa sesuatu yang mengganggu atau menciptakan orang lain tidak nyaman sedang selalu terjadi pada masa lalu. Yang perlu diingat bahwa dalam fungsi ini Past Continuous mempunyai arti yang sama dengan Simple Past Tense namun khusus untuk kalimat – kalimat yang bermakna negatif. Contoh kalimat di bawah ini mencoba menggambarkan perihal fungsi ini.

Contoh:
  1. ·         She was always cheating in exams when she was in elementary school.
  2. ·         He was constantly coming too late when he was young.
  3. ·         I didn't like them because they were always wasting time for nothing.
    Demikianlah kegunaan - kegunaan Past Continuous Tense yang telah kita kupas tuntas sahabat Englishiana. Makara kini harapanya sobat Englishiana semua dapat memahami dengan baik apa - apa saja kondisi yang mengharuskan kita menggunakan tenses jenis ini. Englishiana caw, English Yourself!