Thursday, January 23, 2020

Fungsi Atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya - Sebelumnya telah dibahas secara singkat pada Pengertian, Fungsi Lengkap, Rumus, dan ContohKalimat Past Perfect Continuous Tense bahwa ada dua fungsi dari Past Perfect Continuous sbb:

a.  menyatakan durasi waktu dari suatu aktivitas yang sedang kita lakukan di masa kemudian sebelum bencana lain terjadi.
b.   menyatakan lantaran dari suatu hal yang terjadi di masa lampau.
Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Lagi – lagi penulis mengingtakan bahwa pada prinsipnya Past Perfect Continuous Tense sama fungsinya dengan Past Contiuous Tense, namun pada Past Perfect Continuous kita memberi penitikberatan - penitikberatan khusus pada durasi waktu atau sudah berapa lamanya suatu aktivitas sedang dilakukan pada masa kemudian sebelum bencana lain terjadi sedangkan Past Continuous hanya menekankan perihal apa yang sedang kita lakukan pada masa kemudian ketika aktivitas lain terjadi. Detail pembahasa beserta misalnya silahkan teman Englishiana lihat pada pembahasan di bawah ini.

Past Perfect Continuous Tense

FUNGSI 1 MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN DI MASA LALU SEBELUM KEJADIAN LAIN TERJADI
Kita memakai Past Perfect Continuous untuk menunjukkan bahwa suatu aktivitas telah sedang berlangsung selama durasi waktu tertentu sebelum alhasil aktivitas lain terjadi dan aktivitas tersebut terhenti. “For two weeks”, “for two years”, dan “since last Tuesday” ialah beberapa pola durasi waktu yang menyatakan sudah berapa usang atau semenjak kapan dilakukannya suatu aktivitas sebelum bencana lain terjadi pada masa lalu.
Contoh:

  1. They had been playing this war game for almost five hours before his father came and asked him to go home.
  2. Shereen had been working as a secretary at that company for three years before      she moved to this city.
  3. What had Ani been doing for the last 2 hours before we visited to investigate her?
  4. Jandia had been driving a car for two when finally we realized that it was wrong way.
  5. had been waiting for the bus for more than two hours before finally i caugt it!

FUNGSI 2 MENYATAKAN SEBAB DARI SUATU HAL YANG TERJADI DI MASA LAMPAU

Kita juga dapat memakai Past Continuous Tense tanpa keterangan durasi wakti semisal “For two hours”, “for two months”, dll. Dengan tidak memakai keterangan durasi waktu, kita memakai Past Perfect Continuous Tense untuk menyatakan lantaran terjadinya suatu hal di masa lalu. Biasanya dengan memakai tenses ini kita ingin menyatakan bahwa penyebab terjadinya suatu hal di masa kemudian ialah suatu aktivitas yang kita lakukan berulang – ulang.


Contoh:
  1. Janne was tired because he had been exercising a lot.
  2. Samuel grew fat because he had been overeating.
  3. Bella failed the final test because she had not been attending some classes.
Catatan:
Jika kita tidak menyata durasi waktu semisal "for five minutes," "for two weeks" or "since Friday," maka akan ada kebingungan di benak kita perihal tenses mana yang sebaiknya kita pakai, Past Continuous / Past Continuous? Jawabannya ialah ke dua – duanya sama – sama benar secara gramatikal namun mempunyai arti yang berbeda dimana Past Continuous menekankan pada sbuah aktivitas yang sedang terjadi yang kemudian terganggu oleh aktivitas lain yang terjadi pada waktu tertentu di masa kemudian sedangkan Past Continuous Tense lebih memberi kesan apa sedang kita lakukan di masa kemudian itu berlebihan / dalam waktu dan intensitas yang sangat banyak sehingga menyebabkan hal lain terjadi di masa lalu. Perhatikan pola berikut ini:  
Contoh:
  1. Heri was tired because he was exercising so hard.
    Kalimat ini menekankan bahwa Heri lelah lantaran ia sedang berlatih dengan keras pada ketika itu. Atau dengan kata lain, Heri kelelahan pada suatu titik waktu ketika ia sedang berlatih dengan keras.
  2. Heri was tired because he had been exercising so hard.
    Kalimat ini menekankan bahwa Heri lelah sehabis ia sedang berlatih berulang – ulang dan cenderung berlebihan di masa lalu. 
NON-CONTINUOUS VERBS/ MIXED VERBS DALAM PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Sangat penting untuk diingat bahwa Non-Continuous Verbs tidak akan pernah dapat digunakan pada tenses Continuous manapun termasuk Past Perfect Continuous. Begitu pula Mixed Verbs yang sedang berperan sebagai Non-Continuous Verbs. Oleh karenanya bila kita ingin memakai kata kerja – kata kerja tersebut dengan maksud menyatakan sudah berapa usang kita sedang melaksanakan sesuatu pada masa kemudian sebelum bencana lain terjadi maka kita memakai Past Perfect Tense.

Contoh:
  1. Dodi had been owning this futuristic motorcycle for two months before he sold it. Salah
  2. Sam had owned this futuristic motorcycle for two months before he sold it. Benar
Sobat Englishiana, alhasil hingga juga di ahir diskusi di blog ini. Bagaimana gampang kan memahami Past Continuous Tense bila pribadi melihat Fungsi / Kegunannya? Nah teman Englishiana, apabila anda masih ingin membaca lebih banyak artikel kami lagi anda cukup ingat nama blog ini ya “Englishiana”. Akhirnya izinkan saya menutup dengan sebuah slogan, “Salam Englishiana, English Yourself!”