Wednesday, January 15, 2020

Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris Dan Misalnya - Countable Dan Uncountable

kata benda dalam bahasa inggris – Salam semangat para penggali ilmu. Apa kabarnya hari ini? Semoga kesehatan dan semangat untuk melaksanakan kebaikan selalu ada dalam jiwa kita hari ini. Pada kesempatan ini, aku akan menyebarkan perihal apa yang dimaksud dengan kata benda dan apa sajakah jenis-jenis kata benda (Noun) dalam bahasa inggris itu. Semoga apa yang akan kita bahas kali ini bermanfaat dan sanggup menambah pengertian kita perihal kata benda dalam bahasa inggris.

 Semoga kesehatan dan semangat untuk melaksanakan kebaikan selalu ada dalam jiwa kita hari in Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable
Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable

Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, Kata Benda disebut sebagai “NOUN”. Jika merujuk pada Oxford Dictionary, kata benda / noun yakni “A word (other than a pronoun) used to identify any of a class of people, places, or things or to name a particular one of theseSebuah kata (selain kata ganti) yang dipakai untuk menjelaskan orang, tempat, atau hal-hal tertentu, atau untuk menamai salah satu dari hal – hal tersebut (Kata benda). Dengan bahasa yang lebih ringan, kita sanggup katakan bahwa kata benda yakni kata yang diberikan untuk sebuah benda dan penamaan itu telah disepakati bersama penggunaannya.

Lebih jauh lagi, dalam bahasa inggris kita mengenal ada dua jenis kata benda sesuai dengan jumlahnya yaitu kata benda yang sanggup dihitung / Countable noun dan kata benda yang tak terhitung / Uncountable noun. Berikut klarifikasi lebih lengkapnya.

Countable vs. Uncountable Nouns

Tahukah anda bahwa tidak semua kata benda dalam bahasa Inggris itu sanggup dihitung? Mengetahui perbedaan antara countable and uncountable nouns dapat membantu kita biar sanggup memilih kata yang sempurna untuk dipakai dalam bahasa Inggris dengan benar secara yang gramatikal.

Countable Nouns

Countable nouns yakni kelompok kata benda yang sanggup dihitung dalam bahasa Inggris. Kebanyakan kata benda dalam bahasa Inggris terdapat pada golongan ini.
Contoh:

  1. I have two cats.
  2. Samudra has three cars.
  3. Jessica has five dollars.

Uncountable Nouns

Uncountable nouns yakni kata benda yang tidak sanggup dihitung dalam bahasa Inggris. Tidak sanggup dihitung pada konsep ini sebenarnya, pada kata benda – kata benda tertentu, bukan berarti benar – benar tidak sanggup dihitung namun ini diartikan sebagai sebuah konsep sebuah kumpulan benda yang sulit sekali, alasannya yakni jumlahnya yang sangat banyak, untuk sanggup dihitung satu persatu. Semisal bintang – bintang, rerumputan, rambut, pasir, dll. Namun begitu, konsep tidak sanggup dihitung juga berarti kata benda yang benar – benar tidak sanggup dihitung alasannya yakni memang tidak sanggup dipisahkan satu persatu. Contohnya menyerupai air, tanah, awan, dll.

Konsep lain yang perlu dipahami adalah, terkadang kata benda tertentu uncountable dalam bahasa Inggris namun tergolong countable untuk bahasa – bahasa tertentu. Selain itu, secara umum kita tidak sanggup memakai bentuk Plural / Jamak pada Uncountable nouns, meski pada beberapa countable nouns kita juga menambahkan akhiran “s”. Hal – hal tersebut yakni hal yang masuk akal saja dan tidak perlu kita pertanyakan, alasannya yakni dikala kita mencar ilmu sebuah bahasa gres seharusnya kita dengan segera menanggalkan budi bahasa ibu kita biar proses pemerolehan bahasa tersebut tidak terganggu.

Contoh:

  1. Mark drinks a lot of water.
  2. My mom gives me great advice.
  3. Paulo likes politics Berakhir dengan "s" namun tetap uncountable

Jenis – Jenis Uncountable Nouns

Liquids and Gases / Cairan dan Gas

  1. water
  2. coffee
  3. milk
  4. air
  5. oxygen
Solid and Granular Substances / Padat dan Bubuk

  1. wood
  2. metal
  3. cheese
  4. sand
  5. rice
Energy Words and Forces / Kata – kata yang berafiliasi dengan pembangkit (misal listrik) dan Energi.  

  1. electricity
  2. sunshine
  3. radiation
  4. heat
  5. magnetism
Subjects / Mata Pelajaran / Bidang Ilmu Tertentu

  1. chemistry
  2. English
  3. science
  4. social
  5. math
Grouped Concepts / Consep dari Sebuah Kelompok / Kata Benda Umum

  1. fruit
  2. money
  3. food
  4. fish
  5. news
Abstract Concepts / Kata Benda Abstrak

  1. information
  2. advice
  3. education
  4. democracy
  5. intelligence
Uncountable Plurals
Terkadang kita juga memakai uncountable noun dalam bentuk plural. Kata benda jenis ini biasanya berafiliasi dengan cairan dan materi – materi tertentu. Kata – kata tersebut biasanya berarti "beberapa cangkir ..", " beberapa botol…." atau "beberapa jenis dari…."
Contoh:

  1. We'll have two coffees tonight. Dua cangkir kopi
  2. I bought three waters in the canteen yesterday because the weather was so hot. Tiga botol air
  3. The company produces three leathersTiga jenis materi kulit
Different Meanings
There are certain words which have multiple meanings. It is possible for one meaning to be countable and the other to be uncountable. Take for example the word "light": Dalam bahasa Inggris ada beberapa kata benda tertentu yang mempunyai banyak arti. Mungkin saja dari beberapa arti tersebut salah satunya countable dan yang lainya uncountable. Semisal “light”.
Contoh:

  1. I couldn't see anyone in that cave because there was no lightUncountable noun
  2. The garden was decorated with hundreds of lightsCountable noun
Secara umum aturannya yakni tetap sama. “light” pertama berarti cahaya yang merupakan bab dari uncountable noun dari kelompok Energi dan “light” kedua berarti lampu yang merupakan bab dari countable noun.

Baca Juga:
Noun Phrase Word Order
Irregular Noun in English Grammar
Types of Noun (Abstract and Concrete)

Pengertian Rumus dan Contoh Noun Clause in English 

Demikian sahabat Englishiana pembahasan lengkap perihal kata benda dalam bahasa Inggris, khususnya perihal kata benda Countable dan Uncountable. Selanjutnya, kata benda juga dibagi menjadi dua menurut wujudnya. Mereka yakni Abstract dan Concrete noun. Untuk gosip lebih jauh perihal pembagian kata benda ini silahkan sahabat pelajari di sini. Salam semangat menyebarkan manfaat. Englishiana!