Friday, January 31, 2020

Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While

Perbedaan Penggunaan When dan While - What have you been sobat Englishiana di mana pun berada, selamat berjumpa kembali dengan Englishiana yang selalu ingin menyebarkan ilmu dengan pembaca semua. Di dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kata yang mempunyai makna dan fungsi yang sangat mirip, sehingga tak jarang kita gundah untuk memakainya semisal Seperti perbedaan when dan whileperbedaan advice dan suggestionperbedaan some dan any dan banyak lagi yang lainnya. nah, pada post kali ini Englishiana akan membahas wacana perbedaan penggunaan "When" dan "While" dalam bahasa Inggris. Yups pribadi saya ke TKP (hahaha ala – ala program parodi komedi ya)
 What have you been sobat Englishiana di mana pun berada Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While
Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While

Perbedaan Penggunaan When dan While

Sobat Englishiana pada goresan pena saya kali ini saya akan membahas wacana perbedaan dua buah kata yang mempunyai arti cukup menyerupai atau bahkan sama. Yups, benar menyerupai saya sudah tuliskan pada judul artikel ini, topik kita kali ini yakni wacana perbedaan penggunaan conjunction when dan while yang keduanya biasanya diartikan dengan kata "ketika" dalam bahasa Indonesia, dan berdasarkan pengalaman saya sebagai pengajar hal itu cukup menciptakan banyak pelajar bahasa Inggris kebingungan menentukan kata yang sempurna antara when dan while. Nah biar nggak panik menentukan antara ke dua kata yang sanggup disebut conjunction atau adverb clause of time tersebut, mari coba kaji pembahasan di bawah ini.

While vs. When

Seperti yang saya katakan sebelumnya, While / When ini sanggup kita sebut conjunction atau kata penghubung kalau kita lihat peranannya dalam menyambungkan klausa. Semisal “I was sleeping when they came yesterday”. Akan tetapi kalau kita lihat bersamaan dengan klausa yang disambungkannya maka While / When disebut Adverb Clause of Time (Klausa kata keterangan waktu). Semisal “I was sleeping when they came yesterday.Nah wacana klausa, klausa yakni kumpulan kata yang mempunyai Subjek dan Predikat yang juga mempunyai arti meski terkadang bukan merupakan kalimat yang lengkap dan sanggup bangun sendiri. Lalu apa perbedaan klausa When dan While dalam Past Continuous Tense? Yup, perbedaan penggunaan ke dua kata tersebut terletak pada klausa yang mengikutinya menyerupai saya gambarkan di bawah ini:

When +
Simple Past (Verbal)
Subject + V2 + O/C
While +
Past Continuous
Subject + TOBE + Verb ing + O/C

Catatan:
1. TOBE yang digunakan pada Past Continuous Tense yakni Was/Were (sekedar mengingatkan)

2. When / While sanggup berada di awal kalimat atau di awal klausa ke dua. Semisal:
When you came yesterday i was cooking my supper.
While i was cooking my supper, you came yesterday.
I was cooking my supper when you came yesterday.
You came while i was cooking my supper.

3.While sanggup digunakan untuk dua buah tragedi yang sedang terjadi bersamaan di masa lalu. Semisal:
While my mother was reading a magazine, my father was writing a report.

4.When biasanya menyatakan sebuah acara yang kemudian terjadi dikala acara lain sudah berlangsung sebelumnya dan masih berlangsung. Semisal:
When you told me the news I was reading a novel.
(Ketika kau memberitahuku wacana info itu saya sedang membaca novel)
I was reading a novel when you told me the news.
(Aku sedang membaca novel dikala kau memberitahuku wacana info itu)

*Dimanapun posisi when pada kalimat diatas, acara yang diawali dengan when terjadi selanjutnya dikala acara lain sedang berlangsung dan biasanya when menyerupai pada kalimat di atas menandai tragedi dengan durasi yang lebih singkat dibandingkan acara yang sedang berlangsung.

5.When + Simple Past juga digunakan pada tenses Past yang lain menyerupai Past Perfect Continuous dan juga Past Perfect. Semisal:
I had been sleeping for two hours when finally the earthquake happened last week.
Untuk referensi lebih banyak dari When / While perhatikan kalimat – kalimat di bawah ini.
My sister was watching television while I was studying English.
(saudari saya sedang menonton TV dikala saya sedang berguru bahasa Inggris.)
When I came to your home, you were sleeping last night.
(Ketika saya tiba ke rumahmu, kau sedang tidur tadi malam.)
I found a kafe of pure gold while I was walking to school this morning
(Saya menemukan sebatang emas murni dikala saya sedang berjalan ke sekolah pagi ini.)

Wuuiiiits, beruntung banget orang yang ada di referensi terakhir itu ya, hahahaha. Yah namanya juga Cuma ilustrasi, kalau ada kesamaan tokoh, latar, dan dongeng itu hanyalah fiktif belaka. Ok, secara garis besar begitulah perbedaan When / While khususnya dalam Past Continuous Tense. 

Pengunjung juga membaca:
8 Part of Speech dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Advice dan Suggestion
Perbedaan Some dan Any

Sedikit menyimpulkan apa yang kita bahas pada kesempatan ini dan biar lebih gampang mengingatnya, anda cukup perhatikan kata kerja yang mengikutinya saja, kalau kata kerjanya continuous maka gunkanlah while, dan kalau tidak, maka gunakanlah when, ya, cukup mengingat hal itu saja. Jika dilihat dari fungsinya, While biasanya menemani acara yang sedang berlangsung sementara When biasanya menemani acara yang berdurasi lebih singkat yang terjadi kemudian dikala suatu acara sedang berlangsung. Untuk melihat pembahasan grammar selanjutnya, silahkan klik di sini.