Saturday, April 28, 2012

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1 – Kamu niscaya sering bertanya-tanya dalam hati, kenapa kita harus mencar ilmu bahasa inggris? Kenapa bahasa inggris yang harus menjadi bahasa internasional? Kenapa tidak bahasa Indonesia saja yang menjadi bahasa internasional? Kalau bahasa Indonesia yang menjadi bahasa internasional, kan gampang belajarnya. Memang iya, tapi sangat disayangkan, Indonesia tak cukup kuat untuk mengakibatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Kenapa? Yah, dilihat dari sejarah hingga kemampuannya ketika ini, Indonesia memang belum cukup kuat di dunia.

Di lain sisi, ibarat yang kau tahu, semenjak dahulu kala bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang dipakai secara internasional sebagai bahasa resminya, hebatnya lagi bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor satu, artinya yang paling umum dipakai secara global. Ada banyak sekali alasan kenapa bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional, dan saya sendiri mengakuinya bahwa bahasa inggris memang pantas mendapatkannya.

Nah, kira-kira apa sajakah alasannya kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional? Mari kita simak alasan-alasan berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Manfaat dan pentingnya mencar ilmu bahasa inggris.

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor  Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1

Bahasa Inggris Memiliki Perkembangan Kosakata Yang Paling Pesat
Kamu tahu, bahasa inggris merupakan bahasa yang mempunyai perkembangan kosakata yang paling pesat. Menurut tim riset adonan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa inggris mencapai 8.500 kata pertahun. Angka ini tentulah sangat banyak, dan sekarang kosakata bahasa inggris sudah mencapai jutaan. Kalau dibandingkan dengan bahasa Indonesia, tentu perbedaannya sangat jauh alasannya total kosakata bahasa Indonesia berdasarkan kemendikbud hanya berkisar 100 ribuan saja.

Kenapa jumlah kosakata berpengaruh? Iya terang dong alasannya dengan banyaknya kosa kata yang dimiliki oleh suatu bahasa, maka akan memperluas juga penggunaannya. Menambahkan kosa kata bukan tidak ada alasannya, di balik itu ada alasan yang sangat berkhasiat alasannya satu kata sanggup dipakai untuk menggambarkan situasi, keadaan, suasana, urgensi, dan sebagainya yang bisa saja berbeda-beda.

Misalkan, di bahasa inggris banyak dijumpai kata yang ibarat namun penggunaan yang berbeda-beda, misalnya yaitu can dan could, learn dan study, home dan house, start dan begin, just dan only, serta masih banyak lagi. Semua kata-kata tersebut penggunaannya bisa berbeda-beda untuk menyatakan maksud yang diinginkan secara terang tanpa ada embel-embel kata bantu lainnya.

Jadi, banyaknya kosa kata akan memberi pilihan yang lebih banyak untuk menyatakan apa yang bahwasanya terjadi dengan sangat sederhana dan mudah. Oleh alasannya itu, bahasa inggris dipilih menjadi bahasa internasional.
Advertisement




Negara Inggris Menguasai Dunia
Di jaman dulu, inggris pernah menjajah puluhan Negara lain di seluruh bagian dunia. Bahkan Negara amerika yang populer digdaya itu juga pernah dijajah oleh inggris. Dalam proses penjajahan yang berlangsung puluhan hingga ratusan tahun tersebut, inggris secara tidak pribadi menanamkan budaya, kebiasaan, tingkah laku, dan bahasa kepada Negara yang dijajahnya itu. Karena banyaknya Negara yang dijajah oleh inggris, maka segala sesuatu yang berkaitan dengan inggris otomatis sudah tersebar ke aneka macam bagian dunia, termasuk bahasanya.

Oleh alasannya bahasa inggris sudah tersebar dengan sendirinya di aneka macam bagian dunia, maka akan lebih gampang memakai bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi alasannya sudah banyak yang menggunakannya pula, termasuk Negara yang dijajah oleh inggris tersebut, bahkan beberapa Negara korban jajahan hingga ketika ini malah memakai bahasa inggris sebagai bahasa resmi di negaranya, misalnya yaitu Amerika, Australia, dan Singapore.

Oleh alasannya hal itu, sangat sempurna bila PBB mengakibatkan bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Tapi mungkin akan muncul pertanyaan, kalau penyebabnya yaitu alasannya inggris pernah menjajah Negara lain, kenapa hanya bahasa inggris saja yang dijadikan bahasa internasional? Toh belanda, portugis, yunani, romawi, dan bangsa arab juga pernah menjajah Negara lain.

Betul itu memang, tapi penyebabnya kan bukan hanya alasannya menjajah Negara lain, tapi juga didukung dengan alasan-alasan lainnya ibarat pada point pertama di atas dan point ketiga di bawah ini.

Negara Inggris Membawa Perkembangan Ilmu
Menjajah Negara lain saja tidak cukup untuk mengakibatkan bahasa negaranya menjadi bahasa internasional. Tapi juga harus didukung dengan alasan-alasan lainnya, dan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional yaitu alasannya bangsa inggris membawa perkembangan ilmu ke Negara-negara yang dijajahnya.

Banyak peninggalan-peninggalan inggris ibarat buku dan catatan yang tentu saja memakai bahasa inggris. Buku dan catatan itu berisi ilmu-ilmu yang sudah berkembang pesat dibandingkan ilmu yang ada sebelumnya. Dahulu, untuk orang yang ingin mempelajari ilmu yang dibawa oleh inggris maka orang tersebut mau tak mau harus mencar ilmu bahasa inggris dulu, dan alasannya ilmu yang dibawa ini sangat bermanfaat maka tambah banyak orang yang mencar ilmu bahasa inggris demi mempelajari ilmunya. Makara masuk akal bila bahasa inggris sangat gampang tersebar kala itu.

Bahkan hingga ketika ini, Negara inggris masih menjadi salah satu Negara maju yang menyumbangkan ilmu paling banyak di dunia. Makara tidak ada alasan untuk tidak menentukan bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor satu di dunia.

Selanjutnya: Cara gampang dan cepat mencar ilmu bahasa inggris.
----
Itulah alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional, dan bukan bahasa Indonesia saja. Untuk bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, saya kira sangat sulit mengingat bangsa Indonesia belum cukup baik untuk kuat di dunia. Bahkan Indonesia masih kalah kuat bila dibandingkan dengan Negara kecil ibarat Singapore atau Belanda. Miris memang, tapi kita tak boleh berhenti gembira dan berjuang demi Indonesia..

Oke ya, sehabis tahu alasannya, sekarang berhentilah mengeluh dan lekas mencar ilmu bahasa inggris. Kamu sanggup mencar ilmu bahasa inggris kapan saja di blog ini dengan gratis. Selamat menikmati materi yang kami sajikan. Thanks.