Friday, April 13, 2012

Pengertian Dan Pola Compound Noun

Pengertian dan Contoh Compound Noun – Saya yakin kalian bekerjsama sudah sering sekali memakai compound noun ini, hanya saja mungkin kalian tidak menyadarinya. Pada dasarnya, compound nouns sering sekali dipakai dalam komunikasi bahasa inggris, ini bukanlah hal gres dan sangat umum, sehingga ini cukup penting untuk kalian pelajari.

Beberapa compound noun juga cukup ibarat dengan noun phrase dari segi strukturnya, tapi mempunyai maksud yang sangat jauh berbeda, ini penting kalian garisbawahi supaya kalian tau apa bedanya. Dalam artikel kali ini, cara membedakannya tersebut juga akan aku ulas. Tapi mari kita ulas satu persatu terlebih dahulu, kita mulai dari pengertiannya, berikut ini ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Pengertian dan pola Compound Subject.

 Saya yakin kalian bekerjsama sudah sering sekali memakai compound noun ini Pengertian dan Contoh Compound Noun

Pengertian Compound Noun
Pada dasarnya yang dimaksud dengan compound noun yaitu suatu noun (kata benda) yang terdiri dari dua atau lebih kata. Di sini, dua atau lebih kata tersebut merupakan kombinasi, bisa noun + noun, atau bisa juga noun + part of speech lainnya. Perlu kau tau, hasil dari kombinasi tersebut sanggup membuat makna yang benar-benar baru, walau terkadang beberapa kata ada yang sedikit mempunyai keterkaitan dari noun asalnya.

Contoh compound nouns:
  • Waterfall
  • Software
  • On time
  • Newspaper
  • Check-in
Nah, itu beberapa pola compound noun (dibawah masih ada banyak pola lagi), kombinasinya bisa antara noun + noun atau noun + lainnya, penulisannya jug bisa disambung, dipisah, dan bisa juga disambung dengan tanda baca (-).

Penulisan Compound Noun
Tipe penulisanKeteranganContoh
Oped Kombinasi yang dipisah menjadi dua kata. Selain dikenal sebagai oped, biasa disebut juga dengan istilah Spaced.Human rights, swimming pool, grey matter.
SolidKombinasi yang digabung menjadi satu kata. Selain dikenal dengan istilah solid, biasa juga disebut dengan istilah Closed.Outlook, bedroom, sunrise.
HyphenatedCompound noun yang disambung dengan tanda baca berupa (-).Six-pack, mother-in-law, baby-sitter.
Kombinasi Compound Noun
Seperti yang sudah aku singgung di atas bahwa compound noun ini tidak hanya bisa dikombinasikan antara noun + noun saya, tapi juga bisa antara noun + part of speech lainnya. Berikut daftar kombinasi dari compound noun:
Kombinasi Compound NounContoh
Noun + nounSaucepan, bus stop, fire-fly, football.
Noun + verbHaircut, train-spotting, milkshake, rainfall.
Noun + adjectiveTruckful, snow white.
Noun + prepositional PhrasePasser-by, hanger on, daughter-in-law.
Verb + nounBreakfast, washing machine, dance floor.
Adjective + nounHardware, full moon, highway, whiteboard.
Preposition + nounUnderworld, in house, offline, Influx.
Advertisement




Bedanya Compound Noun Dengan Noun Phrase
Agar lebih gampang dalam membandingkan, silahkan baca bahan noun phrase dulu: Materi noun phrase.

Seperti yang telah aku singgung sebelumnya pula bahwa compound noun ini kadang sulit dibedakan dengan noun phrase. Sebelumnya, aku jelaskan dulu kenapa compound noun dan noun phrase ini kadang sukar dibedakan. Coba lihat kembali tabel kombinasi compound noun di atas, salah satunya yaitu adjective + noun, dan ibarat yang kau tau pula bahwa untuk membentuk noun phrase juga memakai adjective + noun. Kaprikornus adjective + noun ini bisa menjadi compound noun dan bisa pula menjadi noun phrase.

Kalau kau tanya apa bedanya, jawabannya sangat sederhana, yaitu terletak pada pengutamaan dalam pengucapan. Kalau compound noun, hanya kata pertama (adjectivenya) yang diberi penekanan/nada tinggi, dan kata keduanya diucapkan biasa saja. Sedangkan pada noun phrase, keduanya diucapkan dengan penekanan.

Sebagai contoh, kata Hardware, saat ada orang yang mengucapkan kata hardware dengan pengutamaan ibarat ini: HARDware, maka yang dimaksud oleh orang tersebut yaitu compound noun. Tapi, jika penekanannya ibarat ini: HARDWARE, bisa dipastikan yang dimaksud yaitu noun phrase. Contoh lain, SOFTWARE = noun phrase, SOFTware = compound noun. *Huruf kapital nada tinggi.

Lebih Banyak Contoh Compound Nouns
ToothpasteWitchcraftBoard of Members
RoadshowSeamanCourt-martial
Break waterWall-paperManservant
Twenty-year-oldFish tankCooking-oil
Upper classShotgunSchool year
Tennis shoeHouseworkHomeroom
Bath tubEyelidHuman rights
Movie starsSunglassesFundraiser
SnowboardingWalkie-talkieHousewife
LawsuitBasketballCat food
PlaygroupCar parkShopkeeper
WebsiteBlackberryGrandstand
GreenhouseSmall talkFall-guy
Go-kartRunwaySheepdog
WindscreenFire-fighterBottle opener
New Year's DayPrime MinisterPolice officer
CarwashCross-roadCookbook
Jump ropeHotdogOn-looker
DowntimeMind-setRollback
NeedlepointSlingshotSleeping bag
Wet nurseFirst aid
Selanjutnya: Materi Determiner.
----
Nah, itulah ulasan perihal pengertian compound noun dan contohnya, sudah terperinci ya? Kalau belum silahkan ditanyakan lewat kotak komentar di bawah. Saya harap ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya biar banyak yang terbantu pula, thanks.