Sunday, April 29, 2012

Perbedaan Penggunaan Start Dan Begin Disertai Contohnya

Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya – Masalah bahasa terkadang memang rada membingungkan, punya arti yang mirip, tapi kita galau menggunakannya? Mana yang paling sempurna digunakan? Enggak hanya terjadi di Bahasa Indonesia saja, tapi di semua bahasa yang ada di dunia ini. Masih mending kalau bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kita sendiri, tapi gimana kalau bahasa asing, mikir dulu boss. Khususnya di bahasa inggris ini, begitu banyak kata-kata yang ibarat namun penggunaannya sanggup sangat berbeda, kalau kita salah menggunakannya sudah tentu ucapan kita akan terdengar gila oleh orang lain.

Dalam bahasa inggris, salah satu kata yang cukup membingungkan penggunaannya yakni start dan begin. Secara goresan pena memang gampang dibedakan, tapi secara makna dan arti, kedua kata tersebut mempunyai kesamaan yang sulit dibedakan.

Seperti yang sudah kita ketahui, start dan begin sanggup dimaknai dengan arti yang sama yaitu “mulai”. Pertanyaannya kan, kita mau memakai start atau begin? Bisa saling menggantikan enggak? Kondisi yang ibarat apa kita harus memakai start dan begin? Ada banyak hal yang memang harus kita perhatikan sebelum tetapkan memakai salah satunya, sederhana memang tapi effectnya sanggup cukup besar lho, kita enggak maukan ucapan kita terdengar aneh, lucu, salah tata bahasa?

Tapi jangan khawatir kalau kau belum tahu perbedaan penggunaan start dan begin tersebut, di sini aku akan mencoba menjelaskannya kepada kalian. Saya yakin sehabis membaca ulasan di bawah, kalian akan paham perbedaan kedua kata tersebut. Berikut klarifikasi disertai contohnya:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan study dan learn.

Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya

Penggunaan Khusus Kata Start
Secara khusus, kata start harus dipakai dan tidak sanggup memakai kata begin, dan inilah perbedaan yang mencolok dari kedua kata tersebut. Start wajib dipakai dikala kau ingin mengungkapkan mengenai sesuatu untuk “menghidupkan/menjalankan mesin (machine), memulai perjuangan (business) atau perjalanan (journey)”.

Sebagai contoh:
  • Press this button to start the printer. (Tekan tombol ini untuk memulai/menjalankan printer.) – Akan jadi kalimat yang tidak sempurna kalau kau memakai begin untuk mengganti kata start pada kalimat ini.
  • The lawnmower won’t start. (Mesin pemotong rumputnya tidak mau jalan/mulai.)
  • She started a new restaurant. (Dia memulai/menjalankan restoran baru.)
  • I think we ought to start at six, while the roads are empty. (Saya pikir kita harus mulai dari jam enam, sementara jalan kosong.)
Advertisement




Ingat penggunaan khusus kata start di atas, sebab hanya itu yang membedakan penggunaan antara start dan begin. Dalam kondisi dan situasi lainnya, kau boleh memakai start atau begin sesuai dengan selera kamu, artinya start dan begin sanggup saling menggantikan pada kondisi dan situasi lainnya.

Sebagai contoh:
  • It’s starting to rain. (Mulai turun hujan.)
  • It’s beginning to rain. (Mulai turun hujan.)
  • When Dinda heard the news, she started to cry. (Ketika Dinda mendengar gosip itu, beliau mulai menangis.)
  • When Dinda heard the news, she began to cry. (Ketika Dinda mendengar gosip itu, beliau mulai menangis.)
  • The movie starts at 7:00. (Filmnya dimulai pada jam 7.)
  • The movie begins at 7:00. (Filmnya dimulai pada jam 7.)
Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Start dan Begin
Dalam komunikasi memakai bahasa inggris, begin lebih formal kalau dibandingkan dengan kata start (dalam hal umum yang sanggup saling menggantikan), apalagi pada written English maka sangat dianjurkan memakai kata begin.

Begin merupakan irregular verb (Tak beraturan), jadi berhati-hatilah pada perubahan past tense (verb2) dan past participle nya (verb3), sedangkan start merupakan regular verb (Beraturan). Coba lihat tabel di bawah ini:
Bare infinitive (verb1)Additional infinitive (verb1+ s/es)Past tense (verb2)Past participle (verb3)
BeginBeginsBeganBegun
StartStartsStartedStarted
Selanjutnya: Perbedaan especially dan specially.

Oke ya, di atas yakni klarifikasi mengenai perbedaan penggunaan start dan begin. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Thanks.