Monday, April 2, 2012

Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, Dan Ms Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms Dalam Bahasa Inggris – Kalau kalian komunikasi memakai bahasa indonesia, tentunya sering memakai sapaan mas, mbak, dek, om, tante, bapak, ibu, dan sebagainya, dan sapaan tersebut akan kalian gunakan sesuai dengan siapa kalian menyapa/berbicara, betul tidak? Sama halnya dengan sapaan bahasa indonesia, dalam bahasa inggris pun akan diubahsuaikan dengan siapa kalian menyapa.

Dalam bahasa inggris, dikenal sapaan berupa Mr, Mrs, Miss, dan Ms, keempat sapaan tersebut sudah terperinci penggunaannya akan berbeda. Hati-hati, kalau kalian salah memakai sapaan, bisa jadi orang yang kalian sapa tersebut akan marah. Contoh, kalau dalam bahasa indonesia, seorang pria akan murka dikala kalian panggil mbak atau tante, seorang gadis mungkin akan murka atau tersinggung dikala kalian panggil dengan sapaan tante atau ibu.

Nah, begitu pula dalam bahasa inggris di mana kalian musti hati-hati dikala memakai sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Namun perlu digaris bawahi pula, tidak menyerupai dalam bahasa indonesia, sapaan bahasa inggris tersebut bersifat formal, artinya kebanyakan hanya dipakai di forum pendidikan, institusi formal, undangan, atau dikala berbicara/menyebut nama orang terhormat, dan sebagainya.

Nah, agar semuanya jelas, kita pribadi saja pada pokok pembahasan. Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Bedanya shop dan store.

 Kalau kalian komunikasi memakai bahasa indonesia Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Mr. (Dibaca Miste;)
Sapaan Mr. mempunyai arti tuan/bapak, dan hanya dipakai untuk menyapa pria saja. Biasanya penggunaannya diletakkan di depan nama keluarga, jadi contohnya namanya James Bond maka akan disapa Mr. Bond. Tidak semua pria pantas kalian panggil dengan sapaan Mr alasannya yaitu hanya dipakai pada hal-hal tertentu saja, contohnya kalian menyapa guru laki, dosen laki, menulis ajakan dan email kepada orang laki-laki, menyapa pejabat pemerintah, kepada orang yang bener-bener dihormati dan lebih tua, dan sebagainya.

Kalau kalian menyapa teman dekat dengan suplemen Mr, mereka biasanya akan menolak keras, pasalnya memang akan sangat aneh. Walaupun teman kalian lebih bau tanah sekalipun, jangan pernah memanggilnya dengan Mr, cukup namanya saja.

Contoh penggunaan Mr.:
  • Mr. Brown is my teacher.
  • Mr. Derick was nominated for mayor.
  • May I speak to Mr. Jack?
  • Let me introduce you to Mr. Murata.
Penggunaan Mrs. (Dibaca Misez)
Mrs artinya yaitu nyonya, penggunaan Mrs sama dengan penggunaan Mr, hanya saja Mrs hanya dipakai untuk perempuan yang sudah menikah, kalau perempuan tersebut belum menikah jangan dipanggil dengan Mrs, bisa jadi ia akan murka atau tersinggung. Mirip sekali dengan Mr, tidak semua perempuan menikah pantas kalian panggil dengan Mrs, kalau sudah bersahabat ngapain dipanggil Mrs. Cukup untuk guru, dosen, orang terhormat, dan sebagainya saja.
Advertisement




Untuk peletakannya, dikala dipakai letakkan Mrs di depan nama keluarga suaminya/ nama belakang suaminya. Misalnya gini, ada perempuan berjulukan Kate Madison dan menikah dengan James Bond, maka untuk perempuan tersebut sapaannya menjadi Mrs. Bond, bukan Mrs. Madison.

Contoh penggunaan Mrs:
  • Good morning Mrs. Marsh!
  • Mrs. Raynold had been like second parent to Carmen since she was a child.
  • Mrs. Harzt is my favorite lecturer.
Penggunaan Miss (Dibaca Mis)
Berbeda dengan Mrs, kalau miss artinya nona, ini dipakai untuk perempuan yang belum menikah. Saya jamin, kalau kalian memanggil perempuan belum menikah dengan Mrs, niscaya orangnya akan sangat tersinggung. Akan tetapi, untuk perempuan muda yang sudah menikah, dalam beberapa perkara bisa dipanggil dengan Miss alasannya yaitu sapaan miss ini mencerminkan umur yang masih muda. Contohnya guru atau dosen yang masih muda banget, baik sudah menikah maupun belum menikah bisa dipanggil dengan Miss.

Sama dengan sapaan lainnya, Miss juga hanya untuk suasana formal, peletakannya pun di depan nama keluarga.

Contoh penggunaan Miss:
  • Miss. Tania is an Auditor.
  • Miss. Robin goes to work at 9:00 a.m.
  • Miss Tria’s company was very successful.
Penggunaan Ms. (Dibaca Mez)
Ini artinya yaitu nyonya atau bisa juga nona, bisa dipakai untuk perempuan yang sudah menikah maupun belum, baik muda maupun tua. Kalau tadi Miss bisa dipakai pula untuk perempuan menikah namun harus masih muda, kalau Ms ini bisa dipakai untuk perempuan yang sudah maupun belum menikah baik muda maupun tua.

Ms lebih kondusif dipakai dikala kalian gres pertama kali berbicara dengan seseorang alasannya yaitu kalian belum tau statusnya. Ms juga biasa dipakai untuk perempuan bau tanah yang belum menikah.

Catatan Kaki
Bagaimana dengan janda, harus pakai apa? Well, ini tergantung dengan si janda tersebut, beberapa perempuan ada yang ingin dipanggil dengan Ms ataupun dengan Mrs. Ketika suaminya meninggal, ada beberapa perempuan yang masih menginginkan untuk disapa dengan Mrs dikuti nama belakang suaminya. Namun, untuk perempuan yang bercerai, kebanyakan ingin dipanggil dengan Mrs diikuti dengan nama keluarganya, bukan nama belakang suaminya.

Oh iya hampir lupa, dikala memakai sapaan dalam bahasa inggris tersebut baik Mr, Mrs, Miss, dan Ms, kalian wajib menambahkan namanya, jadi dilarang memanggil hanya Mr. doang, hanya Mrs saja, musti ditambah namanya menyerupai yang dicontohkan di atas.

Selanjutnya: Perbedaan penggunaan hope dan wish.
----
Oke ya, mungkin itu saja ulasan dari aku perihal perbedaan penggunaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan hingga jumpa lagi.