Wednesday, April 4, 2012

Kenapa Berguru Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya – Ada banyak memang, orang indonesia yang bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris, tapi lebih banyak lagi yang tidak bisa. Apa memang mencar ilmu bahasa inggris itu sulit banget? Well sejujurnya, bahasa inggris itu praktis banget kawan, tergantung kamunya saja sih.

Pernah berpikir, dari SD hingga Sekolah Menengan Atas selalu diberi pelajaran bahasa inggris, berarti kira-kira dalam 12 tahun kalian selalu memperlajarinya, tapi kok tetep tidak bisa? Kalau main game saja 1 hari udah bisa. Nah, di sini niscaya ada sesuatu yang salah dan perlu diperbaiki.

Padahal nih ya, mencar ilmu bahasa inggris dalam satu tahun aja kau sudah bisa lancar banget lho, apalagi kalau udah 12 tahun menyerupai itu seharusnya kau sudah jadi master english. Kira-kira kenapa ya bisa menyerupai itu? Well, ada beberapa alasan kenapa hal menyerupai itu terjadi, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional no. 1

 orang indonesia yang bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya

“Bahasa Inggris Sangat Rumit” katanya
Benarkah bahasa inggris itu rumit? Bener dong, saya juga mengakuinya. Gimana tidak, dalam bahasa inggris ada hal-hal memusingkan sekali dikala dipelajari, contohnya kosakata yang asing banget, peraturan yang njelimet banyak pengecualiannya, pengucapan yang menciptakan pengecap mati rasa, dan masih banyak lagi.

Karena rumit, tentu butuh kesabaran dikala mempelajarinya. Kalau dihadapi dengan ketidaksabaran, hal yang rumit ini tentu saja akan menjelma sulit, jadinya tidak dipelajari dan hanya dreaming saja. Inilah kenapa mencar ilmu bahasa inggris menjadi sangat sulit.

Rumit iya, sulit tidak, tapi kalau rumit tidak dilandasi dengan kesabaran, ketelitian, dan kesungguhan maka rumit akan menjadi sulit, inilah intinya. Jadi, kalau kau tidak mau merasa sulit, bersabarlah, tekunlah, dan jangan banyak mengeluh.

Cara Belajar Yang Salah
Cara akan memilih hasil, cara salah maka hasil tidak akan maksimal dan begitu pula sebaliknya. Seperti yang saya singgung di atas, kita mencar ilmu bahasa inggris dari SD hingga Sekolah Menengan Atas kira-kira sudah 12 tahun tapi tetep saja kemampuan tidak ada peningkatan yang signifikan, sangat miris.

Hal ini disebabkan lantaran cara mencar ilmu yang salah, atau lebih tepatnya lantaran cara mencar ilmu yang tidak efektif. Selain itu, faktor psikologis juga berpengaruh, mulai dari paksaan untuk belajar, pengajar yang kurang menyenangkan, atau suasana dan kondisi lingkungan yang kurang nyaman juga turut menjadi biang kerok dari sulitnya mencar ilmu bahasa inggris.

Percuma sajakan kalau kurikulum disusun begitu rapi tapi dalam kenyataannya dilakukan dengan salah. Ditambah lagi dengan minat mencar ilmu yang rendah, duh.
Advertisement




Kurang Praktek atau Malah Gak Pernah Praktek
Nah ini salah satu dari bentuk mencar ilmu yang salah, tidak cuma di sekolahan saja, tapi ke semua aspek kehidupan. Apalagi dalam bahasa inggris di mana kemampuan untuk mempraktekkan sangat penting, saya jamin kalian tidak akan pernah bisa lancar berkomunikasi english bila kalian praktek saja tidak pernah, alasannya aib dan sebagainnya.

Come on guys, kenapa harus malu? Kamu gak harus praktek dengan orang yang tidak dikenal, pertama dengan teman-teman erat saja, kalau dibilang sok-sokan english, maka prakteklah dengan sahabat yang sama-sama lagi mencar ilmu bahasa inggris. Dengan praktek, teori-teori yang telah kau pelajari akan semakin sulit dilupakan, selain itu dengan praktek kau juga akan tau mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Menghafal Tanpa Pemahaman
Menghafal memang perlu dan cukup penting dalam beberapa aspek, tapi kalau menghafal saja tanpa ada pemahaman ya sama saja, di sini niscaya akan terasa sangat sulit. Memang, ada hal yang hanya bisa dilakukan dengan menghafal menyerupai memperbanyak kosakata, mencar ilmu idiom, dan lain sebagainya, tapi ingatlah bahwa hafalan saja tidak cukup untuk membuatmu bisa berkomunikasi bahasa inggris dengan lancar.

Di Indonesia sendiri, metode mencar ilmu dengan mengandalkan hafalan memang lebih banyak dilakukan, hasilnya tentu kurang maksimal lantaran akan praktis lupa dan tidak fleksibel dalam setiap kasusnya. Salah satunya yakni dalam mencar ilmu bahasa inggris ini. Kalau kau kini masih kesulitan dalam mempelajari english lantaran mayoritas menghafal, cobalah mengubah metodenya dengan memperbanyak pemahaman.

Motivasi Belajar Yang Rendah
Nah ini mungkin yang menjadi faktor paling besar kenapa mencar ilmu bahasa inggris itu sulit banget, yaitu terkait dengan motivasi kalian sendiri. Bagi saya pribadi, motivasi yang paling mujarab dalam segala hal yakni lantaran suka, bukan lantaran kewajiban atau yang lainnya. Dengan begitu saya akan dengan sukarela dan happy + enjoy mempelajarinya.

Saya kira kalian juga niscaya begitu, tanpa motivasi seenak apapun, semudah apapun niscaya akan percuma. Lain kalau kalian mempunyai motivasi yang positif, lantaran suka misalnya, atau lantaran kebutuhan, motivasi-motivasi menyerupai itu tentu akan membuatmu pantang mengalah dan enjoy dalam mempelajari bahasa inggris. Alhasil, sesulit apapun materinya akan terasa praktis dipelajari, coba deh!

Selanjutnya: Cara praktis dan cepat mencar ilmu bahasa inggris.
----
Oke ya, itulah ulasan wacana kenapa mencar ilmu bahasa inggris itu sulit. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan pembelajaran biar di kemudian hari dikala mencar ilmu english menjadi lebih praktis lagi. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan hingga jumpa.