Tuesday, April 10, 2012

Pengertian, Macam, Pola Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris – Halo, apa kabar kawan-kawan semuanya? Semoga sehat selalu ya. Sesuai judulnya, kita kali ini akan membahas mengenai clause, pembahasan kita fokuskan pada pengertian, macam, dan contohnya. Sebelumnya, saya juga sudah membahas perihal clause, menyerupai noun clause, adjective clause, dan adverbial clause. Dari klarifikasi itu, saya malah lupa belum membuat pembahasan mengenai dasarnya, yaitu apa itu clause?

Hehe, maaf ya kelupaan, di situ saya hanya menyinggung sedikit sekali perihal apa itu clause. Nah, kali ini mumpung saya lagi inget, saya akan membuat pembahasannya, InsyaAllah lengkap. Langsung saja, berikut pembahasannya:

Baca juga bahan perihal clause yang pernah saya buat: Materi Clause.

 Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris
Pengertian Clause
Pada dasarnya, yang dimaksud dengan clause yaitu rangkaian kata yang bermakna dan berpola subject + predicate (subjek + kata kerja), serta tidak diakhiri dengan tanda baca. Nah, clause ini sanggup bangun sendiri dan juga sanggup pula tidak sanggup bangun sendiri, hal ini tergantung dengan macamnya.

Contohnya:
  • You buy a book
  • Because you have money
Itulah clause, yang atas sanggup bangun sendiri alasannya yaitu maknanya sudah cukup jelas, sedangkan yang bawah tidak sanggup bangun sendiri alasannya yaitu maknanya kurang jelas, “because apaan coy”. Mungkin kalian akan bertanya, apa bedanya clause dengan sentence? Praktis saja, bila clause itu rangkaian kata yang belum tentu terang dan kurang utuh alasannya yaitu sanggup saja menimbulkan pertanyaan, serta tidak mempunyai tanda baca akhir.

Tapi, bila sentence merupakan rangkaian kata yang terang maknanya dan utuh tanpa menimbulkan pertanyaan, serta mempunyai tanda baca akhir.

Contoh sentence:
You buy a book because you have money.

Kau lihat, teladan clause sebelumnya sanggup digabung dan akan menjadi sentence untuk memperlihatkan kejelasan yang utuh. Jadi, Sentence (kalimat) disusun dengan beberapa clause (setidaknya harus ada satu clause), tapi bukan berarti clause itu sentence.

Sudah paham ya dengan apa yang dimaksud clause? Oke, kini kita masuk pada pembahasan macam-macamnya, berikut ini:

Macam-macam Clause
Main Clause (Independent Clause)
Main clause merupakan rangkaian kata yang sanggup bangun sendiri, dalam artian maknanya sudah cukup jelas. Ingat, namanya clause yang selalu tidak memakai tanda baca akhir, bila clause ini dikasih tanda baca selesai maka akan menjadi sentence (simple sentence)

Contoh main clause (independent clause):
  • I like bananas (Saya suka pisang)
  • I met her in Paris (Saya bertemu ia di Paris)
  • Diane kicked the soda (Diane menendang soda)
  • She was born in Spain (Dia lahir di Spanyol)
  • We went back to work (Kami kembali bekerja)
  • I'll be home tomorrow (Aku akan pulang besok)
  • She held out the hand (Dia mengulurkan tangan)
  • The door opened (Pintu terbuka)
  • They will visit you (Mereka akan mengunjungi Anda)
  • I went to the show (Aku pergi ke acara)
  • My dog loves pizza (Anjing saya mengasihi pizza)
  • She wrote a letter (Dia menulis surat)
  • She is the best girl (Dia yaitu gadis terbaik)
Advertisement




Subordinate Clause (Dependent Clause)
Kalau ini kebalikannya dari independent clause, yaitu rangkaian kata yang tidak sanggup bangun sendiri alasannya yaitu bila bangun sendiri akan membuat rangkaian kata yang mengambang serta tidak jelas, clause ini selalu memakai conjuction (kata penghubung di depannya). Agar tidak mengambang dan bermakna, clause ini selalu digabung dengan main clause (independent clause).

Contoh Sub clause (dependent clause):
  • Where I lived as a small child
  • After She picks me up
  • That a cheeseburger was no longer appetizing
  • When Diane kicked the soda
  • After we had had lunch
  • Since she laughs at diffident men
  • When the saints go marching in
  • Because she smiled at him
  • Because the man pushed it
  • Whether the homework was necessary
  • That was very popular
  • Because my dog loves pizza
  • But he is honest
  • Though I am poor
  • Unless you work hard
Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris
Kalau teladan di atas masih sendiri-sendiri, tapi teladan di bawah ini sudah saya gabung antara independent clause dengan subordinate clause sehingga membuat rangkaian kata yang sempurna, utuh, dan tidak mengambang.
Contoh Kalimat ClauseArtinya
I wondered whether the homework was necessary.Saya bertanya-tanya apakah pekerjaan itu diperlukan.
They will visit you before they go to the airport.Mereka akan mengunjungi Anda sebelum mereka pergi ke bandara.
He is poor but he is honest.Dia miskin tapi ia jujur.
You must work hard or you can't success.Anda harus bekerja keras atau Anda tidak sanggup sukses.
Though I am poor, I am happy.Meskipun saya miskin, saya senang.
Unless you work hard, you will fail.Kecuali Anda bekerja keras, Anda akan gagal.
While I was driving, I noticed the leaves had begun to turn autumn colours.Sementara saya sedang mengemudi, saya melihat daun mulai berubah warna demam isu gugur.
I like you because you are so sweet.Aku suka kau alasannya yaitu kau begitu manis.
I will wait to buy a car until I have saved more money.Aku akan menunggu untuk membeli kendaraan beroda empat hingga saya telah menyimpan lebih banyak uang.
When Angela visits, we will surprise her with a birthday party.Ketika Angela berkunjung, kami akan memperlihatkan kejutan dengan pesta ulang tahun.
Nate will be late for the concert because he can't get a ride right away.Nate akan terlambat untuk konser alasannya yaitu ia tidak sanggup mendapat tumpangan segera.
Before Natasha takes her driving test, she needs to practice.Sebelum Natasha mengambil tes mengemudi, ia perlu berlatih.
I gave him my address, but he didn't contact me.Aku memberinya alamat saya, tapi ia tidak menghubungi saya.
After he left work, he headed straight for the hotel.Setelah ia meninggalkan pekerjaan, ia pribadi menuju hotel.
Although she's the best in the class, she did badly in the exams.Meskipun ia yaitu yang terbaik di kelas, ia jelek dalam ujian.
I fished until the sun went down.Saya memancing hingga matahari terbenam.
----
Oke ya, itulah pembahasan kita kali ini perihal pengertian, macam, dan teladan kalimat clause dalam bahasa inggris. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan pemahaman kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan hingga jumpa lagi.