Monday, April 9, 2012

Cara Menghafal Dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris – Membahas perihal kosakata memang menarik, kosakata merupakan hal paling dasar namun menjadi inti dalam komunikasi bahasa inggris. Sebaik apapun kalian menguasai teori ataupun grammar bahasa inggris, akan sama saja jikalau tidak dibarengi dengan menguasai kosakata, hal ibarat ini pernah saya alami sendiri, hehe.

Ya, saya pernah mengalami kondisi di mana teori dan grammar sudah saya kuasai namun kosakata yang saya kuasai masih kurang. Damn, saya merasa sama saja, mau bicara ini gak bisa, bicara itu gak bisa, padahal saya tau tatabahasa yang harus digunakan.

Sayang banget ‘kan? Akhirnya mau tak mau saya musti menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris. Menghafal dan memperbanyak kosakata itu bersama-sama mudah, yang jadi sulit ialah bagaimana melakukannya dengan efektif dan tidak dilupakan lagi, itulah tantangannya.

Nah, berkaitan dengan cara menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris, saya mempunyai beberapa cara yang ampuh, cara ini bisa kalian coba di rumah, berikut caranya:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor 1.

Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Menggunakan Metode Clustering
Metode Clustering ialah metode dengan cara melaksanakan pengembangan dari satu kata ke kata lain. Pilihlah satu kata, kata apa saja bebas. Ambil contoh, misalkan kata School, dari satu kata yaitu school kita sanggup menyebarkan ke kata lain yang berkaitan bersahabat dengan kata school (sekolah), ibarat Student, teacher, table, book, building, lessons, learn.

Dari kata hasil pengembangan, misalkan student (hasil pengembangan dari kata school), kita sanggup kembangkan lagi ke kata yang berkaitan dengan student ibarat smart, diligent, lazy, dan seterusnya. Pelajari setiap kata hasil pengembangan, baik itu artinya, persamaan katanya, perubahan katanya, jenis katanya (parts of speech), dan lain sebagainya.

Dalam satu hari secara konsisten kau sanggup menyebarkan satu kata saja, maka dalam satu tahun kau sudah akan sangat kaya vocabulary, dengan syarat jangan pribadi dilupakan. Agar tidak gampang lupa, setiap ada kata baru, maka buatlah kalimat dengat kata tersebut lalu ucapkan dan tulis kalimat tersebut, ini akan membantu mengingat kata-kata yang pernah kau hafalkan.

Sering Membaca Artikel Berbahasa Inggris
Cara ini bener-bener ampuh, hingga ketika ini masih saya gunakan. Setiap ada waktu senggang, saya sering menghabiskannya untuk membaca artikel berbahasa inggris. Saya sering membukan situs berbahasa inggris untuk membaca sesuatu, bisa tips n trick, gosip dan sebagainya, selain sanggup info saya juga sering sanggup vocabulary baru, yummy bukan?

Setiap ada kosakata yang tidak kau mengerti maksud dan artinya, maka berhenti membaca dan cobalah untuk menerjemahkannya, gunakan terjemahan Google Translate. Agar gampang memakai Google Translate, pasanglah Extension Google Translate di browser kau (Google Chrome), dengan begitu ketika ada kata yang tidak kau mengerti maka tinggal diblock saja kata tersebut, lalu secara otomatis akan muncul terjemahannya.

Selain Membaca, Menulislah!
Ini memang sedikit sulit kalau kalian masih awam dengan grammar, tapi kalau kalian sudah cukup menguasai grammar dan ingin memperbanyak vocabulary maka cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Ketika kalian menulis sesuatu dengan bahasa inggris, sangat mungkin kalian akan menuliskan suatu kata yang tidak tau apa bahasa inggrisnya, nah di sinilah kalian bisa memperbanyak kosakata.
Advertisement




Kalian bisa menulis di word atau media lainnya, kalau kalian suka ngeblog maka tulislah di blog masing-masing. Saya sendiri merekomendasikan untuk menulis di blog biar ada yang mengoreksi goresan pena kalian, kalau ada salah-salah kan biasanya para pengunjung akan berkomentar untuk memberitahu kesalahan kau tersebut, tidak duduk perkara mereka mengkritik, menghina dan mencela, yang penting kau bisa mencar ilmu dan tahu letak kesalahannya.

Selain semoga ada yang mengoreksi, saya merekomendasikan menulis di blog sebab jikalau goresan pena kau anggun dan menarik, ada potensi untuk menarik banyak pengunjung, hasilnya bisa kau uangkan juga blog kau itu, yummy ‘kan? Menghafal dan memperbanyak kosakata sambil cara duit, mantap!

Cari Partner Yang Sama-sama Sedang Belajar English
Jujur saja, kalau ada temennya niscaya asyik dan tidak membosankan, bisa mencar ilmu bersama, bisa saling bantu, dan bisa saling mengoreksi. Di sini kau bisa pribadi berkomunikasi dengan temanmu itu, dengan begitu secara otomatis kau juga akan mencar ilmu menghafal dan memperbanyak kosakata.

Selain duduk perkara kosakata, ketika kau berkomunikasi pribadi dengan orang lain, kau juga akan mengasah grammar. Kalau dengan sahabat sendiri jangan malu-malu ya, jangan aib kalau salah, jangan aib bertanya, pokoknya santai saja, cari sahabat yang nyaman untuk diajak mencar ilmu bersama.

Menghibur Diri Sambil Belajar
Tahukah kamu, ada banyak hiburan yang tidak hanya akan menghiburmu saja lho, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu. Sederhana saja, misalnya ialah nonton film berbahasa inggris, di sini selain terhibur kau bisa pula memperhatikan apa yang mereka ucapkan. Bukankah itu mengasyikkan?

Selain di film, kau juga bisa streaming video berbahasa inggris di Youtube. Pokoknya gak bakal bosen deh jikalau mencar ilmu sambi menghibur diri begitu. Kalau kau kurang fokus mencar ilmu dengan nonton film atau video, kau juga bisa download aplikasi di PlayStore untuk mencar ilmu kosakata. Ada banyak aplikasi yang bisa kau gunakan, misalnya ialah PowerVocab, Vocab Builder, Dictionary.com Flashcards, Miss Spell’s Class, SAT Vocabulary, English Vocabulary, dan masih banyak lagi, silahkan download yang paling kalian sukai.

Yang Paling Penting, NIAT, KERJA KERAS, dan PANTANG MENYERAH
Apapun metode dan cara menghafal serta memperbanyak kosakata yang kau gunakan, kalau kau loyo dan tidak bersemangat ya sama saja. Sebelum kau mulai menghafal dan memperbanyak, niatkan hatimu dengan mantap, lalu lakukan dengan kerja keras, kalau ada kesulitan jangan mengalah dan tetap semangat.

Ingat, kalau kau pengen instan, cobalah untuk memakan kamus bahasa inggris saja, siapa tau kau pribadi kaya akan kosakata, hehehe, bercanda ya, di dunia ini tidak ada yang instan, musti didahului dengan kerja keras.

Selanjutnya: Kumpulan kosakata bahasa inggris dan artinya.
----
Oke ya, itulah beberapa cara menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris yang sanggup saya berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kau meningkatkan serta memperkaya kosakata. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan hingga jumpa lagi.