Tuesday, April 3, 2012

Materi Berguru Bahasa Inggris Yang Pokok Dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula

Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula – Membahas perihal bahan bahasa inggris yang pokok, bersama-sama semua materinya itu pokok dan wajib, pasalnya satu bahan saja tidak kalian pelajari maka bahasa inggris kalian tidak akan sempurna, betul’kan? Tapi bagi pemula yang gres saja berguru atau sedang mau belajar, niscaya galau mau berguru apa saja, betul tidak?

Kalau aku dulu sih begitu, hehe.. aku cukup paham dengan hal tersebut, lantaran itulah artikel ini aku buat dan biar menjadi solusi tepat untuk kalian dalam memulai berguru bahasa inggris. Jangan khawatir, bersama-sama bahasa inggris itu mudah, materinya memang banyak dan suka membingungkan, rumit pula, maka dari itu pelajarilah dengan sabar lantaran untuk menguasai suatu hal itu butuh proses.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari-cari bahan bahasa inggris yang wajib dan pokok untuk dipelajari, sesuai pengalaman langsung aku akan menunjukkan materi-materinya. Perlu kau tau, urutan bahan di bawah ini disusun secara random, tidak disortir berdasarkan yang paling penting, kenapa? Jujur saja aku tidak mampu untuk menentukan mana yang paling penting, silahkan kalian putuskan sendiri! Oke, berikut list materinya:

Sebelumnya, baca juga: Cara gampang dan cepat berguru bahasa inggris.

Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula

Parts Of Speech
Parts of speech yakni penggolongan kata dalam bahasa inggris, dikenal ada 8 macam antara lain verb (Kata kerja), noun (kata benda), pronoun (kata ganti), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), conjuction (kata sambung), preposition (kata depan), dan yang terakhir yakni interjection (kata seru). Nah, berdasarkan aku ini merupakan salah satu yang paling penting.

Dengan berguru ini, kalian akan bisa mengklasifikasikan setiap kosakata dalam bahasa inggris, dan tentu saja akan sangat membantu saat kalian akan menyusun kalimat lantaran intinya suatu kalimat niscaya disusun memakai parts of speech ini. Kemudian, perlu kau perhatikan juga bahwa ada beberapa kosakata yang bisa digolongkan ke dalam dua jenis parts of speech, jadi hati-hati dan pastikan kalian mencermatinya.

Verb Form
Bisa dikatakan bila verb form ini bersama-sama masuk pada parts of speech, tapi aku ingin mengkhususkannya lantaran menurutku sangat-sangat penting untuk dipelajari terlebih dahulu bagi para pemula. Lalu, taukah kau apa itu verb form? Kalian niscaya pernah denger verb1, verb2, dan verb3 kan? Nah itulah yang dinamakan verb form.

Di dalam bahasa inggris, verb berdasarkan waktu dan peristiwanya dibedakan menjadi 6 yaitu to infinitive (to + verb1), bare infinitive (verb1), additional infinitive (verb1), past tense (verb2), past participle (verb3), dan yang terakhir yakni present participle (verb + ing). Ketika dipakai dalam kalimat, kesemua jenis verb form tersebut akan dipakai sesuai waktu dan peristiwanya (tenses).

Summary of Sixteen Tenses
Nyambung terkait verb form di atas, di dalam bahasa inggris dikenal adanya 16 tenses, tenses tersebut di antaranya yakni sebagai berikut:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing
Silahkan pelajari bahan tenses di atas satu persatu, tentu saja tenses di atas penggunaannya berbeda-beda tergantung waktu dan insiden yang dimaksudkan.
Advertisement




Passive Voice
Kalau kalian mengaplikasikan tenses di atas, kalian akan berkomunikasi memakai kalimat aktif, kemudian bagaimana saat kalian ingin berkomunikasi memakai kalimat passive? Jawabannya yakni passive voice, ini merupakan suatu cara untuk berkomunikasi secara passive. Kalian tau belum yang ibarat apa aktif dan pasif itu? Begini contohnya, “saya memukul” – aktif.... “saya dipukul” – pasif, paham ya bedanya cuma “me” dan “di” saja kok.

Sama ibarat rumus tenses di atas, passive voice juga mempunyai rumus-rumus tersendiri, berikut rumusnya:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + Is/am/are + Verb3S + Was/were + Verb3S + Will/shall + Be + Verb3S + Would/should + Be + Verb3
ContinuousS + Is/am/are + Being + Verb3S + Was/were + Being + Verb3S + Was/were + Being +S + Would/should + Be + Being + Verb3
PerfectS + Have/has + Been + Verb3S + Had + Been + Verb3S + Will/shall + Have + Been + Verb3S + Would/should + Have + Been + Verb3
Perfect continuousS + Have/has + Been + Being + Verb3S + Had + Been + Being + Verb3S + Will/shall + Have + Been + being + verb3S + Would/should + Have + Been + Being + Verb3
Sentence Classification
Selanjutnya, bahan berguru bahasa inggris yang pokok dan penting dipelajari bagi pemula yakni perihal sentence classification. Sentence classification yakni suatu pembagian kalimat, jadi kalimat dalam bahasa inggris itu dibagi-bagi jenisnya, ada dua yaitu by ordinary dan by structure. By ordinary sendiri dibagi menjadi dua lagi yaitu nominal sentence dan lisan sentence.

Sedangkan untuk by structure sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yakni statement, question, dan command/request. Nah, silahkan pelajari materi-materi ini.

Alphabet, Number, and Time
Ini merupakan bahan yang sangat dasar, tapi jujur saja aku tak pernah meremehkannya. Sekarang aku tanya, bahasa inggrisnya jam 10.45 apa? Bahasa inggrisnya 2 ½? Bagaimana membaca abjad H? Kalau kalian belum bisa menjawab itu semua dengan yakin, maka memang perlu untuk mempelajari materi-materi ini.

Jangan lupa, Perbanyak Kosakata!
Nah ini, aku dulu pernah tidak terlalu mempermasalahkan kosakata (meremehkan), hampir tidak aku perbanyak. Alhasil, saat aku merasa sudah menguasai materi-materi di atas dan bahan tingkat lanjut, ternyata aku tetep tidak bisa/sulit berkomunikasi dengan lancar, ada yang tau kenapa? Jawabannya yakni lantaran aku benar-benar masih miskin kosakata! Bagaimana aku bisa berkomunikasi english bila aku tidak tau bahasa inggrisnya, konyol’kan?

Kosakata merupakan salah satu bahan yang hanya bisa kalian kuasai dengan menghafal, dan aku kebetulan tidak terlalu suka dengan menghafal, inilah alasan yang menambah aku untuk “telat” mempelajarinya, jangan ditiru ya!
----
Itulah beberapa bahan berguru bahasa inggris yang pokok dan wajib dipelajari bagi pemula. Semua bahan di atas pernah aku ulas di blog ini, silahkan diubek-ubek dicari sendiri ya, kunjungi Daftar Isi untuk mempermudah mencarinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini juga ya! Thanks dan hingga jumpa lagi.