Thursday, April 26, 2012

Penggunaan Dan Rujukan Kalimat Also, Too, Either, As Well

Penggunaan dan Contoh Kalimat Also, Too, Either, As Well – Sering ya menjumpai penggunaan also, too, either dan as well? Kata tersebut artinya sama, yaitu bermakna “juga”. Tapi yang jadi pertanyaan yaitu apa bedanya di antara keempat kata di atas? Perbedaan di antara keempatnya tidak terlalu besar, walau demikian tetep harus dibedakan alasannya terasa gila bila tidak sempurna dalam penggunaannya.

Untuk memakai keempat kata tersebut, setidaknya kau harus memperhatikan 3 hal, yaitu letak penggunaan dari kata-kata tersebut (di awal, di akhir, atau di tengah kalimat), bentuk kalimat, serta dipakai dalam hal apa kata tersebut (Writing/speaking), nah inilah yang menimbulkan also, too, either dan as well berbeda.

Lalu menyerupai apa penggunaan also, too, either dan as well itu? Biar gak bingung, eksklusif saja saya jelaskan secara detail di bawah ini, plus referensi kalimatnya:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan penggunaan “just” dan “only”.

 Tapi yang jadi pertanyaan yaitu apa bedanya di antara keempat kata di atas Penggunaan dan Contoh Kalimat Also, Too, Either, As Well

Penggunaan Also
Also lebih sering dipakai pada writing, walaupun sanggup juga dipakai pada speaking namun penggunaannya kurang umum. Dalam prakteknya, penggunaan also sanggup diletakkan baik di awal, tengah, maupun di simpulan kalimat.

Ketika kau ingin menunjukkan penitikberatan pada kalimat, also sanggup diletakkan di awal. Also sanggup kau letakkan sesudah subjek, tapi bila dalam kalimat memakai be atau modal verb, letakkan also sesudah be dan modal tersebut, bila ada beberapa be atau modal maka letakkan sesudah be/modal yang pertama.

Contoh kalimat also:
  • I love chocolate. Also, I love Pizza. (Saya suka coklat. Saya juga suka Pizza.)
  • I’m a teacher, and my brother is, also. (Saya yaitu seorang guru dan saudaraku juga.)
  • He also helped us. (Dia juga membantu kami.)
  • I was also there. (Saya juga (ada) di sana.)
  • I have also been to Hong Kong. (Saya juga telah berkunjung ke Hong Kong.)
  • I can also speak French. (Saya juga sanggup berbahasa Prancis.)
Advertisement




Penggunaan Too
Too lebih sering dipakai untuk kalimat bentuk positif, dan diletakkan di simpulan kalimat. Tapi sanggup juga kau letakkan sesudah subjek bila akan menunjukkan penitikberatan yang mengarah pada si subjek tersebut.

Contoh kalimat too:
  • He is Canadian too. (Dia juga orang kanada.)
  • If he wants to go too, he should meet us at 8:00. (Jika beliau ingin pergi juga, ia harus menemui kami jam 8:00.)
  • I too believe that everyone needs a friend. (Saya juga percaya bahwa setiap orang membutuhkan teman.)
  • Donna is working on a solution to the problem. I, too, am trying to find a way to resolve the conflict. (Donna sedang mencoba sebuah solusi untuk duduk perkara ini. Saya juga mencoba untuk menemukan cara untuk menuntaskan konflik.)
Penggunaan Either
Either dipakai untuk kalimat negative, dan diletakkan pada simpulan kalimat.

Contoh kalimat either:
  • I didn't like the movie either. (Saya juga tidak suka filmnya.)
  • I don't want to eat either. (Saya juga tidak mau makan.)
  • I don't love chocolate. I don't love pizza either. (Saya tidak suka coklat. Saya juga tidak suka Pizza.)
  • He cannot read either. (Dia juga tidak sanggup membaca.)
  • She wasn’t busy either. (Dia juga tidak sibuk.)
Baca juga: Perbedaan penggunaan much, many, a lot of.

Penggunaan As Well
As well pada umumnya dipakai pada speaking, bahkan lebih umum daripada also, dan as well ini kurang umum untuk dipakai pada writing. As well sanggup diletakkan pada tengah dan simpulan kalimat.

Contoh kalimat as well:
  • I like carrot cake, as well as chocolate cake. (Saya suka masakan ringan elok wortel, juga masakan ringan elok coklat.)
  • My father likes carrot cake. My mom, as well, like carrot cake. (Ayahku suka masakan ringan elok wortel. Ibuku juga suka masakan ringan elok wortel.)
  • We went to New York, Boston and Atlanta as well. (Kita pergi New York, Boston dan juga Atlanta.)
Selanjutnya: Perbedaan penggunaan hope dan wish.
----
Oke, di atas yaitu ulasan ihwal penggunaan dan referensi kalimat also, too, either, dan as well. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman kalian. Sampai jumpa lagi.