Friday, April 27, 2012

Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris – Ada majemuk gaya bahasa dan kalimat yang dapat kau gunakan untuk menawarkan respon atau membalas ucapan terimakasih dari orang lain. Membalas ucapan terimakasih merupakan bentuk keformalitasan dan kesopanan yang kita tunjukkan kepada orang lain. Dengan membalas ucapan terimakasih, kita memperlihatkan perilaku yang ramah, tidak hirau tak acuh, rendah hati, serta menghargai ucapan terimakasih dari orang lain tersebut.

Kamu mungkin sudah mengetahui jika membalas ucapan terimakasih itu dapat dengan mengucapkan “you’re welcome/you are welcome”, ucapan ini paling sering dan paling umum digunakan, saking seringnya saya sendiri jadi sedikit bosen mendengar dan melihatnya, apalagi menggunakannya :D. jika kau juga bosen dengan ungkapan You’re welcome, kau boleh mengunakan variasi-variasi lainnya.

Ada banyak variasi yang dapat kau gunakan, nah apa sajakah itu? Berikut saya berikan variasi membalas ucapan terimakasih dalam bahasa inggris yang hingga dikala ini saya ketahui, variasi ini tentu saja acceptable dan cukup sering digunakan.

Selain you’re welcome/you are welcome, variasi ucapan lainnya di antaranya adalah:

Sebelumnya, baca juga: Variasi ucapan selamat ulang tahun.

Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Don’t Mention It
Artinya “gak apa-apa/jangan sebutkan itu/terimakasih kembali”. Ini yaitu ucapan kesopanan untuk membalas ucapan terimakasih atau seruan maaf dari orang lain, yang bergotong-royong ucapan terimakasih dan seruan maaf tersebut tidak perlu diucapkan oleh orang tersebut. Artinya kita sudah sangat ikhlas, dan tidak mengharapkan ucapan terimakasih dari orang itu.

Contoh:
  • Don’t mention it, dear boy.
  • Man, don't mention it; what are friends for?
  • No, don't mention it; I'm sorry I knocked you over.
  • Please don't mention it.
Not At All
Artinya “tidak perlu/tidak sama sekali”, ini dapat juga kalian gunakan untuk membalas ucapan terimakasih atas sumbangan kecil dan tidak memberatkan yang kau berikan kepada orang lain.
Advertisement




No Problem
Artinya “tidak masalah”, dapat juga kau gunakan jika sumbangan yang kau berikan memang benar-benar bukan menjadi persoalan bagimu, ini hampir sama dengan not at all. Sebagai alternative, kau juga dapat mengucapkan no worries, ini sangat umum dipakai di Australia.

My Pleasure
Artinya “dengan bahagia hati”, lebih cocok kau gunakan ketika ada orang yang mengucapkan terimakasih sebab terbantu dengan karya atau perjuangan keras yang kau lakukan, tidak sekedar sumbangan biasa, walaupun ini juga dapat kau gunakan untuk sumbangan biasa. Sebagai alternative, kau juga dapat mengucapkan “It was a pleasure”,  “It was my pleasure”.

Ungkapan Lainnya
Masih ada banyak variasi membalas ucapan terimakasih yang dapat kau ucapkan, seperti:
  • No sweat – “perkara mudah/gampang”
  • No biggie – kependekan dari no big deal, artinya “bukan persoalan besar/gampang”
  • You’re quite welcome – “terimakasih kembali”
  • You’re very welcome – “terimakasih kembali”
  • It’s ok – “Oke”
  • It’s no bother – “Gak masalah”
  • It’s/that’s all right – “Gak masalah”
  • It’s nothing -“Gak perlu / gak apa-apa”
  • Sure – So pasti
  • Sure thing – “Pastinya”
  • Certainly – “so pasti/pastinya”.
  • Anytime - “Selalu/kapan saja”
Tapi bagaimana pun, bergotong-royong kau boleh memakai ungkapan manapun dalam situasi apapun, kecuali dalam komunikasi formal menyerupai penelitian, undangan, dan sebagainya. Kalau formal, saya sarankan kau memakai you are welcome saja, sebab ungkapan ini paling diterima secara umum, enggak cuma di formal saja, you are welcome masing menjadi yang paling diterima disegala situasi dan kondisi. Atau suatu ketika jika kau ragu mau memakai yang mana, maka gunakan saja you are welcome.

Selanjutnya: Aturan penggunaan s/es.
----
Oke, itulah beberapa variasi membalas ucapan terimakasih dalam bahasa inggris yang dapat kau gunakan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah ilmu serta pengetahuan kalian semua. Thanks.