Friday, December 20, 2019

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction)

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction) – Terkadang kita diharuskan untuk memperkenalkan diri kita kepada orang lain, baik dikala kelas gres dimulai, di forum-forum tertentu, atau hanya sekedar memperkenalkan diri kita kepada orang yang gres kita jumpai. Jika memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia mungkin sudah tidak menjadi problem yang besar, namun akan menjadi suatu problem tersendiri kalau kita diharuskan memperkenalkan diri memakai bahasa inggris, ada yang menyampaikan bahwa memperkenalkan diri memakai bahasa inggris tidak semudah memakai bahasa Indonesia. Sebenarnya tidak sesulit itu, hanya butuh sedikit waktu untuk mempelajarinya saja.

Mungkin bahan cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris yang akan kita bahas ini sanggup membantu kalian, selamat menyimak.

Kenapa Harus Repot-repot Untuk Memperkenalkan Diri
Jangan salah, perkenalan yakni hal yang sangat penting alasannya kegiatan ini yakni suatu bentuk kegiatan awal kita untuk menjalin suatu pola kekerabatan dan kondisi yang aman antar sesama. Keuntungan yang kalian sanggup yakni kalian sendiri akan merasa nyaman bergaul dengan orang yang sudah kalian kenal, iya’kan? Bahkan ada ucapan ‘tak kenal maka tak sayang”, nah itu kuncinya.

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris  Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction)

Apa Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Memperkenalkan Diri
Sebelum kalian memperkenalkan diri kepada orang lain, pikirkan terlebih dahulu bagaimana kalian akan memperkenalkan diri, mungkin point-point berikut ini sanggup membantu kalian :

Ketenangan, perkenalan bukanlah sesuatu yang mengerikan dan menakutkan, jadi tidak ada alasan untuk gugup, grogi, apalagi takut. Bicaralah dengan santai, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dengan perlahan.

Sopan santun dan gesture tubuh, perhatikan bahasa yang akan kalian pakai, sopanlah (jangan pula membicarakan hal-hal yang tidak senonoh/tidak baik/jorok). Jangan hingga orang lain merasa tidak dihormati dan dihargai. Perhatikan pula tingkah kalian, jangan melaksanakan banyak gerakan yang tidak penting, bergeraklah seperlunya.

Salam dan jabat tangan, berilah salam yang hangat kepada orang lain dikala kalian akan memperkenalkan diri. Jika dirasa perlu dan memungkinkan, berjabat tangan yakni hal yang sangat dianjurkan.

Baca juga: Contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris.

Langkah-langkah Dalam Memperkenalkan Diri
Berikut yakni langkah-langkah yang sanggup kalian lakukan dikala memperkenalkan diri kalian :

Salam dan menyapa, hal pertama yang perlu dilakukan yakni menunjukkan salam dan menyapa, gunanya untuk melebur rasa tegang dan supaya kau dan orang lain merasa nyaman. Dalam memberi salam dan menyapa, kalian sanggup memakai “Hi, everyone. Good morning”,”Hello everybody, good evening”, “Assalamu’alaikum Wr.Wb. Good afternoon everyone”, atau memakai salam dan sapaan sesuai dengan yang kalian inginkan.

Utarakan maksud kalian, dalam memperkenalkan diri, tentu maksud dan tujuan kalian yakni memperkenalkan diri kalian masing-masing, dalam mengutarakan maksud dan tujuan, sobat sanggup memakai “Let me introduce myself”, “I would like to introduce myself”, “Allow me to introduce myself”, “I’m here to introduce myself”. Atau kalian sanggup memakai kalimat-kalimat lain untuk mengutarakan maksud dan tujuan dalam perkenalan yang akan dilakukan.
Advertisement




Mulailah memperkenalkan diri, dikala kalian telah memulai dalam memperkenalkan diri, sampaikan nama lengkap kalian, nama panggilan, alamat dan asal, dan hal-hal lainnya yang dirasa perlu. Untuk memberikan nama lengkap, kalian sanggup memakai “My complete name is…”, “My name is…”. Sedangkan untuk nama panggilan, kalian sanggup memakai “My nickname is..”, “You can call me..”.

Sampaikan kalimat penutup, untuk menunjukkan kalimat penutup, kalian sanggup memakai “It is a pleasure to meet you”, “Nice to meet you”, “Thank you for your attention”, “Thank you very much”, “This is the end of my self-introduction”, atau kalimat-kalimat lainnya yang kalian sukai.

Contoh Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris
Anda sanggup melihat dan mendengarkan pola memperkenalkan diri dalam video di bawah ini. Enjoy.



Contoh pertama :
"Hello everyone, good afternoon. Allow me to introduce myself, my name is Bambang Sucipto, you can call me Bambang. I’m from Yogyakarta and I live at Jl. Senopati KM 8, Bantul. And I was born in Bantul, October 27th 1993.

I live with my parents. My mother's name is Mrs. Azahri, and my father's name is Mr. Sucipto. My father is a journalist while my mother is an elementary school teacher.
Okay, I Think that’s all and It is a pleasure to meet you. I hope we can be a good friend. Thank you very much."


Terjemahan :
"Halo semuanya, selamat siang. Izinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Bambang Sucipto, kalian sanggup memanggilku Bambang. Saya berasal dari Yogyakarta dan saya tinggal di Jl. Senopati KM 8, Bantul. Dan saya lahir di Bantul, 27 Oktober 1993.

Saya tinggal dengan orangtua saya, ibuku berjulukan Azahri, dan ayahku berjulukan Sucipto. Ayahku yakni seorang wartawan sedangkan ibuku yakni seorang guru SD.
Oke, saya rasa itu saja dan bahagia bertemu dengan kamu. Aku harap kita sanggup menjadi teman yang baik. Terimakasih banyak."

Contoh kedua :
"Assalamu’alaikum Wr.Wb. Good afternoon everyone. I would like to introduce myself, I’m Muhammad Subrata and you can call me Subrata. I’m from Makassar, I moved from Makassar to this city because I will study at one of the universities in this city. In this city, I live at boarding house, and my boarding house at Jl. Senturan Kulo, Umbulharjo.

In boarding house, I live alone, not with my parents. My father’s name is Mr. Gilang, he is an accountant, while my mother’s name is Mrs. Farida, she is a housewife.


I was born in Makassar, December 22nd 1995. And by the way, I have many hobbies, one of my hobbies is swimming, I really like to swim. If any of you who also like to swim, I hope someday you want to swim with me.


That’s all and thank you for your attention. Nice to meet you all."


Terjemahan :
"Assalamu’alaikum Wr.Wb. selamat siang semuanya. Saya ingin memperkenalkan diri saya, saya Muhammad Subrata dan anda sanggup memanggil saya Subrata. Saya dari Makassar, saya pindah dari Makassar ke kota ini alasannya saya akan berguru di salah satu universitas yang ada di kota ini. In this city, saya tinggal di kos, dan kos saya di Jl. Senturan Kulo, Umbulharjo.

Di kos, saya tinggal sendiri, tidak dengan orangtua saya. Ayah saya berjulukan Gilang, beliau yakni seorang akuntan, sedangkan ibu saya berjulukan Farida, beliau yakni seorang ibu rumah tangga.

Saya lahir di Makassar, 22 Desember 1995. Dan ngomong-ngomong, saya punya banyak hobi, salah satu hobi saya yakni berenang, saya benar-benar suka berenang. Jika diantara kau ada yang suka berenang juga, saya harap suatu hari nanti kau mau berenang dengan saya.

Itu saja dan terimakasih atas perhatian kalian. Senang bertemu dengan kalian semua."

Selanjutnya: Contoh percakapan memesan hotel via telepone memakai bahasa inggris.
------------
Oke, diatas yakni cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris (Introduction) beserta misalnya yang sanggup kalian pelajari. Semoga mempunyai kegunaan dan bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba-coba menciptakan introduction kalian masing-masing. Nah kini biarkan saya mengenal diri anda, perkenalkan diri anda kepada saya melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu ya.