Saturday, December 21, 2019

Pengertian, Rumus, Dan Pola Kalimat Simple Present Tense

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense – Tense ini yaitu bab dari present tense, sebelumnya saya juga telah menjelaskan secara luas bahan present tense, namun untuk kali ini lingkup pembahasan akan dipersempit  dan hanya akan membahas simple present tense, baik itu pengertian, rumus maupun pola kalimat simple present tense. Menurut saya pribadi, Tense ini sangat utama untuk kalian dipelajari alasannya yaitu simple present tense yaitu tense yang paling sering digunakan. Hal ini sangat wajar, alasannya yaitu waktu aktifitas atau tragedi dari simple present tense yaitu “saat ini” atau sanggup dibilang bahwa simple present tense yaitu bentuk kata kerja yang secara umum dikuasai dalam keseharian kita.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan pengertian simple present tense dibawah ini.

Pengertian Simple Present Tense
Video dibawah ini mungkin juga sanggup memperjelas pemahaman anda.



Simple present tense yaitu suatu bentuk kata kerja yang dipakai untuk mengungkapkan tragedi yang terjadi dikala ini yang sanggup berupa habitual action (kebiasaan dikala ini), general truth (kebenaran umum (termasuk fakta dan informasi)), time table and plan (jadwal atau rencana), serta yang terakhir dipakai untuk mengungkapkan  description or definition (penjelasan atau definisi).

Kebiasaan dikala ini (habitual action)
Mungkin yang menjadi pertanyaan yaitu apa yang dimaksud dengan kebiasaan? Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan kebiasaan yaitu hal yang dilakukan secara berulang, misalkan membaca buku setiap pagi, berangkat sekolah selalu sempurna waktu, mandi setiap hari, dll. Dari sedikit pola tersebut sanggup kita perhatikan ya, bahwa apa yang dilakukan selalu berulang, tidak hanya dilakukan satu kali, dua kali namun berulang-ulang. Itulah yang dimaksud dengan kebiasaan. Kemudian apa yang dimaksud dengan kebiasaan dikala ini tentu saja suatu acara atau kegiatan yang dikala ini dilakukan secara berulang-ulang.

Ada sebuah time signals yang memperlihatkan bahwa suatu kegiatan atau acara tertentu dilakukan berulang-ulang, yaitu
Time signalArti
AlwaysSelalu
Every daySetiap hari
Every yearSetiap tahun
Every monthSetiap bulan
Every weekSetiap minggu
UsuallyBiasanya
NeverTidak pernah
OftenSering
SeldomJarang
SometimesKadang-kadang
Once a weekSeminggu sekali
Twice a weekSeminggu dua kali
Etc..

Kebenaran umum (general truth)
Apa yang dimaksud dengan kebenaran umum yaitu suatu hal yang telah diketahui oleh khalayak banyak dan tak sanggup terbantahkan lagi, termasuk juga fakta dan informasi. Misalkan menyerupai matahari terbit dari timur, api itu panas, dll, kemudian fakta dan informasi menyerupai saya orang jawa, merokok berbahaya untuk kesehatan, dll.
Advertisement




Jadwal atau rencana
Untuk mengungkapkan suatu tragedi atau kegiatan yang sudah terjadwal atau terencana, misalkan menyerupai pertandingan sepakbola antara Real Madrid VS Barcelona akan dimulai jam 7, rumah makan buka jam 7 dan tutup jam 10, dll.

Penjelasan atau definisi
Untuk mengungkapkan suatu klarifikasi atau definisi terhadap suatu hal, contohnya menyerupai wartawan yaitu seseorang yang mencari berita, dosen mengajar dikampus dan memperlihatkan tugas-tugas kepada para mahasiswa, dll.

Selain hal-hal diatas, simple present tense juga sanggup dipakai untuk mengungkapkan suatu pernyataan, perasaan, pemikiran, perintah atau intruksi, dan lain-lain. Misalnya menyerupai ia sangat cantik, saya suka dia, saya sibuk, saya oke dengan itu, kau pergilah ke sana, dll.

 Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Rumus Simple Present Tense
Simple present tense ini sanggup dipakai pada banyak situasi menyerupai yang telah dijelaskan diatas, namun demikian hanya ada dua rumus dasar yang sanggup digunakan, dan tentu rumus ini sanggup diaplikasikan pada semua situasi tersebut. Dibawah ini yaitu rumusnya :

Rumus Simple Present Tense :
S + is/am/are + non verb
S + verb1 (s/es){additional infinitive}

S yaitu subjek, subjek sendiri sanggup berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase. Sedangkan verb1 yaitu kata kerja, dalam hal ini kata kerja sanggup diberi suplemen akhiran s/es atau tidak tergantung dengan subjeknya, begitu pula dengan penggunaan is/am/are juga tergantung dengan subjeknya, untuk menjelaskan hal ini, coba kalian perhatikan tabel dibawah ini.
Subjek Is/am/are Akhiran s/es
I AmNo
YouAreNo
SheIsYes
HeIsYes
ItIsYes
WeAreNo
TheyAreNo
GirlIsYes
GirlsAreNo
Beautiful girlIsYes
Beautiful girlsAreNo
BoyIsYes
BoysAreno
Shinta (nama seseorang)IsYes
Budi (nama seseorang)IsYes
Etc…

Contoh Kalimat Simple Present Tense
Berikut yaitu pola kalimat simple present tense menurut pada penggunaanya menyerupai yang telah dijelaskan diatas.
Fungsi Contoh kalimat simple present tense
Kebiasaan dikala ini (habitual action)Budi usually comes on time. (Budi biasanya tiba sempurna waktu.)

I read some English books everyday. (Saya membaca beberapa buku bahasa inggris setiap hari.)

They learn mathematics once a week. (Mereka berguru matematika seminggu sekali.)
Kebenaran umum, fakta, dan informasiThe sun rises from the east. (Matahari terbit dari timur.)

My mother is a woman. (Ibuku yaitu seorang wanita.)

I am Javanese. (Saya orang jawa.)

Smoking damages lungs. (Merokok merusak paru-paru.)
Jadwal atau rencanaThe supermarket opens at 08:00 and closes at 10:00. (Supermarket buka pukul 8 dan tutup pukul 10.)

The airplane arrives at 09:00 p.m. (Pesawat tiba pukul 9 malam.)

Jawa pameran starts tomorrow. (Festival jawa dimulai besok.)
Penjelasan atau definisiThe lecturer is a person who explains a knowledge and science to the students. (Dosen yaitu seorang yang menjelaskan sebuah pengetahuan dan ilmu kepada para mahasiswa.)

A journalist is a person who search for news. (Wartawan yaitu seseorang yang mencari berita.)
Fungsi lainnyaShe is really beautiful. (Dia benar-benar cantik.)

I love you. (Aku cinta kamu.)

We are busy. (kita sibuk.)

Kini saatnya kalian latihan mengerjakan soal simple present tense

Oke, sekian bahan ini yang sanggup saya sampaikan, biar bahan Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense diatas sanggup bermanfaat untuk kalian semuanya.