Friday, December 20, 2019

Pengertian, Rumus, Dan Rujukan Kalimat Adjective Clause

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adjective Clause – Satu lagi bab penting dalam komunikasi bahasa inggris ialah clause. Saya selalu menyampaikan kepada teman, saudara, atau kepada adik tercinta aku bahwa dalam bahasa inggris terdapat materi-materi yang sanggup menghambat komunikasi kalau tidak dipelajari. Maksudnya, jangan berpindah bahan kalau belum menguasainya, jangan mempelajarinya sebelum anda siap mempelajarinya. Prinsip mencar ilmu itu bagi aku santai, tapi juga harus serius dan konsisten, sedikit demi sedikit ialah cara yang paling mudah. Nah, salah satu bahan yang penting juga untuk dipelajari ialah clause, dan dalam postingan kali ini akan diulas mengenai pengertian, rumus, dan referensi kalimat adjective clause.

Adjective clause bekerjsama sangat sederhana, namun sering menciptakan orang kebingungan, ada hal-hal yang perlu anda perhatikan dengan seksama.

Pengertian Adjective Clause
Intinya yang dimaksud dengan adjective clause atau sering disebut relative clause ialah suatu anak kalimat yang difungsikan sebagai adjective. Lebih lanjut, adjective clause ialah dependent clause (susunan kata yang belum sanggup dikatakan sebagai kalimat alasannya ialah maknanya masih mengambang) yang difungsikan sebagai adjective (kata sifat) untuk menjelaskan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Untuk menghubungkan antara adjective dan noun atau pronoun yang dijelaskan, maka diharapkan sebuah relative pronoun (who, whom, whose, that, or which) atau relative adverb (when, where,or why).

Sebagai contoh:
  • The boy who sits in that chair is Budi.
  • The book which I bought is expensive.
Perhatikan kata-kata yang aku garis bawahi diatas, itulah adjective clause.

 Satu lagi bab penting dalam komunikasi bahasa inggris ialah clause Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adjective Clause

Rumus Adjective Clause
Untuk membentuk adjective clause, tidak ada rumus yang niscaya yang sanggup dipakai selalu, alasannya ialah nanti ketika akan memakai relative pronoun atau relative adverb akan berbeda-beda. Yang pasti, bahwa adjective clause selalu mengikuti noun atau pronoun yang sedang dijelaskan. Nah, yang perlu anda perhatikan bekerjsama ialah penggunaan relative pronoun dan relative adverb nya, perhatikan tabel di bawah ini:
Relative Function Example
Who Untuk menggantikan subyek orang (I, you, we, they, she, he, Budi (nama orang). Setelah kata who, selalu diikuti oleh verb (kata kerja)The student who studies in EnglishOnline is smart.
Whom Untuk menggantikan obyek (me, you, us, them, her, him, Budi). Setelah kata whom, selalu diikuti oleh subjek.The student whom I teach is Budi.
Whose Untuk menggantikan kepemilikan (my, your, our, their, her, his, its, Budi’s). sehabis kata whose, selalu diikuti oleh noun (kata benda).The student whose car is red is Agus.
Which Sama ibarat who dan whom, hanya saja which dipakai untuk benda dan atau binatang.Pizza, which most people love is not healthy.
Where Untuk menjelaskan tempat.The building where you stay is large.
When Untuk menjelaskan waktu.The day when you went away is Monday.
Why Untuk menjelaskan alasan.Give me the reason why you study in EngllishOnline.
Advertisement




Lebih Banyak Contoh Kalimat Adjective Clause
Oke, sehabis anda paham dengan pengertian adjective clause dan rumus adjective clause, sekarang saatnya anda mencermati beberapa referensi kalimat adjective clause dibawah ini:
Contoh Kalimat Adjective ClauseArti
The carpets which you bought last year have gone moldy.Karpet yang kau beli tahun kemudian telah jamuran.
I still remember the place where I put my key.Saya masih ingat daerah dimana aku meletakkan kunci saya.
Students who are intelligent get good grades.Para siswa yang cerdas mendapat nilai bagus.
The people whose names are on the list will go to camp.Orang-orang yang namanya ada di daftar akan pergi ke kamp.
Fruit that is grown organically is expensive.Buah yang tumbuhnya secara organik mahal.
Making noise when he eats is the main reason why She doesn't like to eat with her brother.Membuat kebisingan ketika ia makan ialah alasan utama mengapa Dia tidak suka makan dengan kakaknya.
The books, which are lost, are not really necessary.Buku-buku, yang hilang tidak benar-benar diperlukan.
The girl who is running is my best friend.Gadis yang sedang berjalan ialah sahabat terbaik saya.
The book that is on the chair belongs to Jane.Buku yang ada di bangku milik Jane.
The reason why I left is a secret.Alasan kenapa aku pergi ialah rahasia.
I like pizza,which is also the favorite of my sister.Saya suka pizza, yang juga merupakan favorit saudara saya.

Untuk selanjutnya, cobalah untuk menciptakan referensi kalimat adjective clause versi anda, kemudian share kepada aku dan kepada para pembaca lainnya lewat kotak komentar yang tersedia dibawah.

Baca juga: materi adjective phrase.

Tanda Baca “Koma” Pada Adjective Clause
Ada suatu hukum yang mewajibkan suatu adjective clause memakai koma dan tidak memakai koma. Ketika informasi yang terkandung dalam clause berisi informasi yang material atau penting, maka jangan memakai koma. Sebaliknya, kalau informasi dalam clause tidak material atau tidak penting, maka gunakanlah tanda koma untuk memberi jeda.

Sebagai contoh:
  • Pizza which most people love is not healthy.
  • The books, which are lost, are not really necessary.
  • My brother, who claimed to have a limp, sprinted after the bus.
Dalam memilih apakah material atau tidak, penting atau tidak, itu semuanya terserah dengan evaluasi anda masing-masing. Setiap orang mempunyai evaluasi yang berbeda-beda, namun setidaknya anda paham bahwa ada atau tidak tanda baca dalam goresan pena (jeda dalam bicara) akan memberitahu anda apakah informasi tersebut penting atau tidak. Dalam konteks dan kondisi tertentu, mungkin hanya anda dan lawan bicara yang tahu penting dan materialkah informasi yang dibicarakan.

Selanjutnya: Latihan soal adjective clause.
---
Okay, mungkin hanya itu saja ulasan pengertian, rumus, dan referensi kalimat adjective clause yang sanggup aku berikan kepada anda. Semoga ulasan mengenai pengertian, rumus, dan referensi kalimat adjective clause diatas sanggup memperlihatkan anda wawasan, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih banyak.