Wednesday, December 25, 2019

Contoh Explanation Text Full Bahan (Purpose, Generic Structures, Contoh, Dan Artinya)

Contoh Explanation Text Full Materi (Purpose, Generic Structures, Contoh, dan Artinya) – Salam semangat membuatkan manfaat! Kali ini Englishiana akan mengulas wacana explanation text yang merupakan salah satu jenis text yang paling sering muncul dalam banyak sekali soal bahasa Inggris. explanation texts atau text explanation ialah text yang berusaha menggambarkan wacana proses terjadinya sebuah fenomena baik fenomena alam atau fenomena social budaya. Agar lebih gampang memahami text ini, mari kita simak pembahasan berikut ini.

 Kali ini Englishiana akan mengulas wacana explanation text yang merupakan salah satu jen Contoh Explanation Text Full Materi (Purpose, Generic Structures, Contoh, dan Artinya)
Contoh Explanation Text Full Materi (Purpose, Generic Structures, Contoh, dan Artinya) 

The Purpose / Social Function of Explanation Text

The purpose of explanation text is to explain the process involved in the formation of a natural or social phenomena.

The Generic Structures of Explanation Text

The generic structures of this text are divided into three parts as follows:
  1. General Statement (this part consists of a general statement / general introduction of the phenomenon that we are going to explain)
  2. Sequenced Explanation (this part explains about some process involved in the formation of the phenomenon)
  3. Closing (the concluding paragraph is presented in this part of explanation text even though it is not a mandatory)

Language Features of Explanation Text

  1. Using simple present tense
  2. Using passive voice
  3. Focus on natural and socio cultural phenomena

Contoh Explanation Text

Bagi teman englishiana.com yang mencari lebih banyak teladan explanation text, silahkan lihat teladan teks explanation lainnya di sini: 20 Contoh Explanation Text Beserta Generic Structure dan Terjemahannya

How a Solar Eclipse Happens

A total solar eclipse is a rare phenomenon with stunning visual effects. Many people are so eager to see this phenomenon when it happens since it can be considered as an extraordinary phenomenon. But, what causes this extraordinary phenomenon?

Several things need to occur at once and in a straight line to create a total solar eclipse. A total solar eclipse appears as the result of sequenced events. First, The Moon orbits the Earth once a month and eclipse happens when it lines up exactly with the Earth and the Sun. The moon must be exactly in the right size and distance to block the sun. Eclipse does not appear every month because the orbits of the Moon and Earth are sometimes tilted at an angle. Next, the sun, moon, and Earth need to line up in a straight line, with the moon between the sun and Earth. Finally, to see the full eclipse, you need to be standing in the correct spot on Earth because not all of the sun shine is covered by the moon since its size is 400 times bigger than the diameter of the moon even though it’s also 400 times farther away from us than the moon.

Their different sizes and distances from the earth make the sun and the moon appear the same size and when the moon is exactly in front of the sun, it seems covering the entire disc of the sun. Therefore, for some areas which are located exactly under those two things will be dark because the sun light is blocked by the moon. When moon passes in front of the sun at the day time, it begins to cast a partial shadow (called the penumbra) onto Earth. At the height of the eclipse, the sun’s light is entirely blocked, and the moon casts a full shadow called the umbra.

Bagaimana Gerhana Matahari Terjadi

Sebuah gerhana matahari total ialah fenomena langka dengan efek visual yang menakjubkan. Banyak orang begitu bersemangat untuk melihat fenomena ini ketika fenomena ini terjadi, alasannya ialah dianggap sebagai fenomena yang luar biasa. Tapi, apa yang menjadikan fenomena yang luar biasa ini?

Beberapa hal harus terjadi sekaligus dan pada satu garis lurus untuk tercipta gerhana matahari total. Sebuah gerhana matahari total muncul sebagai jawaban dari sebuah rangkaian peristiwa. Pertama, Bulan mengitari bumi sekali sebulan dan gerhana terjadi ketika bulan berada sempurna dalam satu garis bersama bumi dan matahari. Gerhana matahari tidak muncul setiap bulan alasannya ialah orbit bulan dan bumi kadang kala miring pada sudut tertentu. Berikutnya, matahari, bulan, dan bumi harus berbaris dalam garis lurus, dengan bulan berada antara matahari dan bumi. Akhirnya, untuk melihat gerhana penuh, Anda harus bangun di tempat yang benar di Bumi alasannya ialah tidak semua dari sinar matahari tertutupi oleh bulan alasannya ialah ukurannya yang  400 kali lebih besar dari diameter bulan meski jaraknya  400 kali lebih jauh dari kita daripada bulan.

Pebedaan ukuran dan jarak dari bumi menciptakan matahari dan bulan muncul dengan ukuran yang sama dan dikala bulan sempurna di depan matahari, ia Nampak menutupi seluruh piringan matahari. Oleh alasannya ialah itu, untuk beberapa kawasan yang terletak persis di bawah kedua benda tersebut akan menjadi gelap alasannya ialah cahaya matahari terhalang oleh bulan. Ketika bulan lewat di depan matahari di siang hari, ia mulai memancarkan bayangan parsial (disebut penumbra) ke bumi. Pada puncak gerhana, cahaya matahari sepenuhnya diblokir, dan bulan memancarkan bayangan penuh disebut umbra.

Bagi teman Englishiana yang masih belum puas dengan teladan di atas, jangan khawatir kami masih punya 20 teladan teks explanation lainnya di sini: 20 Contoh Explanation Text Beserta Generic Structure dan Terjemahannya

Nah biar pembahasan wacana explanation text pada postingan kali ini bermanfaat dan banyak membantu teman Englishiana semua ketika akan menciptakan teladan text explanation. Jika ada yang masih ingin ditanyakan wacana explanation text atau teman ingin mendapat pembahasan wacana materi-materi yang lain, silahkan berkomentar di dalam kolom komentar. Untuk melihat lebih banyak teladan teks dalam bahasa Inggris, silahkan klik di sini