Wednesday, December 11, 2019

Fungsi, Arti, Dan Penggunaan Have Has Had Beserta Contohnya

Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya – Sahabat Englishiana, dalam pembahasan Bahasa Inggris kita kali ini, kita akan mempelajari bagaimana menggunakan kata “Have / Has dan Had” dalam kalimat. Dalam bahasa Inggris, ke tiga kata tersebut sangat sering kita temui, baik dalam tek verbal atau tulisan. Karena ke tiga kata tersebut mempunyai arti yang berbeda-beda berdasarkan konteksnya, maka pada pembahasan ini aku ingin mengembangkan ihwal bagaimana menggunakan “Have / Has dan Had” pada banyak sekali konteks kebahasaan dalam bahasa Inggris. Secara umum Have / Has digunakan dalam present tenses sementara Had digunakan dalam past tenses dan perfect tenses. Have dan Has dibedakan penggunaannya berdasarkan subjectnya, jikalau subjectnya She/He/It/ Kata benda tunggal maka Has yang dipakai. Selanjutnya, jikalau I/You/They/We/ Kata benda jamak maka Have yang dipakai. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan di bawah ini.

Penggunaan Kata “Have / Has” dalam Bahasa Inggris

1. Have / Has dikenal sebagai kata kerja 1 (Verb 1) yang sering digunakan dalam Simple Present Tense dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Have / Has mempunyai beberapa arti sebagai berikut:
  1. Have/Has berarti “Posses” / Memiliki. Semisal: “I have three pens.”
  2. Have/Has dalam Causative, yang berarti “Ask” / Menyuruh. Semisal: “I have Rani send the letter.”
  3. Have/Has juga dapat berarti bahwa seseorang melaksanakan suatu hal. Dalam hai ini biasanya have menggantikan fungsi kata kerja lain menyerupai eat, do, dll. Semisal: “I usually have breakfast at 7 am.

2. Have / Has dikenal juga sebagai kata bantu (Auxiliary) yang biasanya berarti “sudah/telah” jikalau beliau diikuti kata kerja ke 3 (Verb 3) / been. Fungsi ini biasanya digunakan dalam present perfect dan present perfect continuous. Semisal:
  1. “I have come to her party.” (Saya telah tiba ke pestanya).
  2. “She has been studying English for 4 hours so far.” (Dia telah sedang berguru bahasa Inggris selama 4 jam sejauh ini).

 dalam pembahasan Bahasa Inggris kita kali ini Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya
Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya

Penggunaan Kata “Had” dalam Bahasa Inggris

1. Had dikenal sebagai kata kerja 2 (Verb 2) yang sering digunakan dalam Simple Past Tense dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Had mempunyai beberapa arti yang sama menyerupai Have/Has dalam Simple Present Tense menyerupai yang sudah dibahas sebelumnya.
  1. Had berarti “Posses” / Memiliki. Semisal: “I had a vintage car last year.”
  2. Had dalam Causative, yang berarti “Ask” / Menyuruh. Semisal: “I had Roni send the letter last week.”
  3. Had juga dapat berarti bahwa seseorang melaksanakan suatu hal. Dalam hai ini biasanya have menggantikan fungsi kata kerja lain menyerupai eat, do, dll. Semisal: “I had breakfast late yesterday.
2. Had dikenal juga sebagai kata bantu (Auxiliary) yang biasanya berarti “sudah/telah” jikalau beliau diikuti kata kerja ke 3 (Verb 3) / been. Fungsi ini biasanya digunakan dalam PastPerfect dan Past Perfect Continuous. Semisal:
  1. “I had come to her party before she appeared.” (Saya telah tiba ke pestanya sebelum beliau nampak).
  2. “She had been studying English for 4 hours before we finally came.” (Dia telah sedang berguru bahasa Inggris selama 4 jam sebelum jadinya kami datang).
3. Had dikenal juga sebagai kata kerja 3 (Verb 3) atau sering juga disebut sebagai Past/Passive Participle yang sering digunakan dalam Participle, dan Passive Voice dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Had mempunyai beberapa arti yang sama menyerupai Have dalam Simple Present Tense dan Had dalam Simple Past Tense seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Maka tidak mengherankan jikalau dalam suatu kalimat ada dua buah Had yang muncul bersamaan. Semisal: “Ani had had breakfast before she left for Bandung yesterday.” (Ani sudah sarapan pagi sebelum beliau berangkat ke Bandung kemarin).

Nah, bagaimana teman Englishiana sesudah mempelajari bahan di atas dengan teliti? Sebenarnya sangat gampang membedakan Have/Has dan Had dalam bahasa Inggris sebab mereka mempunyai kiprah masing masing-masing. Has berperan sama dengan Have, namun mereka dibedakan berdasarkan subjek kalimatnya di mana, he/she/it/kata benda tunggal menggunakan Has sedang i/you/they/we/kata benda jamak menggunakan Have. Have/Has digunakan dalam Present Tenses dan juga digunakan sebagai Auxiliary jikalau beliau diikuti kata kerja ke 3. Sementara Had digunakan dalam Present Tenses, Auxiliary Verb dalam Perfect Tenses, dan Verb 3/ Past Participle. Semoga bermanfaat.