Friday, December 20, 2019

Pengertian, Rumus, Fungsi, Dan Rujukan Kalimat Noun Clause

Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Noun Clause – Bentuk komunikasi dalam bahasa inggris memang sangat beraneka ragam, banyak hal-hal yang perlu anda pelajari untuk menguasai bahasa internasional yang satu ini. Dalam bahasa inggris, ada istilah yang dinamakan clause, nah clause inilah salah satu bentuk komunikasi English yang perlu juga anda pelajari. Clause ada aneka macam macam, salah satunya ialah noun clause yang akan kita pelajari kali ini. Noun clause tolong-menolong tidak terlalu rumit, namun ternyata bahan ini cukup menciptakan banyak orang mengalami kebingungan untuk memahaminya, untuk itu dalam postingan bahan kali ini aku akan mencoba menjelaskannya dengan cara yang semudah-mudahnya semoga anda sanggup paham.

Ulasan yang akan aku berikan mencakup pengertian, rumus, fungsi, dan pola kalimat noun clause, berikut ulasannya.

Pengertian Noun Clause
Pada dasarnya yang dimaksud dengan noun clause ialah suatu anak kalimat yang difungsikan sebagai noun (kata benda). Lebih lanjut, noun clause ialah dependent clause (susunan kata yang belum sanggup dikatakan sebagai kalimat alasannya maknanya masih mengambang) yang difungsikan sebagai noun, dan juga noun clause ini sanggup difungsikan sebagai subjek maupun objek. Salah satu penggunaan noun clause ialah memakai question word (what, who, whom, where, etc..), dan pada umumnya akan merujuk pada noun alasannya clause tersebut menyerupai halnya menggantikan noun (jawabannya akan merujuk pada noun).

Baca juga: Materi noun (kata benda).

Sebagai contoh, clause “What you want cannot be realized.” (Apa yang kau inginkan tidak bisa diwujudkan.). Pada pola tersebut yang dicetak tebal merupakan noun clause, dan jikalau clause tersebut dicermati akan merujuk pada noun alasannya pada umumnya noun clause yang memakai question word akan menyerupai itu, walaupun terkadang tidak secara eksklusif merujuk pada noun.

 Bentuk komunikasi dalam bahasa inggris memang sangat beraneka ragam Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Noun Clause

Rumus Noun Clause
Noun clause sanggup disusun dengan dua hal, yaitu disusun dengan sebuah statement dan question. Seperti yang sudah aku singgung diatas, jikalau sebuah noun clause disusun menurut question, maka akan diawali dengan memakai question word dan juga kata if serta whether. Sedangkan untuk noun clause yang disusun memakai statement, maka akan diawali dengan kata that.
Noun ClauseKeterangan Contoh
Noun clause menurut statementNoun clause ini akan selalu diawali oleh kata thatNo body knows that Agus will go abroad. (Tidak ada yang tahu bahwa Agus akan pergi ke luar negeri.)
Noun clause menurut question: Yes/NoNoun clause menurut question dengan tanggapan yes atau no akan diawali dengan kata if dan whether.No body knows if she is in the class. (Tidak ada yang tahu jikalau ia ada di kelas.)
The question is whether she will join us. (Pertanyaannya ialah apakah ia akan bergabung dengan kami.)
Noun clause menurut question: Information question.Dalam hal ini akan dipakai question word (what, where, who, whom, which, etc) dan juga sanggup pula question word tersebut diikuti oleh kata “ever”, menyerupai whatever, whichever, whoever, dan seterusnya.I don’t know who you are. (Saya tidak tahu siapa anda)
I don’t know whoever came to the party. (Aku tidak tahu siapa saja yang tiba ke pesta.)
Advertisement




Fungsi Noun Clause
Pada dasarnya noun clause mempunyai tiga fungsi, yaitu fungsi sebagai subjek, sebagai objek, dan juga sebagai complement (pelengkap).

Sebagai subjek:
  • That Budi will go abroad has been known.
  • What she said surprised me.
Yang aku cetak tebal merupakan noun clause, dan bisa dilihat bahwa noun clause tersebut berfungsi sebagai subjek.

Sebagai objek:
  • No body knows that Agus will go abroad.
  • I don’t know whether she needs help.
Yang aku tebal pada pola diatas juga merupakan noun clause, bisa dilihat bahwa noun clause juga bisa difungsikan sebagai objek.

Sebagai pelengkap:
  • The decision is that everyone may go home earlier.
  • The problem is why you have never told anyone of us.
Bisa dilihat, bahkan noun clause ini juga bisa difungsikan sebagai complement (pelengkap). Noun clause sanggup difungsikan sebagai complement, baik subject complement maupun adjective complement.

Lebih Banyak Lagi Contoh Kalimat Noun Clause
Oke, sehabis anda paham dengan apa yang dimaksud noun clause dan mengerti bagaimana menyusunnya, ada baiknya kini anda mencermati beberapa pola kalimat noun clause yang akan aku berikan dibawah ini, berikut contohnya.
Contoh Kalimat Noun ClauseArti
On weekends, we can do whatever we want.Pada selesai pekan, kita bisa melaksanakan apapun yang kita inginkan.
The focus of our work is how we can satisfy customers.Fokus kerja kami ialah bagaimana kita sanggup memuaskan para pelanggan.
Choose a gift for whomever you want.Memilih hadiah untuk siapapun yang Anda inginkan.
Whichever restaurant you pick is fine with me.Yang mana saja restoran Anda menentukan tak duduk kasus bagi saya.
Be sure to send whoever interviewed you a thank-you note.Pastikan untuk mengirimi siapa pun yang mewawancarai Anda dengan sebuah ucapan terima kasih.
Do you know what the weather will be?Apakah Anda tahu cuaca akan menyerupai apa?
My greatest asset is that I am a hard worker.Aset terbesar aku ialah bahwa aku seorang pekerja keras.
It’s important to think about why we make certain decisions.Sangat penting untuk berpikir wacana mengapa kita menciptakan keputusan tertentu.
I wonder how long we should wait here.Aku ingin tahu berapa usang kita harus menunggu di sini.
This is what I want. Ini yang aku mau.
Please listen to what your parents are saying. Tolong dengarkan apa yang sedang orang tuamu katakan.

Selanjutnya: Noun Phrase.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan wacana pengertian, rumus, fungsi, dan pola kalimat noun clause yang sanggup aku berikan kepada anda. Semoga ulasan pengertian, rumus, fungsi, dan pola kalimat noun clause diatas sanggup menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman anda semuanya.